Kamis, 08 September 2011

Tahukah Anda? 1 Jam Tidur Siang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Tidur siang kadang diidentikkan dengan pemalas. Padahal ada manfaatnya juga lho. Tidur siang singkat selama 1 jam dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres kerja sehingga membuat Anda lebih segar.

Bila pekerjaan dan rutinitas harian membuat Anda stres dan tertekan, ada baiknya istirahat dan tidur sejenak untuk mengontrol tekanan darah dan menjauhkan dari hipertensi dan penyakit jantung.

Studi yang dilakukan peneliti dari Allegheny College di AS, menemukan bahwa 45-60 menit tidur di siang hari bisa membantu menurunkan tekanan darah setelah mengalami stres dan tekanan saat beraktivitas, ketimbang orang yang tidak tidur.

Dengan tidur malam sekarang yang rata-rata dua jam lebih pendek daripada 50 tahun yang lalu, peneliti mengklaim tidur siang menyediakan cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Jam kerja yang lebih panjang dan shift malam membuat orang banyak menghabiskan waktu untuk menonton TV hingga larut malam, yang berdampak pada tidur tidak nyenyak. Akibatnya, jam tidur malam berkurang sampai dua jam dari waktu yang seharusnya.

Padahal, kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit serius yang lebih tinggi, seperti hipertensi dan masalah kardiovaskular (pembuluh darah).

"Temuan kami menunjukkan bahwa tidur siang dapat memberikan manfaat kardiovaskular dengan mempercepat pemulihan kardiovaskular karena stres mental," jelas Ryan Brindle dan Sarah Conklin, PhD, dari Allegheny College, seperti dilansir Telegraph.

Pada studi ini, peneliti mempelajari 85 siswa sehat yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang tidur siang selama 60 menit dan yang tidak tidur siang.

Hasil temuan yang telah dipublikasikan pada Springer's International Journal of Behavioural Medicine ini menunjukkan bahwa siswa yang tidur siang selama antara 45-60 menit memiliki tingkat tekanan darah lebih rendah secara signifikan selama fase pemulihan pasca-kegiatan (tidur siang) dibandingkan siswa yang tidak tidur.

"Percobaan ini membuktikan bahwa tidur siang memberikan manfaat penyembuhan dan protektif," jelas Sarah Conklin, PhD.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi mekanisme yang mengaitkan tidur siang hari dengan kesehatan jantung, serta untuk mengevaluasi tidur siang sebagai praktek penyembuhan dan protektif, terutama untuk orang dengan risiko penyakit kardiovaskular dan orang dengan kualitas tidur optimal.







0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!