Minggu, 30 Oktober 2011

Tahukah Anda? Cacar Lebih Bahaya Bila Menyerang Orang Dewasa


img
Cacar air merupakan penyakit yang gampang menular dan dapat menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya menurun. Tapi cacar air bisa lebih berbahaya bila menyerang orang dewasa. Kenapa?

Cacar air (chickenpox) adalah salah satu penyakit yang dapat menular dengan cepat dan disebabkan oleh virus varicella zoster. Dibutuhkan waktu inkubasi sekitar 2-3 minggu setelah kontak dengan orang yang terkena cacar air.

"Kalau kena cacar air saat dewasa lebih berbahaya, karena reaksi virusnya bisa lebih besar dan menyebabkan komplikasi. Komplikasinya bisa sampai peradangan otak atau ensefalitis," jelas Dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM saat dihubungi detikHealth.

Orang dewasa yang terkena cacar air ada kemungkinan berisiko mengalami komplikasi, terutama pada perempuan hamil, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, orang yang sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi untuk kanker, orang yang pernah menjalani transplantasi dan orang yang memiliki masalah jantung atau paru-paru.

Pada ibu hamil, infeksi cacar bisa mempengaruhi janin yang dikandungnya. Jika tertular pada trimester pertama, maka bisa menyebabkan risiko sindrom varicella kongenital yaitu sindrom cacat lahir pada bayi yang bisa mencakup kepala, masalah mata, berat badan bayi lahir rendah dan keterbelakangan mental.

Sedangkan jika ibu hamil tertular cacar pada trimester ketiga memiliki risiko lebih besar terkena pneumonia varicella. Infeksi ini berpotensi mengancam kehidupan paru-paru atau bayi lahir dengan memiliki cacar.

Selain komplikasi, gejala cacar air yang timbul cenderung lebih parah pada orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak.

"Orang dewasa dengan kekebalan tubuh rendah bisa mengalami infeksi macam-macam (komplikasi cacar air), apalagi kalau kebersihannya tidak dijaga. Bisa kena infeksi sekunder, meradang sampai jadi koreng dan sembuhnya lebih lama," lanjut Dr Ari.

Menurut Dr Ari, pada orang dewasa penyakit cacar lebih lama sembuh dibandingkan dengan anak-anak. Hal ini karena daya tahan tubuh orang dewasa rentan turun karena ia harus bekerja atau memikirkan banyak hal. Sedangkan pada anak-anak umumnya bisa beristirahat dengan benar selama sakit tanpa banyak pikiran atau kegiatan.

Sumber : Detikhealth.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!