Minggu, 28 Agustus 2011

CEO Terbaik Dunia (Apple) Steve Jobs Menderita Penyakit Langka & Semakin Parah

Nama Steve Jobs memang identik dengan Apple. Kehadirannya seperti ruh bagi perusahaan yang telah menghasilkan produk-produk digital inovatif yang mengguncang pasar. Tengoklah Mac, iPod, iPhone, dan iPad. Apple tanpa Steve Jobs mungkin "sayur tanpa garam". Dialah yang disebut-sebut sebagai tokoh di balik rancangan produk-produk inovatif Apple tersebut.

Jobs juga selalu hadir di garda depan setiap kali Apple merilis produk-produk barunya. Kharismanya di panggung selalu menarik perhatian dunia meski selalu hadir dengan gaya pakaian yang sama yakni baju atau kaus panjang warna hitam dan celana jeans.

Tak cuma inventor, Jobs juga seorang marketer sejati. Di bawah kepemimpinannya, Apple dengan percaya diri melakukan terobosan yang mendikte pasar. Dia pula yang berhasil membangkitkan kembali Apple setelah sempat mengalami kemunduran.

Alasan kesehatan diduga menjadi penyebab Steve Jobs mundur dari jabatannya sebagai CEO perusahaan teknologi Apple. Lebih dari tujuh tahun terakhir ini ia memang berjuang melawan kanker pankreas yang langka.

Dari semua kasus kanker di Amerika Serikat, persentase kanker pankreas hanya kecil, tetapi penyakit ini adalah penyebab kematian keempat akibat kanker. Alasannya, kanker ini biasanya baru ditemukan ketika memasuki stadium lanjut, yang sudah sulit untuk disembuhkan.

Selama bertahun-tahun melawan penyakitnya, Jobs sudah melakukan berbagai terapi agresif, termasuk transplantasi hati. Dibandingkan dengan pasien kanker pankreas lain, angka kelangsungan hidup Jobs terbilang tinggi. Namun, keputusannya yang mendadak untuk mundur dari Apple dinilai sebagai sinyal penyakitnya memburuk.

Mengingat passion Jobs yang tinggi pada pekerjaannya, dokter menduga keputusannya untuk melepaskan jabatan sebagai CEO Apple merupakan sinyal ia sudah merasa kondisi penyakitnya tidak bisa dikendalikan.
Pada tahun 2004, Jobs telah melakukan berbagai terapi agresif untuk menyembuhkan tumornya. Tahun 2009, ia melakukan pencangkokan hati. Hal itu menandakan tumornya telah menyebar dari pankreas ke hati sehingga ia harus membuangnya.

Seperti apa sepak terjang Steve Jobs di Apple? Berikut ringkasan perjalanan Jobs dan Apple!

1955 Stephen Paul Jobs dilahirkan.

24 Februari 1972 Jobs kuliah di Reed Coolege, Oregon, namun drop out. Ia hanya menyelesaikan satu semester.

1974 Jobs bekerja di produsen video game Atari dan mendirikan Homegrew Computer Club dengan Steve Wozniak, sahabatnya di SMA yang beberapa tahun lebih tua.

1976 Jobs mendirikan Apple Computer bersama Steve Wozniak saat April Mop setelah berhasil mengembangkan sirkuit komputer di sebuah garasi. Produk pertama Apple Computer I dijual dengan harga 666,66 dollar AS.

1977 Apple Inc resmi terbentuk dengan menarik dana sejumlah investor. Apple II yang merupakan komputer pertama dengan layar grafis dirilis. Sejak itu penjualan Apple meroket hingga 1 juta dollar AS per tahun.

1980 Apple jual saham perdana ke publik dan meraih suntikan dana segar 110 juta dollar AS, nilai IPO (initial public offering) terbesar saat itu.

1984 Komputer Macintosh pertama dijual ke publik.

1985 Jobs dan Wozniak keluar dari Apple setelah beda pendapat dengan direksi lainnya.

1986 Jobs mendirikan Next Inc yang memproduksi komputer kinerja tinggi untuk universitas. Ia juga membeli Pixar dari produser Star Wars, George Lucas sebesar 10 juta dollar AS.

1991 Apple dan IBM mengumumkan kerja sama pengembangan prosesor dan software untuk komputer portable PowerBook pertama cikal bakal notebook.

1993 Apple merilis Newton, komputer handheld pertama dengan pena. Apple merugi.

1994 Apple memperkenalkan Power Macintosh yg berbasis prosesor PowerPC buatan IBM dan Motorola. Apple juga menawarkan lisensi software Mac ke pihak lain untuk membuat kloningnya.

1995 Kloning pertama Mac, Microsoft Windows 95 keluar di pasaran.

1996 Apple membeli Next senilai 430 juta dollar AS.

1997 Steve Jobs duduk sebagai advisor Apple dan secara de facto menjadi pimpinan di sana. Lisensi Mac dihentikan.

1998 Apple memperkenalkan iMac. Produksi Newton dihentikan.

2000 Jobs secara resmi kembali menjadi CEO Apple.

2001 Apple memperkenalkan iPod dan software Mac OSX yang berbasis software Next.

2003 Apple meluncurkan iTunes yang berisi 200.000 lagu seharga 0,99 dollar AS. Apple sukses menjual 1 juta lagu dalam waktu seminggu.

2004 Jobs menjalani operasi penyakit langka kanker pankreas. Apple sempat menutup-nutupi kondisi kesehatannya sebelum akhirnya terungkap ke publik.

2005 iPod Nano dan iPod yang bisa menjalankan video dirilis. Apple mengumumkan akan menggunakan prosesor Intel pada produk selanjutnya.

2006 Pixar dibeli Disney sebesar 7,4 miliar dollar AS. Jobs tetap menjadi pemegang saham terbesar.

2007 Apple merilis smartphone pertama iPhone.

2010 Apple merilis tablet iPad.


Apa yang dapat pelajari dari fakta diatas? Bahwa kesehatan sangatlah berharga walau hidup dipenuhi dengan gelimangan harta dan pretasi. Sehat itu sangatlah mahal, jadi hargai hidup Anda denganhidup sehat!

Semoga Pak Steve cepat sembuh. Amin!



Sumber (Disari) : Kompas.com



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!