Minggu, 27 Februari 2011

Jenis Luka Berdasarkan Penyebab

1. Pengertian
Luka (Vulnus) adalah hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh

 Salah satu jenis luka : Vulnus Scissum
 
2. Etiologi
a. Mekanis / traumatis
b. Perubahan suhu
c. Zat kimia
d. Ledakan
e. Sengatan listrik
f. Gigitan hewan

3. Tipe Luka (Vulnus)
1). Vulnus Laceratum (Laserasi/Robek)
Jenis luka ini disebabkan oleh karena benturan dengan benda tumpul, dengan ciri luka tepi luka tidak rata dan perdarahan sedikit luka dan meningkatkan resiko infeksi.

2). Vulnus Excoriasi (Luka Lecet)
Penyebab  luka karena kecelakaan atau jatuh yang menyebabkan lecet pada permukaan kulit merupakan luka terbuka tetapi yang terkena hanya daerah kulit.

3). Vulnus Punctum (Luka Tusuk)
Penyebab adalah benda runcing tajam atau sesuatu yang masuk ke dalam kulit, merupakan luka terbuka dari luar tampak kecil tapi didalam mungkin rusak berat, jika yang mengenai abdomen/thorax disebut vulnus penetrosum(luka tembus).

4). Vulnus Contussum (Luka Kontusio)
Penyebab : benturan benda yang keras. Luka ini      merupakan luka tertutup, akibat dari kerusakan pada soft tissue dan ruptur pada pembuluh darah menyebabkan nyeri dan berdarah  (hematoma) bila kecil maka akan diserap oleh jaringan di sekitarya jika organ dalam terbentur dapat menyebabkan akibat yang serius

5). Vulnus Scissum/Insivum (Luka Sayat)
Penyebab dari luka jenis ini adalah sayatan benda tajam atau jarum merupakan luka terbuka akibat dari terapi untuk dilakukan tindakan invasif, tepi luka tajam dan licin.

6). Vulnus  Schlopetorum (Lika Tembak)
Penyebabnya adalah tembakan, granat. Pada pinggiran luka  tampak kehitam-hitaman, bisa tidak teratur kadang ditemukan corpus alienum.

7). Vulnus Morsum (Luka Gigitan)
Penyebab adalah gigitan binatang atau manusia, kemungkinan infeksi besar bentuk luka tergantung dari bentuk gigi.

8). Vulnus Perforatum (Luka Tembus)
Luka jenis ini merupakan luka tembus atau luka  jebol. Penyebab oleh karena panah, tombak atau proses infeksi yang meluas hingga melewati selaput serosa/epithel organ jaringan.

9). Vulnus Amputatum (Luka Terpotong)
Luka potong, pancung dengan penyebab benda tajam ukuran besar/berat, gergaji. Luka membentuk lingkaran sesuai dengan organ yang dipotong. Perdarahan hebat, resiko infeksi tinggi, terdapat gejala pathom limb.

10). Vulnus Combustion (Luka Bakar)
Penyebab oleh karena thermis, radiasi, elektrik ataupun  kimia  Jaringan kulit rusak dengan berbagai derajat mulai dari lepuh (bula – carbonisasi/hangus). Sensasi nyeri dan atau anesthesia. 


 Sumber Referensi :
- http://honey72.wordpress.com/2010/02/14/jenis-%E2%80%93-jenis-luka
- http://dr-suparyanto.blogspot.com/2010/05/luka-vulnus.html



0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!