Sabtu, 01 Oktober 2011

Pasien Monitor

 Monitor

1. Definisi
Pasien monitor adalah suatu alat yang difungsikan untuk memonitor kondisi fisiologis pasien. Dimana proses monitoring tersebut dilakukan secara real-time, sehingga dapat diketahui kondisi fisiologis pasien pada saat itu juga.

Didalam istilah pasien monitor kita mengetahui beberapa parameter yang diperiksa, parameter itu antara lain adalah :

1.ECG adalah pemeriksaan aktivitas kelistrikan jantung, dalam pemeriksaan ECG ini juga  termasuk pemeriksaan “Heart Rate” atau detak jantung pasien dalam satu menit.
2.Respirasi adalah pemeriksaan irama nafas pasien dalam satu menit
3.Saturasi darah / SpO2, adalah kadar oksigen yang ada dalam darah.
4.Tensi / NIBP (Non Invasive Blood Pressure) / Pemeriksaan tekanan darah.
5.Temperature, suhu tubuh pasien yang diperiksa.

2. Parameter Pasien Monitor
Parameter adalah bagian-bagian fisiologis dari pasien yang diperiksa melalui pasien monitor. Jika kita ketahui ada sebuah pasien monitor dengan 5 parameter, maka yang dimaksud dari lima parameter tersebut adalah banyaknya jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan oleh pasien monitor tersebut.

3. Jenis-jenis Pasien Monitor
1.Pasien monitor vital sign, pasien monitor ini bersifat pemeriksaan stándar, yaitu pemeriksaan ECG, Respirasi, Tekanan darah atau NIBP, dan Kadar oksigen dalam darah / saturasi darah / SpO2.

2.Pasien monitor 5 parameter, pasien monitor ini bisa melakukan pemeriksaan seperti ECG, Respirasi, Tekanan darah atau NIBP, kadar oksigen dalam darah / saturasi darah / SpO2, dan Temperatur.

3.Pasien monitor 7 parameter, pasien monitor ini biasanya dipakai diruangan operasi, karena ada satu parameter tambahan yang biasa dipakai pada saat operasi, yaitu “ECG, Respirasi, Tekanan darah atau NIBP (Non Invasive Blood Pressure) , kadar oksigen dalam darah / Saturasi darah / SpO2, temperatur, dan sebagai tambahan adalah IBP (Invasive Blood Pressure) pengukuran tekanan darah melalui pembuluh darah langsung, EtCo2 (End Tidal Co2) yaitu pengukuran kadar karbondioksida dari sistem pernafasan pasien.”

4. Aplikasi di Rumah Sakit
Kebanyakan rumah sakit memakai pasien monitor vital sign dan 5 parameter adalah diruangan ICU, UGD, ruang-ruang perawatan, dan beberapa ruang operasi. Sedangkan untuk pasien monitor yang 7 parameter biasanya pemakaian dilakukan di ruang operasi.

5. Aksesoris Pasien Monitor
Yang termasuk dalam aksesoris pasien monitor adalah tergantung dari parameter pengukuran yang ada. Seperti ECG, NIBP, SpO2, Temperatur.

Berikut contoh gambar dari aksesoris pasien monitor yang ada :

~ ECG :


~ NIBP :

Manset NIBP Dewasa

Manset NIBP Anak

Manset NIBP Bayi

~ SpO2 :

SpO2 Sensor Dewasa

SpO2 Sensor Anak

SpO2 SensorBayi

~ Temperatur

Probe Temperatur Skin

Probe Temperatur Rectal
 
 
 
Sumber : Infoalkes
 
 
 
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!