Selasa, 08 November 2011

Tahukah Anda? Cahaya Bisa Memerangi Kanker

Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan cahaya adalah alat yang "menjanjikan" untuk memerangi kanker. Hasil penelitian di Amerika menunjukkan bagaimana obat bisa dibuat yang menempel pada tumor tetapi baru diaktifkan ketika dihantam oleh gelombang cahaya khusus.

"Ini berarti pengobatan bisa lebih dipusatkan pada sasaran dan tidak merusak jaringan," lapor wartawan "BBC" bidang kesehatan, James Gallagher.

Dalam penelitian, para ilmuwan dari National Cancer Institute, Maryland, menggunakan antibodi yang menyerang protein di permukaan sel kanker. Mereka kemudian menggabungkan zat kimia, IR700 ke dalam antibodi. IR700 menjadi aktif ketika disinari cahaya mendekati inframerah.

Gelombang cahaya ini bisa meresap ke dalam kulit sedalam beberapa sentimeter. Untuk menguji kombinasi antibodi dan zat kimia, para peneliti menanam tumor, squamous cell carinoma, ke punggung tikus-tikus. Tikus-tikus kemudian diberi obat dan ditempatkan di dekat cahaya inframerah.

"Volume tumor berkurang drastis...dibandingkan tikus-tikus yang tidak diberi obat dan daya tahan hidup jauh lebih tinggi. Pembunuhan selektif ini mengurangi risiko kerusakan pada sel-sel normal," demikian hasil penelitian.

Para ilmuwan mengatakan kombinasi ini "merupakan agen terapi dan diagnosa yang menjanjikan bagi pengobatan kanker".

Dr Laura McCallum dari Cancer Research UK mengatakan penelitian ini menjanjikan. "Penggunaan antibodi atau terapi photodynamic untuk secara khusus ditargetkan pada sel-sel kanker telah menunjukkan keberhasilan dalam pengobatan beberapa jenis kanker, jadi kombinasi keduanya tentu saja merupakan rencana yang menggembirakan," katanya.

Namun dia mengingatkan penelitian ini dilakukan pada tikus jadi masih terlalu dini untuk mengetahui apakah metode tersebut berlaku bagi manusia.
 
 



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!