Sabtu, 20 Agustus 2011

Mengapa Flu Tak Kunjung Sembuh?



Pernahkah Anda mengalami pilek dalam waktu lama dan tak kunjung sembuh? Jika ya, pasti hal tersebut sangat menjengkelkan Anda. Jangankan pilek yang berlangsung dua atau tiga bulan, pilek selama satu minggu saja rasanya sudah mengganggu sekali. Makan tak enak, minum tak berselera. Hidung yang tersumbat memang berpengaruh besar terhadap kenikmatan makan. Sebab, indra penciuman berhubungan erat dengan indra pengecap dan perasa.

Namun kadang, ada kalanya pilek sering kali tak sembuh-sembuh dalam waktu sangat lama. Padahal, dalam kondisi normal, menurut Gary Rogg, MD, ahli kesehatan dari Montefiore Medical Center New York, 70 persen orang akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Karena itu, jika lewat seminggu, ada baiknya Anda curiga. Biasanya, ada beberapa kemungkinan penyebab pilek dengan durasi lama antara lain: rintis alergika, tulang hidung bengkok atau karena sinusitis.

Rinitis alergika adalah alergi yang disebabkan oleh debu, udara dingin, asap atau kelelahan. Jika ini penyebab pilek panjang Anda, maka cara terbaik untuk menyembuhkan dan mencegahnya adalah dengan menghindari penyebab pilek tersebut. Jika Anda alergi debu misalnya ketika sedang bersih-bersih rumah selalu gunakan masker. Hal ini berlaku juga ketika sedang bepergian. Sebab kondisi jalanan di Indonesia seringkali berdebu. Jadi setiap keluar rumah gunakan selalu masker penutup hidung. Tulang hidung bengkok juga bisa menyebabkan pilek yang tak kunjung sembuh. Sementara sinusitis juga menyebabkan pilek dalam waktu panjang. Peradangan di daerah sinus ini bisanya akan menyebabkan pilek lama hingga berbulan-bulan dengan gejala yang cukup menyiksa seperti pusing dan nyeri di bagian wajah. Penderita sinusitis bahkan akan merasakan sakit kepala super hebat ketika menundukkan kepalanya.

Namun, selain ketiga hal tersebut, kadang ada beberapa hal lain yang menyebabkan pilek tak cepat pulih. Berikut beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan agar kondisi segera pulih:

  • Cukupkah Waktu Istirahat Anda?
    Sebuah penelitian yang disebutkan dalam Journal of Internal Medicine menyebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam dalam sehari memiliki risiko flu dan pilek, serta terkena penyakit lain tiga kali lebih banyak daripada orang tidur 8 jam. Karena itu, jika pilek tak kunjung sembuh, cobalah istirahat dalam porsi yang seimbang.
  • Kurang Minumkah Anda?
    Jumlah air dalam sehari yang dianjurkan adalah 8 gelas. Dalam hal ini, air sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi saat sudah terkena pilek. Peter Katona, MD, asisten professor dari University of California Los Angeles (UCLA) Health System menyebutkan bahwa air berfungsi sebagai “pengguyur” penyakit agar bisa segera keluar dari dalam tubuh.
  • Salahkah Penanganan Penyakit Anda?
    Menurut Rogg, salah satu penyebab sakit tak kunjung sembuh karena penanganan yang salah. Dalam hal ini, pilek memiliki banyak penyebab, seperti yang telah disebut, di antaranya rinitis alergika, tulang hidung bengkok, atau sinusitis. Untuk itu, Rogg menyarankan agar pergi ke dokter jika memang pilek telah lebih dari seminggu.



Sumber : Inspirasisehat.com



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!