Rabu, 27 Juli 2011

Volume Otak Wanita Alami Peningkatan Lebih Pesat dari Pria

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Forensic Science International edisi terbaru. Dalam 300 tahun terakhir, volume otak manusia mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan ukuran tulang tengkorak yang makin membesar. Jika dilihat berdasarkan jenis kelaminnya, peningkatan volume otak wanita lebih pesat dari pria.

Sama halnya dengan ukuran tubuh yang makin membesar dari masa ke masa, volume otak manusia juga mengalami peningkatan dalam 300 tahun terakhir. Hal ini tampak dari adanya peningkatan ukuran crania, bagian dari tulang tengkorak yang menampung otak.

Para peneliti dari North Carolina University mengungkap hal itu setelah mengamati 200 tengkorak manusia yang diambil dari beberapa periode yang berbeda. Sebagian diukur pada manusia yang hidup di abad ke-19, sebagian lagi pada kerangka jenazah dari kuburan abad ke-16 dan ke-17.

Secara umum, otak pria rata-rata lebih besar dari wanita namun keduanya sama-sama mengalami peningkatan karena beradaptasi dengan kecenderungan manusia moderen yang makin banyak berpikir. Bedanya, peningkatan volume otak wanita lebih pesat sehingga memperkecil perbedaannya dengan pria.

Ahli forensik yang memimpin penelitian ini, Ann Ross mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan volume otak. Seperti dikutip dari Livescience, faktor-faktor tersebut antara lain perubahan tingkat kesejahteraan yang mempengaruhi diet dan nutrisi, perubahan kondisi lingkungan serta pengaruh genetis.

Meski demikian, Ross tidak menyebutkan pengaruhnya terhadap kemampuan otak manusia. Selain karena penelitian ini tidak mengarah ke situ, volume bukanlah satu-satunya faktor yang berpengaruh karena meski ukurannya kecil kemampuannya bisa lebih tinggi jika otak bekerja lebih efisien.

Selain ukuran crania pada tulang tengkorak, penelitian ini juga mengamati struktur tulang di bagian lain misalnya bantalan rahang yang menyangga gigi. Dari masa ke massa, bagian ini juga selalu mengalami perubahan baik pada pria maupun wanita.








0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!