Selasa, 05 Juli 2011

Tes Spirometri : Cek Kesehatan Paru


Ingin terhindar dari penyakit kronis yang menyerang paru-paru seperti bronkitis kronis dan emfisema? Ada baiknya, Anda segera melakukan tes spirometri. Tak sulit, kok, menemukan fasilitas ini. Saat ini, banyak rumah sakit yang menyediakan layanan pengetesan pare-paru ini.

Tes spirometri dilakukan untuk menguji seberapa baik Anda bisa bernapas serta dapat membantu dalam mendiagnosa penyakit-penyakit paru. Tes ini pun terbilang cukup sederhana, cepat, dan tidak invasif.
Cara pengetesannya kira-kira seperti ini. Anda hanya memerlukan satu tarikan napas panjang dan menghembuskannya dengan cepat pula melalui sebuah alat yang bernama spirometer. Alat ini akan mengukur jumlah udara yang ada di dalam paru-paru.

Kapasitas oksigen dalam paru-paru orang normal yang berada dalam kondisi sehat berkisar antara tiga liter hingga empat liter. Akan tetapi, besaran kapasitas udara dalam paru-paru dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat badan, serta tinggi badan.

Nah, kalau Anda mulai merasa sulit bernapas dalam beraktivitas sehari-hari, tak ada salahnya mengalami tes ini. Siapa tahu kondisi paru-paru Anda tengah mengalami gangguan sehingga kesulitan  menghirup udara bebas. Selain volume, spirometri juga berguna untuk menilai kecepatan aliran pernapasan, yakni tarik (inhale) dan hembus (exhale).

Melalui alat spirometri, Anda juga bisa mengetahui kemampuan otot paru-paru. Anda yang tidak merokok, jangan terlalu berpuas diri dan merasa kondisi paru-paru Anda dalam tingkatan yang optimal. Jangan lupa, kesehatan paru-paru sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Sebagai contoh, cobalah berjalan dengan langkah yang cepat. Biasanya, orang yang hobi begadang napasnya akan terengah-engah ketika melakukannya. Atau, Anda bekerja di lingkungan udara yang banyak mengandung debu atau zat kimia.

Dari beberapa contoh sederhana ini, Anda sudah dapat melihat betapa rentannya paru-paru Anda terhadap ancaman dari luar. Dengan demikian, tak ada salahnya Anda mulai memperhatikan organ vital yang satu ini.

Namun, sebelum melakukan tes spirometri ini, Anda perlu bersiap diri. Beberapa persiapan yang harus dilakukan adalah: menghindari konsumsi rokok satu jam sebelum tes dan tidak meminum minuman beralkohol setidaknya empat jam sebelum tes. Selain itu, tidak beraktivitas fisik yang berat dalam waktu 30 menit sebelum pengetesan, serta jangan memakan makanan berat dalam waktu dua jam sebelum tes. 



0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!