Senin, 21 November 2011

Jangan Berolahraga Saat Anda Sakit


img
Olahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi saat tubuh sakit apakah Anda tetap harus berolahraga? Ada beberapa pedoman yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan berolahraga saat sakit.

Terlepas dari seberapa sering berolahraga, mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya apakah boleh melakukan olahraga saat tubuh sedang sakit. Hal tersebut sebenarnya tergantung pada jenis penyakit dan kondisi tubuh masing-masing orang.

Namun ada beberapa pedoman umum yang perlu diingat sebelum memutuskan olahraga saat sedang sakit, seperti dilansir about.com :

1. Demam
Jika Anda sedang demam maka sebaiknya tetap berada di rumah dan beristirahat. Tidak hanya tubuh sedang melawan infeksi, tetap berada di rumah dan beristirahat dapat menghindarkan penularan penyakit pada orang lain. Biasanya tak sulit untuk meninggalkan olahraga saat sedang demam karena kebanyakan orang lebih sering mengantuk.

2. Batuk
Saat batuk orang akan sedikit lebih rumit untuk memutuskan apakah harus berolahraga atau tidak. Jika Anda hanya batuk kering sesekali, maka tak ada masalah untuk melanjutkan latihan rutin Anda. Namun, jika batuk lebih sering dan mengganggu kemampuan untuk bernapas dengan benar ketika detak jantung sudah habis, Anda harus mempertimbangkan beristirahat sampai batuk membaik.

3. Penyakit Jantung
Olahraga tidak bisa membunuh kecuali pada orang dengan penyakit jantung. Bila kondisi Anda tidak fit maka jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Pada orang dengan riwayat jantung olahraga olahraga yang dipaksakan (tidak sesuai kemampuan tubuh) dapat menyebabkan pecahnya lapisan lemak di pembuluh darah yang memicu sumbatan total dan menyebabkan kematian mendadak.

4. Penyakit yang Membuat Tubuh Lemah
Tingkat energi adalah salah satu indikator terbaik apakah Anda harus berolahraga atau tidak. Jika Anda merasa lelah maka biarkan tubuh Anda beristirahat dan pulih sebelum melanjutkan berolahraga rutin. Namun jika Anda hanya pilek biasa dan masih cukup bertenaga, maka tak ada salahnya untuk tetap berolahra 



Sumber : Detikhealth.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!