Rabu, 14 September 2011

Hati-Hati, Sering Terburu-Buru Saat BAB Bisa Picu Ambeien

Buang air besar atau BAB harus dilakukan dalam suasana santai jika tidak ingin kena wasir atau hemorrhoid. Terburu-buru ingin menyelesaikan hajat besar ini dapat memicu tegangan berlebih di anus, sehingga pembuluh darah mudah bengkak.

Ambeien alias wasir yang dalam istilah medis disebut hemorrhoid disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena di sekitar anus. Penyebab paling umum adalah tekanan berlebih saat mengejan, baik saat melahirkan maupun buang hajat di kamar mandi.

Beberapa orang sering mengejan saat BAB atau buang hajat karena berbagai sebab. Sebenarnya tidak akan menjadi masalah jika hanya dilakukan sesekali saja, namun kalau sudah menjadi kebiasaan dan dilakukan setiap kali BAB maka risiko terkena ambeien akan lebih besar.

Penyebab orang mengejan saat BAB antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari WebMD:


1. Terburu-buru
Para mahasiswa yang tinggal di kos-kosan pasti sering mengalami antrean panjang di kamar mandi, terutama pada pagi hari. Kondisi ini tidak ideal untuk BAB, karena jika terburu-buru maka tekanan saat mengejan cenderung lebih besar dengan tujuan agar hajatnya cepat tuntas.

2. Sembelit
Konstipasi atau sembelit menyebabkan kotoran susah keluar saat BAB. Otomatis untuk mengeluarkannya butuh tekanan lebih besar, sehingga orang yang mengalami sembelit akan mengejan dengan sangat kuat yang berdampak pada peningkatan risiko untuk terkena ambeien.

3. Diare
Meski berkebalikan dengan sembelit, diare atau terlalu sering BAB juga bisa membuat penderitanya mengejan saat BAB. Meski sering BAB, kotoran yang keluar biasanya cair dan hanya sedikit-sedikit sehingga penderita cenderung tidak sabar lalu mengejan untuk menuntaskan BAB agar tidak perlu keluar masuk WC.

Untuk mencegah berbagai masalah BAB yang bisa memicu ambeien tersbeut, pola makan yang sehat sangat dianjurkan. Makan cukup serat dan banyak-banyak minum air putih akan membuat konsistensi atau bentuk tinja jadi lebih lunak, sehingga BAB bisa lebih lancar dan teratur.

Sementara itu konsultan bedah saluran pencernaan dari RS Pondok Indah, Dr Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD mengatakan ada 2 jenis ambeien berdasarkan lokasi pembengkanan yang terjadi. 

Dikutip dari konsultasi kesehatan yang diasuhnya di detikHealth, jenis-jenis ambeien adalah sebagai berikut.

1. Ambeien Luar (Hemorrhoid eksterna)
Ambeien luar diliputi oleh kulit dan tak dapat dimasukkan. Ambeien jenis ini selalu ada di luar, tidak selalu menimbulkan keluhan maupun menyebabkan perdarahan.

2. Ambeien Dalam (Hemorrhoid interna)
Ambeien dalam diliputi oleh selaput lendir pada stadium 1 terjadi perdarahan saat buang air besar, tak ada rasa sakit dan darahnya segar (warnanya merah segar).

Selain karena masalah BAB, ambeien juga bisa dipicu oleh faktor lain misalnya kelahiran normal yang kadang-kadang memaksa seseorang untuk mengejan dengan sangat kuat. Ambeien juga bisa dipicu oleh hubungan seks lewat anus, sebab penetrasi benda tumpul juga memicu tekanan pada dinding anus.







0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!