Senin, 21 November 2011

Jauhkan Serangan Jantung Dengan Rutin Bersihkan Gigi



Kebiasaan membersihkan karang gigi ke dokter gigi bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi, tetapi juga akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Menurut penjelasan para ahli kardiologi, tindakan membersihkan karang gigi akan mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan inflamasi dan memicu penyakit jantung atau stroke.

"Salah satu kiat mencegah penyakit jantung dan stroke memang secara rutin membersihkan karang gigi," kata Dr.Emily (Zu-Yin) Chen, ahli jantung dari Veterans General Hospital, Taipei.

Zu-Yin melakukan penelitian di Taiwan dengan mengikuti 100.000 orang yang tidak memiliki riwayat keturunan penyakit jantung atau stroke selama 7 tahun. Hasilnya diketahui, mereka yang rutin ke dokter untuk membersihkan karang gigi dua kali dalam setahun memiliki risiko 24 persen lebih rendah untuk terkena serangan jantung dan 13 persen lebih rendah terkena stroke, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah membersihkan karang gigi.

Akan tetapi dalam penelitian ini tidak diperhitungkan faktor risiko penyakit jantung dan stroke lainnya seperti berat badan, kebiasaan merokok, dan ras.

Sementara itu studi yang dilakukan di Swedia menemukan perbedaan jenis penyakit gusi bisa dipakai untuk memprediksi risiko penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti menemukan sedikitnya jumlah gigi dan tingginya tingkat infeksi gigi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu makin sering mengalami gusi berdarah akibat penyakit gusi akan menyebabkan risiko stroke menjadi tinggi.
Sumber : Kompas.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!