Selasa, 29 November 2011

Thunderclap Headaches (Sakit Kepala Seperti Petir)

1. Deskripsi
Seperti namanya, Thunderclap Headaches merupakan jenis sakit kepala yang terjadi seperti kilatan petir, tiba-tiba dan parah. Sakit kepala ini dapat mencapai klimaks dalam satu menit dan memerlukan waktu beberapa jam hingga lebih dari seminggu untuk mereda.

Sangat penting untuk mencari bantuan medis darurat dalam kasus ini. Sakit kepala ini merupakan tipe yang jarang dari sakit kepala. Biasanya merupakan tanda dari suatu kondisi yang dapat berpotensi fatal seperti pendarahan dalam atau di sekitar otak.

2. Penyebab
Beberapa Thunderclap Headaches muncul dengan ada alasan fisik yang jelas. Dalam kasus lain, sakit kepala ini dapat merupakan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa, antara lain:

1. Perdarahan antara selaput otak dan sekitarnya
2. Sebuah benjolan di pembuluh darah otak yang mungkin pecah
3. Air mata pada lapisan arteri yang memasok darah ke otak
4. Kebocoran cairan serebrospinal akibat robekan pada membran yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang
5. Penyumbatan cairan cerebrospinal oleh kista
6. Perdarahan kelenjar pituitari atau kematian jaringan
7. Infeksi, seperti meningitis atau ensefalitis

3. Gejala
Thunderclap Headaches ditandai dengan rasa sakit tiba-tiba yang sangat parah. Biasanya beberapa pasien menggambarkan sebagai sakit kepala terburuk yang pernah dialami. Sakit kepala tersebut mencapai klimaksnya dalam 1 menit dan kadang-kadang memerlukan waktu hingga 10 hari untuk dapat mereda.

4. Pengobatan
Tidak ada pengobatan untuk Thunderclap Headaches karena merupakan akibat awal dari suatu kondisi lain yang menjadi penyebab. Dengan demikian, jika penyebab teridentifikasi, pengobatan harus menargetkan penyebabnya.

Jika tidak, dokter cenderung meresepkan obat pencegahan dengan dosis harian. Dalam kasus apapun, sakit kepala cenderung berhenti dalam beberapa hari sampai beberapa minggu.


Sumber : Detikhealth.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!