1. Anak Sebagai Manusia Seutuhnya
Anak :
1. Merupakan individu yang berada dalam suatu rentang perubahan perkembangan (bayi à remaja)
2. Merupakan anggota unik keluarga dalam suatu kultur dan masyarakat
3. Merupakan anak dalam proses perkembangan 0-18 tahun:
· Ciri fisik atau kognitif
· Konsep diri
· Pola koping
· Perilaku social
4. Diyakini bahwa anak bukan merupakan miniature orang dewasa, harta dan kekayaan orang tua yang dinilainya dihitung secara ekonomi tetapi anak adalah makhluk yang unik dan utuh, biopsiko-sosial cultural spiritual
5. Anak merupakan masa depan bangsa dan Negara (dunia) yang berhak atas pelayanan kesehatan untuk memenuhi bkebutuhan spesifik pada tiap tahap usia
Keluarga :
1. Merupakan system terbuka à anggota keluarga bisa dirawat secara efektif bila mengikutsertakan anggota keluarga lainnnya yang berpengaruh dan terpengaruh oleh anggota keluarga memerlukan pelayanan keperawatan
2. Semua diperhatikan
3. Unit
4. Orang tua bertanggungjawab terhadap kesehatan anak
5. Tergantung tipe keluarga
· Keluarga merupakan unsur penting dalam perawatan anak, mengingat anak bagian dari keluarga.
· Kehidupan anak dapat ditentukan oleh lingkungan keluarga, Untuk itu keperawatan anak harus mengenal keluarga sebagai tempat tinggal atau sebagai konstanta tetap dalam kehidupan anak (Wong, perry, 2002)
· Perawat yang bertindak sebagai pemberi pelayanan keperawatan hendaknya berfokus pada keluarga, dgn memperhatikan kemampuan dalam menentukan kekuatan dan kelemahan untuk dijadikan acuan dalam pemberian pelayanan keperawatan.
· Untuk itu dalam pemberian askep diperlukan keterlibatan keluarga. Hal ini sangat penting , mengingat anak selalu membutuhkan orang tua selama di RS. Perawat dgn menfasilitasi keluarga dapat membantu proses penyembuhan pada anak yang sakit selama di RS.
3. Prinsip Perawatan Anak
1. Keperawatan kesehatan anak meliputi hubungan antara perawat dengan anak dan perawat dengan keluarga
2. Perawat tidak semata-mata merawat anak selama sakit, tetapi bertanggungjawab secara keseluruhan yang memunhkinhkan pemenuhan kebutuhan anak dan keluarga
3. Lingkungan di sekitar anak memegang peranan penting à perawat perlu memahami bagaiman anak berinteraksi dengan lingkungannya
4. Perawat dipandang sebagai orang yang dapat bekerja secara efektif dengan bayi dan anak serta dapat menciptakan suatu kondisi bagi anak lain agar berfungsi lebih efektif dalam merawat anaknya
5. Berpikir kritis
6. Menggunakan data ilmiah
7. Untuk memilih intervensi yang serasi perawat mengikutsrtakan anak dan keluarga
8. Perawat harus mempunyai keterampilan professional untuk dapat memberikan askep yang berkualitas
9. Anak bukan miniatur ordes tetapi sebagai individu yang unik.
10. Anak adalah sebagai individu yang unik dan mempunyai kebutuhan sesuai dengan tahap perkembangan.
11. Pelayanan keperawatan anak berorientasi pada upaya pencegahan penyakit dan peningkatan derajat kesehatan bukan hanya mengobati anak yang sakit.
12. Keperawatan anak merupakan disiplin ilmu kesehatan yang berfokus pada kesejahteraan anak sehingga perawat bertanggung jawab secara komprehensif dalam memberikan askep anak.
13. Praktik keperawatan anak mencakup kontrak dengan anak dan keluarga untuk mencegah, mengkaji, mengintervensi, dan meningkatkan kesejahteraan hidup, dengan menggunakan proses keperawatan yang sesuai dengan aspek moral dan hukum.
14. Tujuan keperawatan anak dan remaja adalah untuk meningkatkan maturasi atau kematangan yang sehat bagi anak dan remaja sebagai mahluk biopsikososial dan spiritual dalam konteks keluarga dan masyarakat.
15. Pada masa yang akan datang kecenderungan keperawatan anak berfokus pada ilmu tumbuh kembang, Sebab ilmu tumbuh kembang ini akan mempelajari aspek kehidupan anak.
4. Fungsi Perawatan Anak
a. Family advokasi atau pembelaan
· Bersama keluarga perawat mengidentifikasi kebutuhan anak, tujuan dan merencanakan intervensi keperawatan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan anak dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak
· Perawat bertanggungjawab untuk memastikan bahwa keluarga mengetahui semua pelayanan kesehatan tersedia, menjelaskan prosedur dan pengobatan, mengikutsertakan dalam perawatan anak dan menganjurkan perubahan atau mengsopport praktet pelayanan kesehatan
· Perawat menggunakan pengetahuannya untuk membantu anak dalam mencapai keadaan fisik dan emosional yang optimal
· Perawat dapat terlibat dalam pendidikan, perubahan politik atau legislative, rehabilitasi, skraning, administrasi
b. Prepention atau fasilitator
· Perawat yang terlibat dalam perawatan oleh karena harus dapat menjalankan praktek dalam berbagai dimensi pencegahan
· Merencanakan perawatan dalam berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan (nutrisi, eliminasi, keamanan, perawatan gigi, sosialisasi, disiplin sekolah)
· Pendekatan yang paling baik adalah pendidikan dan antisipatoring guidence
· Membimbing orang tua untuk mencegah kemungkinan adanya masalah
c. Health teaching
· Tidak dapat dipisahkan dengan family advokasi dan prepention dan dapat dilakukan di tiap tatanan pelayanan kesehatan
· Menyarankan orang tua untuk memberikan kesempatan pada anak merawat dirinya sendiri dan meningkatkan rasa harga diri dan kerja sama anak
· Perawat sebagai role model bagi orang tua dan anakà bagaiman merawat anak dan pengaruh kebiasaan hidup sehari-hari terhadap kesehatan anak
d. Support atau konseling
· Support dapat dengan cara bermacam-macam, misalnya: dengan mendengarkan, sentuhan, kehadiran fisik, hal ini dapat menolong anak untuk mengadakan nonverbal
· Konseling bertukar pendapat untuk mengatasi masalah menjadi landasan konseling
e. Terapeutik role
· Bertugas untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental anak, termasuk makan, mandi, minum, BAK, BAB, pakaian, keamanan social
· Bertanggungjawab terhadap pengobatan yang telah dirumuskan dokter dan terhadap tindakannya dan keputusannya
· Aspek yang penting adalah pengkajian terus-menerus dan mengevaluasi status fisik
· Pengawasan terhadap kebutuhan klien dan perkembangan secara individu yang dapat mempengaruhi proses penyakit
f. Koordinasi atau kolaborasi
· Perawat sebagai anggota tim kesehatan bekerja sama dan mengkoordinasi pelayanan keperawatan dengan kegiatan yang dilakukan tenaga kesehatan lainnya
· Pendekatan interdisiplin memungkingkan asuhan holistic dengan saling melengkapi
· Perawat bekerja sam dengan anak dan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan
· Perawat mempunyai posisi penting untuk mengikutsertakan klien secara langsung ataupun tidak langsung untuk mengkomunikasikan pendapatnta ke tim kesehatan lainnya
g. Health care planning
· Perawat tidak hanya berfokus pada keluarga inti saja, teta[pi juga berperan dalam masyarakat yang lebih luas
· Harus tahu kebutuhan masyarakat secara aktif terlibat dalam memelihara kesejahteraan
Perawat meningkatkan kualitas pelayanan dan menjalankan asuhan sesuai dengan kode etik dan standar praktek
Daftar Pustaka
Samidah, Ida SKp, dkk. Perawatan Anak Buku 1
Amparita, 02 Desember 2010
19.46 WITA
0 Komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!