Rabu, 02 Februari 2011

Kanker Payudara Membaik Karena Ginseng

Ginseng
Menurut sebuah penelitian, wanita yang memanfaatkan ramuan ginseng lebih besar peluangnya untuk sanggup melewati penderitaan akibat kakker payudara. Kualitas hidupnya pun menjadi lebih baik setelah menjalani perawatan akibat gangguan itu.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiologist yang melibatkan 1.455 wanita Cina yang memperoleh perawatan kanker payudara.

Dari situ diketahui, selama masa perawatan dan penyembuhan, wanita yang mengkomsumsi ginseng sebelum terdiagnosis, 30% lebih kecil meninggal dibanding mereka yang tak pernah mengkomsumsi ramuan ginseng. Lebih dari itu, mereka yang langsung mengkomsumsi ginseng begitu terdiagnosis kanker payudara, dilaporkan memiliki emosi yang lebih mantap dan lebih aktif dalam kehidupan sosial.

Berdasarkan temuan tersebut, pemimpin penelitian , Dr.Xiao -Ou Shu dari Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, AS, mengusulkan agar dalam uji klinis dimasa mendatang disertakan pula penggunasaan ginseng bersama perawatan kanker payudara konvensional. Sekarang, Dr.Shu, seperti obat lain, tanaman obat juga memiliki efek samping  atau bisa bereaksi dengan obat-obat yang lainnya.

Ginseng adalah suplemen tanaman obat populer yang sudah digunakan dalam Tradisional Centre Chinese Medicine (TCM). Di Barat, ginseng terutama terkenal sebagai pendongkrak energi dan penguat sistem kekebalan tubuh.

Dalam penelitian tersebut , pasien yang mengkomsumsi ginseng umumnya memilih jenis akar ginseg “putih” yang belum diproses. Selain itu mereka juga memperoleh terapi kanker konvensional – operasi, kemoterapi dan terapi.

Secara keseluruhan, jumlah merekayang terbiasa mengkomsumsi ginseng sejak sebelum terdiagnosis adalah 27%. Mereka inilah yang 30% lebih kecil kemungkinan untuk meninggal karena kanker payudara dibanding sama sekali tidak pernah mengkomsumsi ginseng, setelah faktor usia, pendidikan dan stadium kanker yang dideritanya diperhitungkan.

Di antara 1.065 pasien yang tetap hidup selama enam tahun kemudia, 63% mengaku lansung makan ginseng setelah mereka terdiagnosis kanker payudara. Wanita-wanita ini melaporkan memiliki keadaan emosi dan kehidupan yang lebih baik dibanding sesama pasien yang tidak makan ginseng.

Belum jelas apakah baiknya kehidupan pasien kanker payudara itu benar-benar karena ginseng atau bagaimana ginseng bekerja, sehingga bisa meringankan penderita pasien kanker payudara. Penelitian lebih lanjut berkaitan dengan pertanyaan itu masih perlu dilakukan.


Sumber : Majalah Gaya Hidup Sehat

0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!