Jumat, 30 Maret 2012

Hindari Ngemil Sesaat Setelah Olahraga


Kebiasaan ngemil setelah berolahraga jadi kebiasaan sebagian orang. Rasa lelah dan proses pembakaran kalori saat olahraga mungkin menyebabkan timbulnya rasa lapar atau keinginan ngemil. Apakah Anda juga termasuk yang punya kebiasaan ini? Jika sedang dalam program menurunkan berat badan, kebiasaan ngemil setelah berolahraga ini sangat tidak dianjurkan.

Memang, untuk kalangan atlet, mengisi perut dengan minuman berenergi dan camilan sesaat sesudah olahraga justru dianjurkan. Tapi, tidak begitu halnya dengan kita. Apalagi kalau sedang ingin mengurangi berat badan. Ngemil justru akan membuat pembakaran lemak pada waktu olahraga jadi sia-sia, dan akhirnya program mengurangi berat badan justru berantakan.

Karena tujuan kita adalah untuk membuat tubuh ramping, maka seharusnya kita tidak memakan kembali kalori yang sudah dibakar,” ucap Barry S Braun, Direktur Energy Metabolism Laboratory di University of Massachusetts. Mengonsumsi lagi kalori yang sudah dibakar sesaat sehabis olahraga ternyata juga menimbulkan resiko gangguan jantung. Lalu bagaimana dengan para atlet yang justru disarankan ngemil habis olahraga? 

Karena tujuan olahraga seorang atlet berbeda dengan orang awam. Tidak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga ada unsur kompetisi di dalamnya. Itu mengapa mereka selalu mendapatkan nasihat yang berlawanan dengan kita.

Dari penelitian Braun yang telah dimuat di Journal of Applied Physiology, Nutrition and Metabolism, diketahui bahwa berjalan di atas treadmill selama satu jam sehari dapat menekan kadar insulin hingga 40 persen. Namun ketika kita minum minuman berenergi tinggi tepat setelah olahraga tersebut, manfaat ini akan hilang seketika. Hal serupa juga terjadi jika ngemil makanan tinggi karbohidrat. Dari penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang yang telah mengayuh sepeda selama 75 menit, mengonsumsi camilan tinggi karbohidrat sesaat setelahnya berakibat pada menurunnya kemampuan insulin untuk membersihkan jejak gula dalam darah. Dan, kalori yang sudah terbakar bisa kembali lagi bahkan hingga dua kali lipat.

Jadi, usahakan tidak ngemil atau minum minuman berenergi tinggi tepat sehabis olahraga. Tunggulah beberapa lama terlebih dahulu. Jika terpaksa ingin ngemil, pilihlah camilan yang sangat rendah karbohidrat. Dengan begitu, program menurunkan berat badan bisa jalan dengan sukses.



Sumber : Uniqhealth.com

 

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!