Sabtu, 24 Maret 2012

Tahukah Anda? Makanan dan Minuman Manis Bikin Wajah Cepat Tua


img
Banyak orang menghalalkan berbagai cara hanya untuk membuat wajahnya kelihatan awet muda. Padahal rahasianya cukup sederhana, yakni sebisa mungkin menghindari makanan dan minuman manis karena gula bikin wajah jadi kelihatan cepat tua.

Setiap terjadi peningkatan kadar gula di dalam darah sebanyak 1 mmol/L karena mengonsumsi yang manis-manis, wajah cenderung akan tampak 5 bulan lebih tua dari usia sebenarnya. Pada orang sehat, kadar gula dalam kondisi normal berkisar antara 5-6 mmol/L.

Belum ada penjelasan yang pasti tentang hubungan gula dengan penampilan, namun diduga berhubungan dengan kolagen. Kolagen atau protein yang menjaga elastisitas kulit akan menjadi lengket dan tidak elastis ketika bereaksi dengan kadar gula yang terlalu tinggi.

Apapun mekanismenya, fenomena ini sudah dibuktikan sendiri dalam sebuah percobaan di Leiden University. Dalam penelitian yang dipimpin oleh Davin Gunn dan dipublikasikan di jurnal The Age ini, para ilmuwan melibatkan 602 relawan dan 60 penilai independen.

Seluruh pasien menjalani pemeriksaan kadar darah, lalu wajahnya difoto dengan 2 pose dan pengaturan pencahayaan yang berbeda. Foto-foto ini lalu diperlihatkan ke 60 penilai yang tidak pernah mengenal para partisipan, untuk ditebak kira-kira berapa usianya.

Hasil analisis menunjukkan, partisipan yang memiliki kadar gula tinggi baik karena gemuk atau memang memiliki penyakit diabetes alias kencing manis cenderung dinilai 1-1,5 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Makin rendah kadar gulanya, makin tepat foto-foto itu menggambarkan usia sebenarnya.

"Temuan ini menambah alasan untuk memulai pola makan yang sehat, sebab gula akan mempengaruhi penampilan secara langsung dan bukan cuma membuat orang mudah kena penyakit," ungkap Dianna van Heemst yang juga terlibat dalam penelitian tersebut seperti dikutip dari Telegraph.


Sumber : Detikhealth.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!