Senin, 21 November 2011

Situasi yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak

Beberapa kondisi di lingkungan bisa merangsang otak menjadi lebih baik atau justru lebih buruk. Untuk itu ketahui hal-hal apa saja dari lingkungan yang bisa meningkatkan kekuatan otak.  Pemandangan, suara, tekstur, aroma, rasa dan sensasi lain yang dialami setiap hari bisa menjadi makanan bagi pikiran dan jiwa. Menciptakan lingkungan yang indah dan positif juga bisa meningkatkan kekuatan otak.

Profesor Mark R Rosenzweig dari University of California, Berkeley mengungkapkan ada langkah-langkah positif yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bisa meningkatkan otak, seperti dikutip dari Askmen  yaitu :

1. Menyelaraskan Hari dengan Suara dan Cahaya
Kebisingan memiliki efek yang merugikan bagi pikiran dan tubuh. Untuk itu hilangkan polusi udara dan buatlah suara yang indah sebagai bagian dari inspirasi musik yang bisa didengarkan setiap hari.

Sedangkan cahaya memiliki efek mendalam pada tubuh dan pikiran. Sinar matahari alami bisa menjadi sumber cahaya yang sehat karena berisi panjang gelombang yang dapat mempengaruhi hormon, metabolisme serta jam biologis tubuh dan nantinya berdampak baik bagi otak.

2. Berhubungan dengan Alam
Ahli saraf John Jonides, PhD dalam studi yang diterbitkan pada jurnal Psychological Science tahun 2008 menemukan berjalan di alam bisa meningkatkan hasil tes memori dan perhatian sebesar 20 persen.

3. Memberikan Pikiran Udara yang Segar
Seiring dengan suara yang harmonis dan cahaya alami, maka udara segar bisa menjadi elemen penting bagi kesehatan tubuh dan pikiran termasuk otak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah pergi ke tempat yang memiliki udara bersih dan segar atau meletakkan tanaman hias yang berfungsi sebagai penyegar udara yang indah.

4. Memupuk Hubungan yang Sehat
Memupuk hubungan yang sehat adalah salah satu elemen penting dari meningkatkan pikiran. Banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya interaksi sosial yang dinamis dalam mendukung pikiran.

Interaksi sosial yang positif bisa membantu menghindari penurunan kemampuan kognitif dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kadar str.
 
 
 
Sumber : Detikhealth.com
 
 
 
 

1 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!