Jumat, 02 Desember 2011

Penyebab Getah Mangga Buat Kulit Iritasi/Luka?

Mangga berasal dari India dan Asia Timur. Dikenal digemari banyak orang karena buahnya yang besar, agak berair, rasanya manis bercampur asam. Pada umumnya berbentuk bulat lonjong seperti ginjal. Beratnya bervariasi, dari hanya 3 ons hingga ada yang mencapai 2 kilogram lebih. Meskipun dikenal sebagai buah palingeksotik, mangga ternyata adalah buah yang paling banyak dikonsumsi orang di dunia.

Peranan mangga di bidang kesehatan juga mengagumkan. Namun, mangga juga digunakan sebagai obat ramuan tradisional di India dan sebagian Asia selama berabad-abad. Dunia kesehatan modern memanfaatkan pohon mangga untuk anti-viral, anti-parasitic, anti-septic, anti-tussive (batuk), anti-asthmatic, expectorant, cardiotonic, contraceptive, aphrodisiac, hypotensive, laxative, dan obat pencahar (masalah susah buang air besar). 

Selain enak dan bermanfaat untuk kesehatan, mangga juga terkadang berbahaya. Getah lateksnya dapat menyebabkan dermathitis atau iritasi kulit. Hasil pembakaran daun dan akar mangga juga bisa menghasilkan uap beracun yag berbahaya jika terkena mata atau terhisap masuk ke paru-paru.

Getah mangga memang bisa menimbulkan luka yang terlihat seperti luka bakar, ini dikarenakan kulit kita bereaksi terhadap zat yang dikandung getah mangga tersebut. Kabar baiknya, apabila lukanya tidak parah dan kita tidak bereaksi ekstrim maka dalam beberapa minggu noda tersebut akan hilang.  

Maka hati-hatilah saat An da komsumsi buah mangga. pastikan Anda membersihkan terlebih dahulu sebelum dan sesudah mengupasnya karena getahnya bisa saja membuat kulit anda terkelupas akibat sisa getahnya.


Semoga bermanfaat.


 

1 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!