Minggu, 30 Oktober 2011

Kenapa Ketombe Bikin Kulit Kepala Gatal?


img
Ketombe termasuk masalah kulit kepala yang cukup mengganggu. Selain bisa membuat orang malu, ketombe juga dapat menimbulkan rasa gatal di kepala. Apa penyebabnya?

Masalah ketombe biasanya muncul seperti sisik kering yang dapat menimbulkan serpihan-sepihan putih yang jatuh ke pakaian jika digaruk serta menyebabkan gatal di kulit kepala yang cukup mengganggu.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering, udara dingin atau suhu terlalu panas. Jika ketombe tidak disertai dengan kemerahan umumnya kondisi tersebut tidak menular. Namun ketombe juga bisa disebabkan oleh mikroorganisme yang dikenal dengan nama pityorosporum ovale.

Sedangkan untuk kondisi yang lebih serius lagi, American Osteopathic College of Dermatology menuturkan bisa disebabkan oleh organisme ragi penyebab ketombe di kulit kepala yaitu malassezia.

Jika ketombe yang muncul menimbulkan rasa gatal kemungkinan karena mikroorganisme pityrosporum ovale memakan minyak yang ada di kulit kepala. Kondisi ini memicu ia untuk melepaskan asam lemak bebas pro-inflamasi yang mengakibatkan peradangan dan hipersensitivitas dan menyebabkan rasa gatal.

Selain itu mikroorganisme ini juga bisa melepaskan bahan kimia beracun yang dapat berkontribusi terhadap infeksi jamur, seperti dikutip dari Livestrong.

Beberapa kondisi bisa membuat seseorang lebih mudah memiliki ketombe seperti pola makan kurang zinc (seng), vitamin B dan juga lemak sehat, serta penyakit tertentu seperti parkinson, stres, serangan jantung atau menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir ketombe seperti mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala saat waktu tidur, saat pagi hari oleskan sedikit campuran antara jus lemon dan cuka ke kulit kepala dengan menggunakan kapas sebelum keramas, atau menggunakan campuran antara jus lemon dengan air hangat.

Jika ketombe akibat dermatitis seboroik yaitu kulit kepala berminyak tertutup sisik yang terkelupas berwarna putih atau kuning, maka kondisi ini tidak cukup diatasi dengan keramas saja namun butuh bantuan medis.



Sumber : Detikhealth.com


 

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!