Sabtu, 12 November 2011

Penyebab Wanita Mengidam Makanan Tertentu Saat Hamil


Mengidam makanan tertentu bukan hanya dominasi wanita yang sedang hamil. Hampir semua orang pernah merasakan hasrat untuk menyantap makanan pada satu waktu. Saat keinginan makan makanan tertentu hadir, Anda kerap bertanya apa sebabnya?

Seperti dilansir dari SELF Magazine, terdapat pemicu eksternal yang membuat kita ketagihan camilan asin atau manis. Ketika Anda melihat iklan dengan gambar makanan mengugah selera atau mencium aroma makanan lezat saat melewati restoran atau bahkan mendengar suara orang memasak. Membayangkan kelezatan makanan maupun mencium aromanya bisa memunculkan keinginan benar-benar menikmatinya.

Tapi ada kalanya, seseorang ngidam makanan tertentu tanpa dipicu oleh faktor eksternal. Bila demikian, besar kemungkinan hal tersebut dipicu oleh faktor-faktor yang terkait emosi.

1. Stres
Jika Anda cenderung mengkonsumsi makanan tertentu setiap kali stres, berarti kemungkinan Anda melatih diri dalam waktu lama dengan makan ketika sedang stres. Sebuah studi menunjukkan bahwa hasrat tersebut dapat terjadi bahkan dalam rentang waktu 24 jam setelah sistem respons stres diaktifkan.

2. Trauma
Keinginan makan makanan tertentu dapat dipicu oleh faktor traumatis. Ketika Anda masih anak-anak, apakah orang tua Anda memberikan makanan tertentu saat Anda sakit, marah, dan sedih? Jika demikian, makanan adalah cara mencari kenyamanan, bahkan setelah Anda beranjak dewasa.

Tak hanya itu, faktor internal rasa nyaman atau rasa bersalah akibat gagal berdiet pun dapat menyebabkan ngidam pada makanan tertentu.

3. Faktor Biologis
Jika keinginan tersebut muncul bukan karena faktor eksternal dan emosi, berarti ngidam yang Anda rasakan dipicu oleh faktor biologis.

Apakah Anda selalu ingin ngemil 4 jam setelah makan besar? Jika demikian, Anda mungkin mengalami keinginan untuk mengonsumsi makanan yang manis atau mengandung tepung karena kadar gula dalam darah menurun.

Mengalami imnosia pun dapat menyebabkan Anda ngidam makanan tertentu untuk menemani malam Anda. Lazimnya, Anda akan mengharapkan sesuatu yang manis dalam mulut.

Namun, hati-hati jika Anda selalu mengidam-idamkan es krim karena kemungkinan besar hal tersebut tanda dari pica, sebuah fenomena yang terjadi ketika orang mengalami anemia kekurangan zat besi. Jika Anda selalu mengalami ngidam cokelat, tubuh Anda mungkin sangat membutuhkan magnesium.

Setelah mengetahui jenis ngidam yang Anda alami, Anda akan dengan mudah mengatasinya sehingga tidak menjadi faktor pemicu kelebihan berat badan.


Sumber : Vivanews.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!