Kamis, 11 Agustus 2011

Diet Jepang : Tersehat di Dunia

Selama bertahun-tahun kita sudah sering mendengar tentang manfaat dari cara makan orang Jepang. Tingkat harapan hidup rata-rata di Jepang adalah lebih dari 81, angka tertinggi di dunia!

Mereka juga punya tingkat obesitas terendah diantara negara-negara berkembang menurut International Obesity Task Force.


Jadi, apa rahasianya?

Sebenarnya sih, tidak serumit yang anda kira dan bisa ditiru dengan mudah di rumah anda.


1. Makan Lebih Sedikit
 
Menurut Naomi Moriyama, co-author dari Japanese Women Don’t Get Old or Fat: Secrets of My Mother’s Tokyo Kitchen, orang Jepang itu rata-rata makan kalori 25% lebih sedikit. Itu bukanlah angka yang kecil.

Bagaimana mereka melakukannya?

Pengendalian porsi adalah kuncinya. Dari pada menggabungkan semua makanan di dalam satu piring besar, orang Jepang menyajikan makanan dalam piring-piring kecil yang terpisah dan memakannya sedikit-sedikit. Sebagai hasilnya, mereka makan lebih sedikit, tapi tetap merasa puas.


Karena butuh waktu lebih banyak untuk memakan beberapa sajian, itu akan memberikan waktu bagi otak anda untuk menyadari bahwa anda sebenarnya sudah kenyang.


2. Perbanyak Makan Ikan
 
Tahukah anda bahwa meski penduduk Jepang cuma 2% dari populasi dunia, tapi mereka mengkonsumsi 10% dari ikan yang ada di dunia?

Kita semua tahu bahwa ikan itu adalah sumber yang bagus untuk omega-3 fatty acids, salah satu zat yang membantu mencegah penyakit jantung dan sejenisnya. Sebagai hasilnya, bangsa Jepang lebih jarang makan daging merah yang cenderung banyak mengandung lemak saturated.


3. Kedele
 
Orang Jepang juga umumnya menyertakan produk kedele tambahan. Jika dikonsumsi dalam skala menengah, produk kedele itu menyehatkan dan menjadi makanan pengganti yang rendah lebih, dengan protein yang jauh lebih tinggi.

Kacang kedele juga banyak mengandung flavonoids, yang telah dikenal mampu melawan kanker payudara dan prostate, juga penyakit jantung.


4. Makan sayuran anda
 
Seperti yang ibu anda ajarkan. Orang Jepang sangat menyukai sayuran. Berbagai jenis sayuran biasanya disajikan setiap kali makan. Dengan memperbanyak makan sayuran, bukan cuma meningkatkan jumlah vitamin dan mineral yang anda konsumsi, tapi juga mengenyangkan perut anda sehingga anda tidak lagi ingin makan gorengan.

Entah anda sedang mencoba menurunkan berat badan, memerangi penyakit jantung dan kanker, atau sekedar ingin mencari gaya hidup yang lebih sehat, mungkin diet Jepang bisa cocok dengan anda! 



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!