Minggu, 13 Februari 2011

Mammography

 Pemeriksaan Payudara
 
Statistik Kesehatan dan Penyebab kematian di Indonesia ternyata Kanker payudara merupakan pembunuh nomor dua bagi kaum wanita di Indonesia setelah kanker rahim. Umumnya kaum wanita usia produktiflah yang banyak terkena.

Ini menjadi masalah tersendiri ,karena terkena pada usia produktif , perkembangannya di Indonesia cukup mengkhawatirkan karena bila diteliti lebih dalam ,banyak menyerang pada wanita yang aktif bekerja.
Memang masih banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa kanker dapat ditangani dan dirawat hingga sembuh. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran untuk memeriksakan diri dan mencari bantuan medis sejak dini.

1. Definisi
Mammography adalah suatu pemeriksaan diagnostik radiologi untuk mendeteksi kelalian pada payudara
Pemeriksaan Mammografi merupakan alat pemeriksaan dengan sinar Rontgen pada payudara dengan perangkat pendeteksi yang dapat berbasis x-ray. Pemeriksaan ini kadang bersamaan dengan pemeriksaan berbasis ultra sound, atau yang tercanggih dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

 Mammography

2. Persiapan 
Berbagai hasil Penelitian mengenai Kanker payudara menganjurkan, wanita berusia antara 20-40 tahun perlu memeriksakan dirinya dengan alat mammografi setidaknya satu kali dalam hidupnya. Jika usianya 40-50 tahun, sebaiknya memeriksakan diri dua tahun sekali. Jika diatas usia itu, memeriksanya sebaiknya setiap tahun.

Siapa yg harus periksa Mammography ?
  • Wanita berusia diatas 40 tahun
  • Wanita yg merasakan adanya kelaian pada payudara saat melakukan pemeriksaan sendiri
Kapan melakukan pemeriksaan ?
Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan ini adalah 1 minggu setelah haid pertama menstruasi, karena payudara dalam keadaan lebih lunak dan kurang ketegangannya, jangan melakukan pemeriksaan ini pada masa kehamilan

3. Hasil Pemeriksaan 
 

  • Sebaiknya semua hasil pemeriksaan dikonsultasikan kepada dokter keluarga atau dokter perusahaan
  • Bila atas permintaan dokter tertentu, maka hasil pemeriksaan dikembalikan kepada dokter yang meminta agara mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
  • Bila perlu , dikonsultasikan kepada dokter bedah tumor.

      
 Sumber Referensi :
- http://www.primamedika.com/radiology.htm 
- http://formulasehat.com/ruangtunggu/pemeriksaan-dini-payudara

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!