Kamis, 31 Maret 2011

Buah Jambu Biji Merah Penambah Trombosit

buah jambu biji merahBuah Jambu Biji merupakan buah yang paling banyak diolah secara alami, selain mudah juga kandungan gizinya yang sangat kaya, terutama kandungan Vitamin C-nya yang tinggi. Selain itu, buah Jambu Biji Merah juga dipercaya menambah kadar trombosit dalam darah. Tidak heran ketika musim penyakit Demam Berdarah tiba, buah Jambu Biji Merah menjadi favorit makanan masyarakat.

Buah Jambu Biji Merah, warna kulitnya hijau muda dan dalamnya putih, namun makin tua warna buah bagian dalam makin merah dan warna kulit luarnya hijau kekuningan. Saat masih muda, rasa buahnya asam, namun jika matang akan berasa manis dan mengandung air. Oleh karena itu, pilihlah buah Jambu Biji Merah yang sudah matang, yang ditandai dengan warna kulitnya yang dominan kuning.

Jus Jambu Biji Merah:
- Ambil 2 buah Jambu Biji Merah masak, potong kecil-kecil. Sebelumnya cuci dengan air bersih yang mengalir.
- Masukkan Jambu Biji Merah dalam blender jus, sebaiknya tidak perlu menambah gula karena Jambu Biji Merah sudah mengandung rasa manis alami.
- Tambahkan susu kental manis bila dirasa perlu.
- Tambahkan pula sedikit air untuk melancarkan blender buah.
- Jus Belimbing Manis bisa dikombinasikan dengan buah lain, paling enak dicampur dengan buah Tomat untuk mendapatkan rasa asam.Jika mau, cuci 1 buah Tomat, potong menjadi 4 bagian, masukkan dalam blender yang sudah disiapkan.
- Blender Jambu Biji Merah beserta bahan lain selama 15 detik, jangan terlalu lama supaya jus yang dihasilkan tidak kuyu dan lembek.
- Jus Jambu Biji Merah siap disajikan, tambahkan sedikit es bila perlu.

Parut Jambu Biji Merah:
- Ambil 4 buah Jambu Biji Merah masak, potong agak besar. Sebelumnya cuci dengan air bersih yang mengalir.
- Parut Jambu Biji Merah dengan alat yang sudah disediakan. Sebaiknya proses memarut dilakukan di atas kain kasa supaya ampas langsung tertampung di dalamnya.
- Parutan Jambu dalam kain kasa kita peras, airnya ditampung di gelas yang sudah disiapkan. Peras beberapa kali sampai kandungan air dalam parutan Jambu habis. Air perasan Jambu siap disajikan, tambahkan sedikit es dan susu bila perlu.

Pustaka
9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit Oleh Agus Suwarto
 
 

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!