Minggu, 30 Oktober 2011

Benarkah Seseorang Kena Cacar Hanya Sekali Seumur Hidup?

Cacar air merupakan penyakit yang gampang menular dan dapat menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya menurun. Cacar air (chickenpox) adalah salah satu penyakit yang dapat menular dengan cepat dan disebabkan oleh virus varicella zoster. Dibutuhkan waktu inkubasi sekitar 2-3 minggu setelah kontak dengan orang yang terkena cacar air.

"Prinsipnya, orang yang sudah pernah kena cacar bisa kena cacar lagi tapi dalam bentuk lain. Kalau dengan virus yang sama tidak, tapi masih bisa terjadi cross, bukan disebabkan oleh virus varicella zoster tapi herpes zoster. Gambaran klinisnya sama, bulat-bulat kecil, lesi berisi air di seluruh tubuh. Tapi kalau cross (karena herpes zoster), bulat-bulat kecil itu cuma mempengaruhi satu bagian tubuh, misal di dada sebelah kiri saja," jelas Dr Ari.

Cacar herpes zoster ini menurut Dr Ari biasanya hanya mempengaruhi orang-orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh lemah atau sedang menurun. Jika seseorang memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka jarang mengembangkan kondisi ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan cacar air atau cacar kedua kalinya adalah melalui vaksinasi. Vaksin yang diberikan akan memproduksi antibodi dan menjaga tubuh dari virus cacar air di masa mendatang. Serta jangan lupa untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal.

"Pencegahannya ada vaksin, tapi kadang-kadang kita tidak tahu kapan kita kenanya. Tapi yang jelas, jangan lakukan kontak dengan orang yang menderita cacar, sebaiknya diisolasi. Makanya ada anjuran kalau anak kena cacar mending istirahat di rumah saja, jangan masuk sekolah. Juga tingkatkan kekebalan tubuh, makan yang banyak, istirahat cukup," tutup Dr Ari.

Yang terpenting adalah selalu menjaga kekebalan tubuh dengan tidur cukup, makan sehat dan teratur serta berolahraga. 



Sumber : Detikhealth.com



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!