Senin, 07 Maret 2011

Tips Menghadapi Pre-menstrual Syndrome (PMS)

Jangan Sampai  PMS Mengganggu Aktifitas Anda
 
Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik dan mental yang dialami 7-10 hari sebelum menstruasi. Tapi menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Keluhan yang dialami bisa bervariasi dari bulan ke bulan. Bisa jadi lebih ringan dan bisa juga lebih berat. Bisa juga menjadi gangguan mental seperti mudah tersinggung atau sensitif dan juga gangguan fisik. Gangguan fisik disini maksudnya adalah jerawat, nyeri pada punggung, kepala, perut bagian bawah, nyeri pada payudara, gangguan saluran cerna dan perubahan nafsu makan (sering cepat lapar). Sedangkan gejala mental disini maksudnya adalah mood menjadi labil (mood swing), depresi, gangguan konsentrasi dan insomnia. 

Agar aktivitas Anda tetap berjalan terus walaupun dalam kondisi PMS, Kami akan memberikan tips-tips yang bisa meminimalisir kondisi yang eperti ini :

  1. Hindari kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh, serta hindari alcohol yang berlebihan karena dapat memperberat gejala yang ada.
  2. Hindari menggaruk-garuk kulit Anda terlalu keras dan berulang-ulang saat Anda sedang menstruasi. Karena pada saat ini, terjadi perubahan-perubahan hormone kewanitaan yang membuat kulit menjadi lebih sensitive dan mudah terluka saat digaruk.
  3. Pola nutrisi yang  sehat (rendah lemak & garam, tinggi protein, vitamin dan mineral). Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
  4. Terapi farmakologi, dengan menggunakan obat-obatan untuk mengatasi rasa nyeri. Tapi jika memang rasa nyeri udah sangat luar biasa. Tetapi selama kamu bisa menahan rasa nyeri, lebih baik jangan minum obat penghilang rasa nyeri. Hadapin saja.
  5. Hindari makanan dengan kadar garam tinggi dan makanan manis
  6. Melakukan olahraga rutin.
  7. Tidur cukup 8jam / hari
  8. Hindari rokok
  9. Lakukan meditasi dan aromaterapi, akan menolong mengurangi PMS.
  10. Jika rasa nyeri di perut Anda terasa sangat luar biasa sakitnya, sebaiknya segera cek up ke dokter kandungan. Biasanya rasa sakit tersebut bisa disebabkan karena penyakit berbahaya seperti, kista di indung telur atau penyakit endometriosis (tumbuhnya selaput lender rahim di luar / tidak pada tempatnya).
Setelah membaca tips-tips diatas, mudah-mudahan Anda bisa kembali beraktivitas lagi selama masa menstruasi.  

Selamat Beraktifitas..!


Sumber :  http://www.whatzups.com


 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!