Senin, 12 September 2011

Larangan Dalam Melaksanakan Shalat

A. Pakaian dan Dandanan Laki-laki

1.  Bercelana Saja
Hadist dari Jabir ra : “Nabi Saw, melarang shalat dengan memakai celanan saja

2. Memakai Kain yang Cupet
Dari Buraidah ra: “Nabi Saw. Melarang seseorang shalat dengan satu kain yang cupet dan mealrang seseorang shalat dengan bercelana tetapi kedua pundaknya tidak ditutup kain.” (HR.Abu Dawud dan Hakim)

3. Pundak Terbuka
Dari Buraidah ra:”Nabi saw. Melarang seseorang shalat dengan satu kain yang cupet dan mealrang seseorang shalat dengan bercelana tetapi kedua pundaknya tidak ditutup.”(HR.Abu Dawud dan Hakim)

4. Menjulurkan kain ke Tanah
 Dari Abu hurairah ra : “Nabi saw. Melarang seseorang menjulurkan kain ke tanah dan menutup mulutnya dalam shalat.”(HR.Ahmad, Tirmidzi,Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Hakim)

5. Mengikat atau Menggelung Rambut
Dari Ummu Salamah ra:”Nabi saw. Melarang seorang laki-laki shalat dengan rambut kepalanya diikat/digelung.” (HR. Thabarani).

B. Suasana dan Sikap Ketika Shalat

6. Dekat Orang Berbicara
Dari Ibnu Abbas ra.: “Nabi saw. Melarang seseorang shalat di belakang orang yang sedang berbicara atau sedang tidur.” (HR. Ibnu Majah)

7. Tergesah-gesah
Dari Samurah ra.: “Nabi saw melarang seseorang tergesah-gesah dalam melakukan shalat.” (HR. Hakim)

8. Menahan Kentut, Kencing, atau Berak
Dari Abu umamah ra.: “Nabi saw melarang seseorang shalat sambil menahan kentut, kencing, atau berak.” (HR. Ibnu Majah)

9. Memejamkan Mata
Dari Ibnu Abbas ra.: Nabi saw bersabda:’bila seseorang di antara kamu melakukan shalat, janganlah ia memejamkan kedua matanya.”(HR.Thabrani dan Hakim)

Penjelasan :
Selama shalat kita dilarang memejamkan mata.Perbuatan semacam ini berdosa,tetapi tidak membatalkan shalat.Memejamkan mata ketika shalat dengan alasan agar dapat khusyu’tetap dosa karena melanggar larangan Rasulullah saw.yang tersebut dalam Hadits di atas.

10. Mencondong-condongkan Badan
“Apabila seorang di antara kamu shalat,hendaklah ia menenangkan semua anggota badannya(tangan dan kaki);dan janganlah mencondong-condongkan badan seperi yang dilakukan oleh orang Yahudi.”(HR.Hakim dan Tirmidzi)

Penjelasan :
Mencondong-condongkan badan ke kanan danke kiri atau ke depan dan ke belakang adlah perbuatan orang Yahudi.Orang yang shalat dengan mencondong-condong badan berdosa karena melanggar larangan Hadits di atas,namun shlatnya tidak batal.

11. Mendongak
Dari Abu Hurairah,sesungguhnya Nabi saw bersabda :”Hendaklah orang-orang berhenti mendongak ke langit ketika shalat atau penglihatan mereka disambar (dibutakan).”(HR.Ahmad,Muslim,dan Nasa’i)

Dari Ibnu Umar ra:”Nabi saw bersabda :’janganlah kamu layangkan pandangan kamu ke atas ketika shlat karena akan celaka.”(HR.Ibnu Majah dan Thabrani)

Penjelasan :
- Orang yang mendongak atau melayangkan pandangannya ke atas ketika shalat berarti telah berbuat dosa karena melanggar larangan Hadits di atas.Akan tetapi,shalatnya tidak batal.

12.  Menoleh Ke Kanan atau Ke Kiri
Dari Abu Hurairah ra:”Rasulullah saw pernah menoleh ke kanan dan ke kiri dalam shalat,lalu Allah menurunkan firman-Nya:’Sungguh beruntung orang-orang mukmin,yaitu orang-orang yang khusyu’dalam shalat mereka,’lalu Nabi saw tenang,tidak lagi menoleh ke kanan dan ke kiri.”(HR.Thabrani)

Dari Abu Hurairah ra:”Nabi saw bersabda :’Apabila seseoorang di antara kamu berdiri untuk shalat,hendaklah ia mengucapkan shalawat untukku sampai selesai;dan janganlah ia menoleh dalam shalatnya karenasesungguhnya ia sedang bermunajat kepada Tuhannya selama melakukan shalat.”(HR.Thabrani)

Penjelasan :
Hadits pertama menerangkan bahwa orang yang sedang shalat dilarang berpaling ke kanan atau ke kirir walaupun sekali.Hadits kedua menerangkan bahwa orang yang sedang shalat dilarang berpaling walaupun ke kanan saja atau ke kiri saja,sekalipun hanya sekali.Barang siapa yang melakukan pelanggaran terhadap larangan di atas berdosa,tetapi shalatnya tidak batal.Berpaling ke kanan dan ke kiri hanya dibenarkan untuk salam saja sebagai tanda mengakhiri shalat.

Orang yang sedang shalat adalah orang yang tengah bermunajat kepada Tuhannya.Ia sedang berdialog dengan Tuhannya sehingga ia wajib melakukannya dengan khusyu’.Menoleh ke kana atau ke kiri,baik sekali maupun beberapa kali,merusak khusyu’dalam shalat.

13. Membunyikan Telapak Tangan
Dari Mu’adz bin Anas ra:”Nabi saw bersabda :’Tertawa ketika shalat,menoleh,dan membunyikan telapak tangan ketika shalat (terlarang).”(HR.Ahmad,Thabrani,dan Baihaqi)

Penjelasan :
Orang yang sedang shalat dilarang membunyikan telapak tangannya dengan cara menjalin jari-jari tangan,lalu menepuk-nepukkan telapak tangannya.Perbuatan semacam itu dosa,tetapi tidak membatalkan shalat.



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!