Kamis, 11 Agustus 2011

Tips Minum Obat Agar Tidak Terasa Pahit

Rasa obat yang pahit terkadang membuat kita malas untuk meminumnya. Namun karena khasiat dari obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit membuat lidah kita harus merasakan pahitnya jalan menuju kesembuhan.

Kebiasaan yang sering dijumpai saat meminum obat kapsul atau tablet adalah meletakan obat pada pangkal lidah dengan tujuan obat dapat cepat tertelan dan menghindari rasa pahit. Padahal tanpa disadari kebiasaan itu justru membuat rasa pahit dari obat menjadi terasa, mengapa demikian?



Untuk mengetahuinya mari kita cari tahu terlebih dahulu daerah-daerah perasa pada lidah. Daerah pengecap rasa pada lidah dapat dilihat seperti pada gambar disamping. lebih lengkapnya yaitu :
1. Rasa pahit pada pangkal atau bagian belakang lidah
2. Rasa manis pada lidah bagian tepi
3. Rasa asin pada idah bagian depan
4. Rasa asam pada lidah bagian samping

Dari gambar tersebut kita mengetahui bahwa bagian lidah memiliki daerah yang berbeda untuk mengecap rasa. Rasa dari obat yang pahit akan terasa pada bagian belakang lidah. Apabila kita meletakan obat pada bagian tengah atau bagian depan lidah dan langsung menelannya bersama air maka kita tidak merasakan pahit atau hanya merasakan sedikit pahit. Namun jika kita mendiamkan obat cukup lama pada lidah maka air liur akan membawa rasa pahit kedaerah belakang lidah sehingga terasa pahit.

Jadi, jika kita mau menghindari rasa pahit dari obat dapat dilakukan dengan meletakan obat pada bagian depan atau tengah lidah dan langsung meminumnya bersama air.

Semoga Membantu..

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!