Senin, 17 Oktober 2011

9 Bagian Tubuh yang Dianggap Tidak Ada Gunanya

Ada beberapa bagian tubuh yang ternyata tidak terlalu berfungsi untuk membantu kehidupan manusia di zaman modern ini. Bagian-bagian tersebut kebanyakan adalah sisa-sisa proses evolusi yang masih tertinggal.

Berikut ini adalah bagian-bagian tubuh yang dianggap tidak berguna itu seperti dikutip dari Foxnews.com :

1. Plica Semilunaris (kelopak mata ketiga)

Kebanyakan orang tidak akan menyangka bahwa mereka memiliki kelopak mata ketiga. Tarik dan bukalah kedua kelopak mata dan perhatikan, kelopak mata ketiga terletak tepat di pojok saluran air mata.

Kelopak mata ketiga merupakan sisa dari bagian tubuh yang dikenal sebagai 'membran nictitating' yang masih dijumpai pada hewan seperti ayam, kadal dan ikan hiu.

2. Rambut Tubuh


Tidak diragukan lagi bahwa tubuh manusia pernah dipenuhi bulu yaitu sekitar 3 juta tahun yang lalu. Tetapi ketika Homo erectus telah lahir, kemampuan tubuh untuk berkeringat bisa menjelaskan rontoknya bulu-bulu tersebut.

3. Adenoid

Adenoid disebut juga amandel nasofaring dan berfungsi untuk memerangkap bakteri namun juga rentan mengalami pembengkakan dan infeksi. Anak-anak berusia 7 tahun sering direpotkan dengan bagian tubuh ini. Untungnya, adenoid menyusut seiring dengan usia dan seringkali dibuang bersama amandel.

4. Amandel

Bagian tubuh ini juga rentan terhadap pembengkakan dan infeksi dan kalau sudah infeksi biasanya dilakukan operasi pembuangan.

5. Tulang Ekor


Lebih berguna sebagai kata dalam permainan Scrabble dengan tema anatomi tubuh. Tulang ekor adalah bagian tubuh yang tersisa dari evolusi ketika manusia masih memiliki ekor.

6. Erector Pili

Erector pili adalah otot yang tertanam di lapisan dermis kulit. Jika kedinginan atau merasa takut otot ini akan berdiri yang membuat rambut-rambut di atasnya berdiri, sehingga ada istilah berdiri bulu rambut.

Ketika manusia masih berbulu, erector pili membuat bulu berdiri tegak sehingga manusia terlihat lebih besar dan menakutkan. Sekarang, bagian tubuh ini hanya membuat manusia merinding.

7. Gigi Geraham Bungsu


Pada zaman di mana manusia masih memakan daging dari tulang raksasa, gigi manusia cenderung rontok. Oleh karena itu, ada geraham cadangan alias gigi bungsu yang tumbuh paling terakhir. Zaman sekarang, pertumbuhan geraham bungsu justru menyebabkan rasa nyeri yang sangat sehingga banyak yang harus ke dokter gigi untuk operasi pengangkatan geraham.

8. Usus Buntu (appendix)

Charles Darwin pernah menyatakan bahwa usus buntu berguna untuk proses pencernaan pada masa-masa awal di mana manusia hanya memakan tumbuhan. Bagian ini menyusut sejak manusia mulai memakan makanan yang lebih mudah dicerna.

9. Puting Pria


Hingga kini belum bisa dipastikan apa fungsi dari puting pria ini.



Sumber : Detikhealth.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!