Rabu, 02 Februari 2011

7 Hal Yang Perlu Diingat Bila Minum Suplemen Kalsium


Bila asupan kalsium sulit dipenuhi dari makanan karena Anda merasa pola makan tidak bisa diatur sedemikian rupa, asupan suplemen bisa menggantikannya. Namun, beberapa hal menurut ahli gizi dari RS. Cipto Mangunkusumo, Ferina Darmani, DCN, ini perlu Anda perhatikan :
1.       Kalsium Karbonat
Suplemen ini membutuhkan asam untuk melarutkan dan penyerapan efisien. Dengan bertambahnya usia, produksi asam lambung menurun. Dianjurkan untuk mengkomsumsi kalsium karbonat pada saat makan karena saat itu lambung sedang memproduksi asam lebih banyak.

2.       Kalsium Sitrat
Suplemen ini relatif lebih mahal dibanding kalsium karbonat, tetapi tidak membutuhkan asam lambung untuk penyerapannya. Bisa di komsumsi kapan saja.

3.       Vitamin D
Pilih suplemen kalsiumyangsudah ada vitamin D-nya, kecuali sudah mendapat vitamin ini dari sumber lain. Hindari asupan vitamin D lebih dari 2.000 UI per hari yang berasal dari suplemen kalsium, serta makanan.

4.       Waktu terbaik adalah malam bila hanya satu jenis suplemen asupan
Dianjurka jika mengkomsumsi kalsium karbonat pada saat makan malam, sedangkan kalsium sitrat sebaiknya sebelum tidur untuk meningkatkan penyerapan dan penguunaannya.

5.       Tingkatkan jumlahnya secara bertahap
Bila dibutuhkan, suplemen kalsium dalam jumlah besar dianjurkan untuk meningkatkan jumlah suplemen secara bertahap. Mulai dari 500 mg sehari selama seminggu, kemudia secara bertahap ditingkatkan. Beberapa jenis suplemen memberikan efek samping seperti gas dan konstipasi. Meningkatkan asupan cairan dan makanan berserat bisa membantu mengurangi masalah.

6.       Penyererapan
Untuk menguji kelarutan  suplemen kalsium, masukkan tablet suplemen kedalam 1 gelas cuka. Aduk setiap 5 menit. Bila tidak larut dalam 30 menit makatablet kalsium juga tidak larut dalam  lambung atau sukar diabsorpsi.

7.       Interaksi obat
Suplemen kalsium bisa mengurangi penyerapan antibiotik tetrasikin. Kalsium juga mempengaruhi penyerapan zat besi. Suplemen kalsium jangan diminum bersamaan dengan suplemen  zat besi. Semua obat yang dimi num saat lambung kosong sebaiknya tidak bersamaan dengan suplemen kalsium.


Bahan Makanan Sumber Kalsium
-          Kelompok Sayur
Bayam, bok choy, kembang kol, brokoli, biji wijen, dll

-          Kelompok Susu
Susu, susu nonfat, keju, yoghurt, es krim, dll

-          Kelompok Ikan dan Kacang
Ikan teri, sarden, ikan asin dengan  tulang, kedele, tahu, tempe, kacang-kacangan, dll




Sumber : Majalah Gaya Hidup Sehat

0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!