Rabu, 21 September 2011

10 Fakta Unik Tentang Jantung Manusia

1. Daya Tarik Seksual
Penelitian terhadap 2.500 pria usia 49-54 tahun menunjukkan, pria yang orgasme sedikitnya tiga kali seminggu, risiko kematian akibat penyakit jantung koroner turun menjadi separuhnya. Aktivitas seksual dapat meningkatkan detak jantung hingga dua kali lipat dan membakar sekitar 200 kalori atau setara dengan lari cepat selama 15 menit. 
 
2. Jantung Wanita
Penyakit jantung telah menyebabkan kematian pada 500.000 perempuan Amerika setiap tahun atau 50.000 lebih banyak dari korban pria. Serangan jantung pada perempuan diawali dengan tanda-tanda; sesak napas, terasa ada tekanan di jantung, hidung seperti pilek, rasa sakit pada punggung dan rahang.  

3. Perbaikan Jantung
Jika jantung Anda rusak, di masa depan mungkin bisa diperbaiki. Saat ini sejumlah ahli sedang meneliti seekor kadal merah guna mengembangkan terapi sel untuk manusia yang jantungnya rusak. Sel jantung binatang amfibi ini cepat sekali membantu pemulihan otot jantung, sifatnya mirip sel punca.  

4. Deri Hati ke Hati (Heart to Heart)
Komunikasi dengan hewan dalam studi yang dilakukan seorang ahli menunjukkan bahwa detak jantung binatang yang disentuh manusia merupakan cerminan detak jantung manusia yang menyentuhnya. Ini dapat menggantikan metode lama untuk mengetahui tingkat stres seseorang.  

5. Jantung Membesar
Seseorang dengan ukuran jantung yang besar tidak ada hubungannya dengan besar hati. Ukuran jantung yang besar ternyata menandai penyakit jantung yang tersembunyi. Jantung yang membesar biasa disebut sebagai “Dilated Cardiomyopathy. Ukuran jantung yang besar menyebabkan jantung harus memompa dengan keras agar cukup dialiri darah. Jika tidak dirawat bisa berisiko gagal jantung. 

6. Tertawa Baik Untuk Jantung
Tertawa terbahak-bahak hingga Anda mengeluarkan air mata selain membuat perasaan nyaman juga membuat relaks dinding-dinding saluran darah (endothelium), dan menyebabkan darah lancar mengalir selama 45 menit setelah tawa pecah. Kerusakan pada “endothelium” dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit kardiovaskular.  

7. Minum Jantungmu!
Kulit anggur yang banyak mengandung antioksidan amat bagus bagi kesehatan. Anggur putih dan anggur merah rupanya sama-sama menyebabkan senyawa perlindungan jantung menjadi tertutup. Jadi, berhat-hatilah dengan kesukaan Anda minum anggur.  

8. Perjalanan Darah
Dalam semenit jantung Anda mampu memompa darah ke setiap sel tubuh Anda. Dalam sehari, sekitar 100.000 detak jantung Anda telah memompa 2.000 galon darah segar (mengandung oksigen) beberapa kali hingga menempuh jarak 60.000 mil (sekitar 96.000 kilometer). Sungguh pekerjaan berat bagi otot yang hanya berukuran sekepalan tangan.  

9. Patah Hati ( Brocken Heart) 
Putus cinta dengan kekasih atau menghadapi kematian saudara dekat dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Demikian hasil sejumlah penelitian. Perasaan trauma semacam itu juga memicu munculnya hormon stres ke dalam aliran darah dan membuat jantung sempat terhenti sejenak. “Simpton” (gejala) yang muncul bisa berupa sesak napas, dada terasa sakit. Namun, biasanya gejala ini langsung hilang dalam beberapa hari.  

10. Simbol Cinta atau Kasih Sayang Benda dengan bobot 5 kilogram, berupa kumpulan otot yang penuh darah yang kita sebut jantung menjadi simbol universal untuk cinta. Orang Yunani percaya bahwa jantung adalah tempat tinggalnya semangat (spirit), sementara China mengaitkannya dengan kebahagiaan. Orang Mesir berpikir bahwa perasaan dan kemampuan intelektual muncul dari jantung. Tak ada yang tahu sebenarnya simbol cinta itu berasal dari mana pada mulanya.



Sumber : Kompas.com



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!