Rabu, 31 Agustus 2011

Cegah Ngorok Dengan Memakai Stocking Setinggi Paha di Siang Hari


img
Jika Anda sering mendengkur alias ngorok, cobalah menggunakan stocking ketat setinggi paha di siang hari. Peneliti menemukan hal ini dapat mencegah ngorok dan gangguan tidur apnea di malam hari.

Penelitian terbaru yang dilakukan di University of Brescia, Itali, menemukan bahwa dengan menggunakan stocking panjang yang ketat dapat mencegah deep-vein thrombosis (DVT) pada penumpang pesawat untuk mengatur alirah darah yang melalui kaki.

Ini juga dapat membantu orang yang menderita gangguan tidur apnea, yang membuat orang sering mendengkur dan sulit bernapas pada saat tidur. Peneliti menemukan penderita yang menggunakan stocking setinggi paha selama seminggu dapat menghindari sepertiga dari masalah tidur yang ia miliki.

"Kami menemukan bahwa pada pasien dengan insufisiensi vena kronis, tekanan stocking dapat mengurangi akumulasi cairan pada kaki di siang hari, yang pada gilirannya mengurangi jumlah cairan mengalir ke leher di malam hari, sehingga mengurangi jumlah apnoeas lebih dari sepertiga," jelas Dr Stefania Redolfi, pemimpin penelitian, seperti dilansir Dailymail.

Orang-orang yang mengalami obstructive sleep apnoea (OSA) sering bangun di malam hari, yang pada gilirannya menyebabkan masalah di siang hari seperti kantuk berlebih.

Pada OSA, otot-otot di saluran napas melemah selama tidur yang menyebabkan henti napas selama setidaknya sepuluh detik sebelum sinyal otak menyebabkan kontraksi otot yang membuka kembali jalan napas.

Dalam penelitian ini, peneliti mempelajari 12 pasien dengan masalah vena yang menyebabkan darah menggenang di kaki bagian bawah pada siang hari, yang menyebabkan masalah tidur dipicu oleh kelebihan cairan bergerak ke leher pada malam hari.

Pasien kemudian diminta mengenakan stocking dari saat mereka bangun di pagi hari sampai mereka pergi tidur selama seminggu. Pada minggu berikutnya pasien diamati tanpa menggunakan stocking.

Hasilnya menunjukkan penurunan 62 persen pada perubahan volume cairan di kaki selama malam hari dan penurunan 36 persen dalam jumlah apnoeas per jam tidur. Temuan ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine.


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!