Selasa, 22 November 2011

TV Lebih Bahaya Bagi Jantung Dibanding Komputer

Santai-santai di depan televisi (TV) dan komputer membuat orang jarang beraktivitas, sehingga jantungnya lebih sering bermasalah. Namun jika keduanya dibandingkan, nonton TV dinilai lebih membahayakan jantung dibanding main komputer.

Dalam sebuah penelitian di School of Kinesiology and Health Studies, para ilmuwan mengungkap bahwa energi yang dibutuhkan saat nonton TV sangat rendah. Meski sama-sama duduk, energi yang dibutuhkan saat nonton TV lebih kecil dibanding saat main komputer.

Selain itu, kebiasaan saat menonton TV cenderung lebih tidak sehat dibanding saat main komputer. Jika di depan komputer kedua tangan sibuk memainkan mouse dan keyboard, di depan TV hanya butuh satu tangan untuk memegang remote control sedangkan tangan satunya bebas.

Tangan yang bebas inilah yang kadang-kadang memicu kebiasaan yang tidak sehat, yakni mengemil makan-makanan manis atau asin. Makanan manis bisa menyebabkan penumpukan kalori sehingga memicu diabetes, sedangkan makanan asin bisa menyebabkan darah tinggi.

"Pesan yang bisa dipetik dari penelitian ini adalah, batasi waktu yang dihabiskan anak-anak di depan TV," ungkap Valerie Carson, salah seorang ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut seperti dikutip dari Medicalnewstoday.

Perilaku malas-malasan atau sedentary behaviour seperti nonton TV dan main komputer seharian penuh memang menjadi ancaman bagi kesehatan jantung. Kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan kegemukan, lalu memicu komplikasi pada jantung maupun sistem metabolisme.

Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah saat ini menjadi salah satu penyebab kematian paling besar di seluruh dunia. Jumlah kasusnya makin meningkat, terutama di negara-negara berkembang yang sedang mengalami perubahan gaya hidup dan pola makan secara dramatis. 







0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!