Rabu, 09 Maret 2011

Teratozoospermia (Sperma Abnormal)

1. Pengertian

Teratozoospermia (terato = monster) adalah bentuk sperma yang tidak normal.

Analisa sperma Teratozoospermia, artinya morfologi (bentuk) sperma banyak yang abnormal. Pada penderitaTeratozoospermia bentuk sperma yang abnormal lebih dari 30 persen.
 
 Teratozoospermia

Sementara sperma masih dianggap normal bila yang abnormal hanya 30 persen. Bentuk sperma yang normal memiliki kepala dan ekor, sedangkan yang abnormal memiliki dua kepala atau dua ekor.

Dikategorikan dalam 3 kelompok yaitu yang ringan sekitar 15% sperma masih normal, 10-15 % sperma masih N : sedang, serta kurang dari 10% Normal dikategorikan : berat. Secara normal, sperma yang baik harus memiliki kepala yang berbentuk oval, dengan penghubung pada bagian tengahnya serta ekor yang panjang.


2. Penyebab
Penyebab Teratozoospermia pada umumnya infeksi pada testis (buah zakar) atau pada saluran reproduksi. Sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter spesialis bedah urologi atau Dokter spesialis andrologi, yang akan memberikan antibiotika untuk jangka panjang bila penyebabnya infeksi.

Salah satu faktor untuk mendapatkan keturunan adalah sperma yang harus sehat. Laki-laki yang sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani yang mana rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris).

Dari jumlah sperma yang hidup tadi, maka 25 persennya harus bisa berenang dengan cepat menuju sel telur. Dan 30 persennya harus berbentuk normal alias sempurna.
3. Pengobatan
Berbagai pengobatan yang dilakukan terbukti tidak ada yang efektif seperti klomifen, HMG dan suntikan HCG, testosteron, vitamin E, vitamin C, anti-oksidan, diet tinggi protein, hoemeopati , dan bahkan pembedahan (varikokel). Tindakan pembedahan ini hanya memperbaiki bentuk sperma sekitar 30 % saja.

4. Upaya Untuk Memiliki Keturunan
Jika ditemukan kondisi ini sebaiknya dilakukan cara yang lebih efektif seperti bayi tabung. Sedangkan tindakan IUI (inseminasi) juga ternyata tidak banyak membantu.

ICSI = Intra cytoplasmic Sperm injection (tindakan menyuntikkan sperma ke dalam sel telur) pada proses bayi tabung, telah memberikan pendekatan yang revolusioner pada laki-laki yang tidak subur, dan menjanjikan kemungkinan bagi setiap orang untuk punya bayi, tidak peduli bagaimana abnormal sperma-nya.

 
 
Sumber Referensi :
-http://jokjasehat.blogspot.com/2010/12/susah-punya-anak-karena-bentuk-sperma.html


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!