Senin, 23 Mei 2011

Penyebab Gagap Ditemukan

http://devieriana.files.wordpress.com/2009/04/ngobrol3.jpg
Penyebab seseorang berbicara "gagap" ditemukan oleh para peneliti, disebabkan oleh kelainan genetik. Mereka berharap, penemuan ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan obat untuk menyembuhkan para penderitanya.

Dr. Dennis Grayson dari U.S National Institutes of Health menjelaskan, terdapat tiga mutasi gen minor yang mempengaruhi cara kerja otak dalam memproses ucapan seseorang. Menurut dia, kondisi ini lebih sering ditemukan pada orang-orang yang memiliki masalah gagap.

Grayson menambahkan, mutasi yang lebih parah terhadap gen yang sama, bisa menyebabkan kondisi kelainan metabilisme mucolipidosis yang langka dan mematikan.

"Menurut perkiraan kasar, separuh kasus gagap karena sesuatu yang diturunkan dari keluarga," jelas Grayson dalam pertemuan American Association for the Advancement of Science di Washington, seperti dikutip Daily Mail.

Grayson dan timnya telah memodifikasi seekor tikus dengan mutasi gen yang sama sebagai contoh untuk percobaan. Menurut Grayson, kendati gagap bisa diatasi dengan menjalani terapi. Namun, hingga saat ini, belum ada obat yang bisa sepenuhnya menyembuhkan kondisi itu.


Sumber : Okezone.com



Penyembuhan Varises Dengan Cepat dan Tanpa Resiko

Pegal-pegal, panas dan nyeri adalah keluhan umum yang dirasakan penderita varises. Selain mengganggu penampilan, punya varises juga sering membuat aktivitas terhambat karena berdiri lama saja rasanya kaki sudah nyeri dan panas. Varises adalah urat pada dinding yang lemah sehingga menyebabkan tonjolan di atas permukaan kulit. Tonjolan ini bisa muncul karena kebocoran katup dalam pembuluh saphenous di kaki yang mencegah aliran darah menuju jantung. Varises menyebabkan sakit, gatal dan terkadang terjadi komplikasi lain seperti eksim atau bisul.

Varises sering menjadi momok terutama bagi kaum wanita
Varises sering menjadi momok terutama bagi kaum wanita


Orang yang berisiko tinggi terkena varises adalah ibu hamil, juru masak, perawat, pelayan, penata rambut dan pekerjaan lain yang mengharuskan duduk atau berdiri lama, seperti yang dikutip dari detikhealth. Diperkirakan sekitar 20 persen sampai 30 persen masyarakat memiliki varises dan sekitar 25 juta wanita Amerika menderita varises.

Bisakah varises disembuhkan?  Deborah Heine adalah salah satu dari penderita varises. Ibu tiga anak ini selalu mengeluhkan rasa sakit di kakinya setiap bangun pagi. Tapi keadaan itu berubah ketika ia menjalani prosedur singkat di Cedars-Sinai Medical Center dengan menggunakan metode baru next-generation radiofrequency catheter untuk mengobati varisesnya.

“Bantuan dalam semalam,” kata Heine ketika mendeskripsikan pengalamannya. Ketika bangun di pagi hari, Heine merasakan kakinya 10 pound lebih ringan. Dan ia bisa melakukan semua rutinitasnya tanpa mengalami rasa sakit. Phillip Levin, MD, dokter di Cedars- Sinai adalah salah satu ahli bedah vaskular pertama di California Selatan yang menggunakan metode baru next-generation radio frequency catheter yang disebut VNUS ClosureFASTTM ablation catheter untuk pengobatan varises.

“Waktu operasi dengan menggunakan new catheter setengah lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan catheter generasi sebelumnya,” kata Dr Levin, yang dianggap sebagai seorang ahli prosedur VNUS, setelah mengobati sekitar 300 pasien sejak tahun 2003 dengan ClosureFASTTM catheter, seperti dilansir Medicalnewstoday. Dengan menggunakan catheter lama waktu operasi memakan waktu 45 menit hingga 1 jam. Prosedur yang sama sekarang hanya memerlukan waktu 15 sampai 20 menit, dengan 98 persen tingkat keberhasilan yang sama.

Catheter baru ini memungkinkan ahli bedah untuk mengobati pembuluh darah tanpa harus menarik atau mengubah posisi diantara segmen-segmen tersebut yang biasanya membuat prosedur kerja kurang intensif. Pasien biasanya keluar dari rumah sakit pada hari yang sama.

Selama prosedur, Dr Levin memasukkan catheter kecil ke dalam pembuluh saphenous menggunakan jarum suntik dengan pemantauan USG. Catheter mengirimkan panas radiofrequency ke dinding pembuluh yang menyebabkannya menyusut dan menutup. Setelah pembuluh menyusut, darah diteruskan ke pembuluh-pembuluh sehat lainnya. Biasanya tidak memerlukan jahitan.

Setelah prosedur selesai, Dr Levin membungkus kaki pasien dengan perban tebal ace-type selama 2-3 hari. Segera setelah pasien sembuh dari infus obat penenang, perban dibuka dan izinkan pulang. Beberapa orang akan kembali bekerja pada hari yang sama. Satu-satunya batasan yang diberikan adalah menghindari berlari atau melompat selama sekitar 10 hari.

Pengobatan varises yang dulu lebih ribet yang membutuhkan anestesi umum, rawat inap dan pemulihan yang lama. Belum lagi disertai pembangkakan dan memar yang signifikan dan menimbulkan rasa sakit. Pengobatan dengan menggunakan VNUS ClosureFASTTM catheter ini meminimalisir rasa sakit dan memar. 




Sumberhttp://www.wolipop.com



Pasca Bersalin, Wasir Bisa Mengecil



WASIR atau ambeien merupakan salah satu kondisi yang kerap terjadi pada masa kehamilan. Penyebabnya, janin memberi tekanan terhadap pembuluh darah balik panggul dan vena cava inferior. Yakni, pembuluh balik besar di sebelah kanan tubuh yang menerima aliran darah dari tubuh bagian bawah. 

Keadaan tersebut dapat memperlambat aliran darah dari tubuh bagian bawah untuk kembali ke jantung. Tekanan pada pembuluh darah balik di bawah rahim meningkat. Akibatnya, pembuluh darah balik itu melebar atau membengkak. ''Kehamilan sudah bisa mencetuskan wasir. Bagi ibu yang memang menderita wasir, kehamilan dapat menambah parah penyakit tersebut,'' jelas dr Iwan Kristian SpBD.
Penyebab lainnya, konstipasi atau buang air besar (BAB) yang keras, sulit, dan jarang. Hal itu juga bisa disebabkan kebiasaan mengejan dan tidak puas. Spesialis bedah digestif dari RS Husada Utama Surabaya tersebut mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat memicu sembelit ketika hamil. Misalnya, diet rendah serat. Kondisi itu mengakibatkan feses atau tinja mengeras.
Kondisi tersebut ditunjang minimnya aktivitas fisik, stres, serta kurang minum. Selain itu, peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen yang berdampak pada menurunnya motilitas (gerak) usus. ''Saya juga tak menyarankan BAB dalam kondisi tergesa-gesa. Santai saja,'' ujarnya.
Meski santai, jangan berlama-lama berada di kloset. Tindakan tersebut, menurut Iwan, juga tak disarankan. Apalagi, BAB disambi membaca koran atau aktivitas lainnya. Tindakan tersebut akan mengalihkan konsentrasi yang semula untuk BAB jadi fokus pada topik yang dibaca. Itu membuat tinja batal keluar. ''Kalau mau BAB, ya konsentrasi untuk BAB saja. Jangan disambi lainnya,'' terangnya.
Ibu hamil yang mengalami wasir tak perlu khawatir. Ada obat yang bisa mengurangi keluhan wasir, tapi tak membahayakan janin. ''Ibu bisa berkonsultasi ke dokter kandungannya,'' kata Iwan. Jika wasir membesar, apakah lantas harus menjalani persalinan melalui operasi caesar? Menurut dia, persalinan normal sah-sah saja. Setelah persalinan, dilihat kondisi wasirnya. Biasanya, wasir akan mengecil dan masuk kembali secara bertahap. ''Namun, jika pasien tidak kuat karena nyeri hebat, pasien bisa menjalani operasi untuk wasirnya,'' ungkapnya.
Ada dua indikasi bahwa pasien menjalani operasi untuk penanganan wasir. Indikasi pertama, wasir kolaps besar dan terasa nyeri. Indikasi kedua, ambeien mengeras sehingga terjadi nyeri hebat. ''Jika tidak ada indikasi tersebut, lebih baik ditanganani dengan obat-obatan saja,'' tegasnya.


Komsumsi Gula Berlebih Picu Penyakit Jantung

Gula Bisa Picu Penyakit Jantung
Pernah mencoba minum kopi atau teh tanpa gula? Mungkin terasa kurang enak untuk pertama kali. Cobalah untuk memulainya. Karena menurut riset, konsumsi gula berlebih tidak hanya beresiko pada penyakit jantung, tapi juga bisa memicu banyak penyakit lain!

Menikmati rasa manis memang menyenangkan, namun juga harus lebih berhati – hati. Sebab gula bukanlah gula pasir atau gula putih saja, semua produk makanan dan camilan ringan selalu ditambahkan gula. Bisa berupa madu, molases, necktar, fructose, glucose, sirop jagung dan semua bentuk olahan gula lainnya.

Seperti yang dikulas sheknows, banyak makan makanan dengan kadar gula tinggi bisa memicu terjadinya masalah kesehatan, antara lain :

1. Bahaya Untuk Jantung
Menurut The Emory School of Medicine Atlanta, makan gula berlebih bisa memicu tingkat HDL - kolesterol baik lebih rendah dan tingkat trigliserida - lemak jahat dalam darah lebih tinggi. Dua hal inilah yang memicu penyakit jantung koroner dan stroke serta peradangan.

2. Obesitas
Banyak makan makanan yang tinggi gula bisa memberikan tubuh banyak kalori yang menyebabkan penambahan berat badan serta memicu obesitas.

3. Diabetes Tipe 2
Banyak mengkonsumsi gula bisa menyebabkan obesitas yang juga dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe2. The American Diabetes Association menyarankan untuk mengganti gula dengan pemanis alami, sehingga bisa mengekang nafsu makan dan mengendalikan kadar gula dalam darah.

4. Mengurangi Energi Tubuh
Mengkonsumsi gula dalam kadar yang cukup memang bisa meningkatkan energi, namun jika kadar gula yang dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan penurunan energi secara tajam. Tubuh mudah lesu dan lapar. Pilihlah makanan dengan gula alami seperti buah segar dan yogurt.

5. Merusak Gigi
Menurut American Dental Association, makan dan minuman tinggi gula bisa menyebabkan kerusakan pada gigi (lubang pada gigi). Sebab, gula bisa memproduksi asam yang dapat mengikis email gigi.




Minggu, 22 Mei 2011

Wanita Lebih Sulit Tertawa Daripada Pria

Saat Anda berkumpul dengan teman-teman pria dan mereka melontarkan lelucon, apakah Anda orang yang terakhir tertawa? Jika hal tersebut terjadi, jangan marah atau kesal saat teman-teman pria mengatakan kalau Anda agak 'lama'. Karena memang begitulah kenyataannya.

Menurut penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari Stanford University, wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk mengerti lelucon yang diungkapkan pria. Bahkan saat pria sudah selesai tertawa, wanita malah tertawa lebih kencang.

Hal itu karena wanita lebih menggunakan otak daripada pria saat memproses informasi yang disampaikan melalui lelucon. Menurut penelitian, cenderung lebih sulit membuat wanita tertawa dibandingkan membuat pria tertawa.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan sepuluh pria dan sepuluh wanita. Mereka diperlihatkan gambar dan sketsa kartun warna hitam dan putih yang berbentuk lucu . Selama proses tersebut, otak mereka dipindai (scan) untuk pemetaan otak. Pemetaan tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa lama bagian otak menjadi aktif saat merespon lelucon.

Dari pemetaan diketahui otak wanita cenderung lebih aktif dibandingkan otak pria saat menanggapi lelucon. Bagian otak yang aktif termasuk pre-frontal korteks, yaitu yang berperan besar dalam kemampuan bahasa seseorang.

"Dari penelitian diketahui wanita cenderung lebih merespon lelucon yang naratif dan permainan kata dibandingkan lelucon yang kasar," kata profesor Allan Reiss dari Stanford University seperti VIVAnews kutip dari Daily Mail.

Hal ini juga menjelaskan perbedaan sikap pria dan wanita saat menanggapi sebuah lelucon. Menurut Reiss, saat wanita diperlihatkan gambar kartun yang semakin lucu, bagian otak yang disebut nucleus accumbens semakin aktif dan hal ini tidak terjadi pada pria.




Sumber : VIVAnews.com



Menjadi Seorang Ibu Ternyata Membuat Wanita Lebih Pintar


 Menjadi seorang ibu membuat wanita jauh lebih pintar, merasa jauh lebih baik, dan kelihatan berseri-seri

SEBAGIAN wanita boleh jadi memang merintih bahkan sampai meratap oleh pengorbanan yang harus mereka jalani untuk menjadi seorang ibu, namun sejumlah pakar membuktikan bahwa menjadi seorang ibu ternyata jauh lebih banyak untungnya dibandingkan yang diperkirakan orang. Salah satunya ialah, si ibu baru akan jauh lebih pintar.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa tikus betina ternyata jauh lebih baik di dalam belajar dan dalam melalui berbagai test memori dibandingkan tikus betina yang belum punya anak. Bukti pentingnya ialah bahwasanya tikus betina ternyata mempunyai sekelompok baru sel otak.

Menurut salah seorang ilmuwan di dalam penelitian tersebut, fenomena neuroplasticity – dimana otak mengorganisir diri dengan membentuk mata rantai syaraf baru – boleh jadi disebabkan kenyataan bahwa sang induk (ibu) selalu merasa perlu memastikan keselamatan hidup bayinya.

Induk tikus terpaksa menjadi jauh lebih baik dan pintar dalam mencari makanan dan membawanya pulang untuk anaknya. Dengan demikian, dalam hal ini sejumlah aspek pembelajaran ditingkatkan dengan sendirinya oleh sang induk. Kondisi menguntungkan pada diri si induk ini mestinya berlaku juga pada manusia, kata ilmuwan tadi.

Ilnmuwan lain lebih terperinci lagi dengan mengatakan betapa penelitian sudah membuktikan bahwa menjadi ibu dengan sendirinya memperbaiki persepsi, daya tahan, efisiensi, motivasi dan tingkat emosional pada diri wanita.

Disamping itu, sejumlah hormon yang meningkat selama hamil ternyata berhubungan dengan kesehatan mental yang jauh lebih baik. Oestrogen, yang cenderung meningkatkan keadaan jiwa, secara berangsur-angsur terus bertambah selama hamil dan mencapai puncaknya ketika melahirkan, kata ilmuwan itu.

Oestrogen adalah hormon perasaan baik dan bagus pada wanita, yang juga membuat wanita hamil menjadi penuh semangat. Keadaan ini berkaitan dengan kulit dan rambut mereka yang menjadi lebih berseri-seri dan bercahaya. Namun demikian, para ilmuwan dalam penelitian itu mengatakan bahwa sementara oestrogen memiliki pengaruh positif, namun juga membuat ruwet jaringan hormon dan bahan kimia otak.cUmpamanya, serotonin juga mengatur keadaan jiwa, dan serotonin level rendah bisa mengurangi pengaruh dari perasaan baik dan bagus oestrogen.

Menyusui jadi menguntungkan bagi seorang ibu, sebagian karena hormon oxytocin yang dikeluarkan melalui semburan. Menyusui punya pengaruh relax (santai) pada diri ibu, yang membantunya mengurangi ketegangan dan stress dan mempererat ikatan ibu dan anak, kata sejumlah dokter. Mereka menambahkan bahwa menyusui juga membantu ibu lebih cepat menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kanker payudara.

Berita bagusnya ialah, pengaruh-pengaruh positif ini tidak akan berakhir sejak seorang ibu berhenti menyusui. Wanita yang berhenti menyusui bisa punya oxutocin level tinggi manakala mereka menyentuh, memandang dan melewatkan waktu dengan bayi mereka, kata para dokter tadi.

Kelompok bahan kimia lain yang turut berperan adalah hormon stress. Ketika wanita hamil mengalami hormon level tinggi yang berhubungan dengan stress – yaitu cortisol dan adrenalin – dampaknya tidak selalu seburuk itu.

Stress hanya akan berakibat buruk bila terlampau berlebihan dan terjadi dalam jangka waktu lama. Sebaliknya, ketegangan ini bisa menjadi apa yang disebut eustress atau stress yang sehat, yang membuat orang punya perasaan terpenuhi (keinginannya) dan merangsang perkembangan psikologis seseorang, kata para dokter tersebut.

Yang merugikan ialah bila pengaruh hormon stress menjadi tidak terkendali. Sebagian wanita sangat rentan terhadap pengaruh hormon keadaan jiwa dan kegelisahan. Dalam sejumlah kasus, kegelisahan bisa sampai menjadi lebih buruk.

Akibatnya bisa berupa keadan jiwa ketika atau sekitar waktu melahirkan dan timbulnya gangguan kecemasan seperti depresi. Diperkirakan sekitar 10% wanita mengalami depresi ketika hamil. Untuk mengatasi stress yang berlebihan, dokter menasehatkan agar calon ibu merencanakan dengan baik kelahiran bayinya, cukup istirahat, berolahraga guna menenangkan diri dan hindarkan kebiasaan minum kopi dan merokok.

Mintalah dukungan dari keluarga dan teman-teman dan jangan ragu-ragu minta bantuan profesional jika calon ibu tetap saja berada dalam keadaan murung, kata para ilmuwan tersebut.



Prinsip Diet yang Wajib Dipatuhi Penderita Asam Urat

asam_urat
Pada posting sebelumnya, telah disinggung tentang beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat.
Nah, pada posting kali ini dipaparkan beberapa hal yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat bila melakukan diet.  

1. Membatasi asupan purin atau rendah purin
Pada diet normal, asupan purin biasanya mencapai 600-1.000 mg per hari. Namun, penderita asam urat harus membatasinya menjadi 120-150 mg per hari. Purin merupakan salah satu bagian dari protein. Membatasi asupan purin berarti juga mengurangi konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita asam urat sekitar 50-70 gram bahan mentah per hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari.

2. Asupan energi sesuai dengan kebutuhan.
Jumlah asupan energi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi badan dan berat badan. 

3. Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.
Jenis karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat adalah karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti, dan ubi. Karbohidrat kompleks ini sebaiknya dikonsumsi tidak kurang dari 100 gram per hari, yaitu sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total. Sedangkan karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup sebaiknya dihindari karena akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. 

4. Mengurangi konsumsi lemak.
Lemak bisa menghambat eksresi asam urat melalui urine. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, seafood, makanan yang digoreng, makanan bersantan, margarin, mentega, avokad, dan durian sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya hanya 10-15% dari kebutuhan energi total. 

5. Mengonsumsi banyak cairan.
Penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengonsumsi cairan minimum 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Cairan ini bisa diperoleh dari air putih, teh, kopi, cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pir, jeruk, semangkan, melon, blewah, dan belimbing. 

6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.
Alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Karena itu, orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya. 

7. Mengonsumsi cukup vitamin dan mineral.
Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik. 

8. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran.
Buah dan sayuran untuk mengobati gangguan asam urat, antara lain buah naga, nanas, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.



    Sumber : Erabaru.Net



    Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat


    Gangguan asam urat (gout) terjadi bila kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal (diatas 7 mg%). Gejala penaykit ini ditandai dengan pembengkakan pada sendi-sendi lutut dan jari-jari yang disertai rasa nyeri. Hal ini terjadi karena bertumpuknya kristal-kristal asam urat dari hasil metabolisme bahan pangan yang mengandung purin.

    Organ yang mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh dan membuang sisa asam urat melalui air seni adalah ginjal. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan. Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersedian yang amat sangat, jika sudah sangat parah, penderita bisa tidak bisa jalan.

    Pengaturan pola makan sangat diperlukan dalam mencegah asam urat, karena kadar asam urat sangat berhubungan erat dengan makanan yang dikonsumsi.

    Ada baiknya anda perhatikan daftar makanan yang seharusnya dihindari dibawah ini :

    Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti:
    • Minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, sake, tape, dan tuak.
    • Udang, remis, tiram, kepiting, kerang
    • Berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi
    • Berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus
    • Buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.


    Sumber : http://infoshouse.blogspot.com



    Wanita Dengan Golongan Darah O Sulit Hamil

    Peringatan buat para wanita bergolongan darah O jangan menunda untuk memiliki anak jika sudah cukup umur. Karena perempuan darah O paling sedikit memiliki sel telur yang jika terlambat punya anak akan sulit hamil. Ilmuwan menemukan perempuan dengan golongan darah O berada pada risiko lebih tinggi mengalami kehabisan sel telur yang sehat, sehingga nantinya ia mengalami kesulitan untuk hamil seiring bertambahnya usia.

    Terobosan penemuan ini bisa menjadi petunjuk bagi perempuan untuk mengambil keputusan apakah akan terus mengejar karir atau kehilangan kesempatan untuk memiliki anak.

    Pada dasarnya cadangan ovarium (sel telur) seorang perempuan berangsur-angsur akan berkurang seiring bertambahnya usia. Bayi perempuan yang baru lahir bisa memiliki sel telur hingga 2 juta, tapi saat ia mencapai pubertas sel telurnya akan berkurang menjadi 400.000.

    Peneliti Amerika menemukan bahwa orang-orang dengan golongan darah O dua kali lebih mungkin memiliki cadangan ovarium yang rendah atau memiliki jumlah sel telur yang sedikit dibandingkan dengan golongan darah lain.

    Peneliti dari Yale University dan Albert Einstein College of Medicine, New York melibatkan 563 perempuan berusia di bawah 45 tahun yang sedang menjalani perawatan kesuburan. Dalam studi ini peneliti membandingkan kadar Follicle Stimulating Hormone (FSH), yaitu zat kimia dalam darah yang jika kadarnya tinggi menunjukan orang tersebut memiliki cadangan sel telur yang sedikit.

    Jika kadar FSH lebih dari 10 akan membuat seseorang sulit untuk hamil, dan jika kadar FSH nya lebih tinggi dari 20 maka dianggap tidak subur (infertil). Berdasarkan hasil penelitian yang dipresentasikan dalam American Society for Reproductive Medicine di Denver, Colorado, perempuan dengan tipe golongan darah O dua kali lebih mungkin memiliki kadar FSH di atas 10.

    "Kami menemukan bahwa perempuan dengan golongan darah A dan AB memiliki gen golongan darah A yang dapat melindunginya dari kekurangan cadangan sel telur. Sedangkan perempuan dengan tipe darah O tidak memiliki antigen A atau B," ujar Dr Edward Nejat, dari Albert Einstein College of Medicine, seperti dikutip dari Dailymail.

    Mengetahui tipe golongan darah seseorang adalah suatu hal yang penting untuk proses hamil dan mengetahui risiko penyakit. Orang dengan golongan darah A atau AB lebih mungkin untuk menderita penyakit jantung dan stroke, sedangkan orang dengan tipe golongan darah O berisiko mengalami radang sendi dan juga infeksi perut tertentu seperti E.coli.


    Sumber : Detikhealth.com




    Sabtu, 21 Mei 2011

    Pasien Sadar Saat Jantungnya Dibedah

    Pasien ini tampak lunglai menatap sorotan kamera.  Ia tetap dalam keadaan sadar sementara para dokter tengah mengoperasi jantungnya.

    Ini adalah gambar pasien bernama Swaroup Anand saat menjalani operasi jantung.  Gambar ini menunjukkan betapa praktik bedah jantung terbuka  telah lumrah dilakukan dalam satu dekade terakhir.

    Anand (23) menjalani pembedahan di Wockhardt Hospital Bangalore, India.  Saat pisau bedah membelah dadanya, ia tetap dalam keadaan cukup sadar. Para dokter hanya membius tubuhnya dengan teknik epidural (lokal) dari leher ke bawah dan tidak membuatnya tertidur.


    Swaroup Anand menjalani operasi jantung

    Dokter yang memimpin operasi, Dr Vivek Jawali, mengatakan pihaknya sudah melakukan lebih dari 600 kali operasi seperti ini sejak 1999 silam.

    "Ada keuntungan besar untuk membuat operasi jantung menjadi tidak begitu invasif. Ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dibuat sayatan kecil lalu dibantu dengan teknologi modern dan robotik. Kedua, kami mencoba untuk mengganggu sekecil mungkin fungsi alami dari tubuh," ujarnya.

    Pasien biasanya hanya diberi sedatif (obat penenang) ringan ketimbang dibuat tak sadarkan diri. Metdoe ini hanya akan menurunkan rata-rata detak jantung tetapi artinya pasien masih dapat merespon perintah dokter.

    'Pasiennya mengantuk, oleh sebab itu mereka bisa bangun tapi juga bisa tertidur. Jika kami meminta pasien batuk atau bernafas lebih dalam untuk membersihkan udara dari jantung, mereka dapat meresponnya.  Ini membuat prosedur menjadi lebih mudah dilakukan," kata Dr Jawali.

    Saat pasien dalam kondisi terbangun, pada dokter juga memiliki gambaran yang lebih baik mengenai bagaimana tubuh bereaksi terhadap pembedahan melalui sistem pernafasan hingga fungsi otak.

    Dr Jawali menambahkan, para pasien biasanya mengaku tidak merasa takut selama menjalani pembedahan. "Kami memberi mereka headphone sehingga dapat mendengarkan musik favoritnya," ujarnya.

    Setelah prosedur operasi, kata Jawali, pasien biasanya mengalami amnesia selektif.  "Mereka dapat mengingat sebagian dari proses jalannya operasi tetapi tidak lengkap," tambahnya.

    Ia mengatakan, prosedur bedah bypass koroner dalam kondisi pasien sadar juga mengurangi perlendiran pada pasien dengan kondisi paru-paru buruk.  Selain itu, dapat pembuluh darah tetap lebar dan dan membuat organ menjadi lebih terjaga.

    Dr Jawali sendiri telah merilis sebuah  DVD yang menjelaskan prosedur  langkah demi langkah teknik operasi ini untuk para ahli bedah lainnya.
     
     
     

    Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Membuat Sperma Deras dan Lincah


    Manfaat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari membuat Sperma Deras dan 
Lincah, Hasil dari Penelitian
    Manfaat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari membuat Sperma Deras dan Lincah, Hasil dari Penelitian
    Selain bisa menghilangkan rasa ngantuk, ternyata meminum kopi di pagi hari juga mempunyai manfaat lain yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Dari hasil penelitian, kebiasaan minum kopi hitam di pagi hari dapat membuat sperma pria makin Deras dan lincah.

    Bagi pecandu kopi, secangkir kopi di pagi hari bisa mendongkrak gairah dan semangat untuk beraktivitas. Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh University of Sao Paulo, Brasil, menemukan bahwa minum kopi pahit di pagi hari juga bermanfaat untuk kesuburan pria.

    Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of the American pada konferensi Society for Reproductive Medicine di San Antonio, menyebutkan bahwa kopi hitam bisa membuat sperma berenang lebih cepat dan meningkatkan kesuburan pria.

    Kelompok peneliti studi dari University of Sao Paulo menyebutkan bahwa pria yang rutin minum secangkir kopi setiap pagi memiliki sperma yang dapat berenang lebih lincah dibanding pria yang tak pernah minum kopi di pagi hari, seperti dilansir iscco.org.

    Studi tersebut dilakukan pada 750 pria yang akan melakukan vasektomi (kontrasepsi bedah untuk pria) dan dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan jumlah kopi yang dikonsumsi.

    Empat kelompok tersebut adalah kelompok yang tidak minum kopi, peminum kopi ringan (antara 1-3 cangkir kopi per hari), peminum kopi (antara 4-6 cangkir perhari) dan peminum kopi berat (lebih dari 6 cangkir perhari), dengan ukuran skala cangkir 100 ml.

    Hasilnya, partisipan yang minum kopi secara teratur setiap hari (1-3 cangkir kopi perhari) memiliki kualitas sperma yang jauh lebih banyak ketimbang pria yang tidak minum kopi.

    Menurut peneliti, kandungan kafein dalam kopi dapat membantu sperma berenang lebih cepat dari sampel sperma, untuk membantu meningkatkan proses IVF (in-vitro fertilization), yaitu metode pembuahan di luar rahim. Tapi ingat, minum kopi sebaiknya dengan kadar gula sedikit, bukan seperti kebanyakan orang Indonesia yang biasa memberikan gula terlalu banyak.

    Minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan serangan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk ke dalam sirkulasi darah dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.



    Sumber : Iscco.org




    Cara Baru Membius, Pasien Dibekukan Sebelum Operasi

    Pasien dibekukan Sebelum Operasi adalah cara baru pengganti obat bius saat akan dioperasi. Di masa mendatang, pasien bedah tidak lagi membutuhkan obat bius. Dokter akan mengganti darahnya dengan cairan pendingin sampai suhu tubuhnya membeku, sehingga selama operasi terhindar dari kerusakan otak dan organ vital lainnya.

    Dikutip dari Telegraph, teknik pembekuan ini dikembangkan oleh Harvard Medical School di Massachusetts dan telah sukses diujikan pada hewan. Uji coba pada manusia untuk pertama kalinya akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini.

    Dalam prosedur ini, darah pasien diganti dengan cairan pendingin yang secara drastis akan menurunkan suhu tubuh pasien hingga 10 derajat celcius. Pada suhu ini, jaringan tulang, otak dan organ lain aman dari kerusakan meski aliran darah dihentikan sementara.

    Menariknya, ketika mencapai suhu tubuh serendah itu manusia biasanya sudah tidak bernyawa. Manusia bisa segera mati ketika suhu tubuhnya telah berada di bawah 22 derajat celcius, sementara suhu normal tubuh manusia adalah 37 derajat celcius.

    Dr Hasan Alam, ahli bedah yang memimpin riset tersebut mengatakan prosedur ini cocok dilakukan untuk kondisi darurat pada korban penembakan, penusukan atau kecelakaan lalu lintas. Dengan membekukan korban, dokter menjadi punya lebih banyak waktu untuk menangani lukanya.

    “Jika suhu inti tubuh dan otak diturunkan hingga 10 atau 15 derajat celcius, jaringan akan terlindung dari kerusakan hingga 60 atau bahkan 190 menit berikutnya,” ungkap Dr Alam.

    Meski tubuhnya dibekukan hingga mendekati level kematian, namun pasien dapat dengan mudah dikembalikan ke suhu normal sebelum operasi. Tingkat keberhasilan untuk menghidupkannya kembali dikatakan mencapai 90 persen.



    Sumber : http://infogres.com


    Jumat, 20 Mei 2011

    Digigit Ular, Atasi Dengan Adrenalin

     Pasien yang digigit ular berbisa biasanya diberikan antivenom, penawar racun ular, sayangnya obat ini sering menimbulkan reaksi alergi yang cukup parah. Untuk mengatasinya, para peneliti menyarankan pemberian adrenalin pada korban gigitan ular sebelum mereka diberi antivenom.

    Dalam penelitian terhadap 1.000 orang yang dibawa ke rumah sakit akibat digigit ular berbisa di Srilanka, diketahui mereka yang diberi adrenalin dosis rendah segera sebelum diberi antivenom, reaksi alerginya berkurang hingga 43 persen dalam satu jam dan turun 38 persen dalam 48 jam.

    Sementara itu pasien dalam kelompok kontrol yang diberikan promethazine, hydrocortisone atau plasebo, tidak menunjukkan manfaat yang sama.

    Para peneliti menegaskan pentingnya hasil penelitian ini, terutama di negara di mana kasus gigitan ular masih menjadi problem kesehatan dan sering terjadi alergi reaksi antivenom karena sebagian besar berakibat mematikan.

    "Saat ini belum ada tindakan dari pabrik pembuat antivenom atau regulasi dari WHO untuk meningkatkan kualitas antivenom. Sampai saat itu terjadi, kami bisa menunjukkan terapi awal dengan pemberian hormon adrenalin dosis rendah bisa efektif dan aman untuk mencegah reaksi akut pada antivenom," kata peneliti dari Universitas Kelaniya, Srilanka. 






    Wanita Berisiko Hamil Preeklampsia Jika Jarang Terpapar Sperma


    Preeklampsia menduduki peringkat kedua penyebab kematian ibu melahirkan di Indonesia. Dan salah satu faktor risiko terjadinya preeklampsia adalah jarang terpapar sperma.

    Preeklampsia atau toksemia adalah penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) pada kehamilan yang disertai adanya protein di urine setelah kehamilan 20 minggu (5 bulan). Preeklampsia yang disertai kejang disebut eklampsia.

    "Salah satu faktor risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil adalah jarangnya terpapar sperma," jelas Dr Med Damar Prasmusinto, SpOG (K), dari Divisi Fetometernal Departemen Obstetri Ginekologi FKUI/RSCM.

    Menurut Dr Damar, maksud dari jarang terpapar sperma disini adalah pasangan yang pada awal pernikahan memutuskan untuk kontrasepsi barrier (menggunakan kondom), pertama kali menjadi ayah dan sperma berasal dari orang lain (donor insemnasi).

    "Hal ini disebabkan karena faktor imunologi. Jadi ada ketidaksesuain antara gen ibu dan ayah, sehingga ketika si ibu hamil terjadi penolakan gen ayah. Inilah yang menjadi faktor risikonya," jelas Dr Damar lebih lanjut.

    Dr Damar menjelaskan, pada saat plasenta masih berada di rahim maka terjadi pembentukan pembuluh darah baru. Pada ibu hamil dengan tekanan darah normal, maka pembuluh darah akan lebar. Namun, ketika terjadi penolakan gen, maka pembuluh darah baru tersebut akan sempit dan tekanannya menjadi tinggi.

    Tekanan yang tinggi ini menyebabkan kerusakan endotel (dinding pembuluh darah), yang akhirnya tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi di plasenta, tetapi juga pada pembuluh darah di seluruh tubuh yang menyebabkan hipertensi.

    Selain jarang terpapar sperma, faktor risiko yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut:
    1. Kehamilan pertama
    2. Pernah terjadi preeklampsia pada kehamilan sebelumnya
    3. Kehamilan lebih dari 10 tahun dari kehamilan sebelumnya
    4. Usia saat hamil kurang dari 20 tahun atau lebih dari 40 tahun
    5. Terlahir dengan pertumbuhan janin terhambat
    6. Riwayat preeklampsia di keluarga (khususnya ibu atau saudara perempuan)
    7. Indeks massa tubuh diatas 35
    8. Sebelum hamil pernah mengalami hipertensi kronis, migrain, diabetes, penyakit.
    9. Ginjal, maupun rheumatoid arthritis.
    10. Kehamilan kembar
    11. Donasi sel telur
    12. Infeksi saluran kemih
    13. Kelainan janin

    Menurut Dr Damar, tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat berdampak bagi ibu dan anak, yaitu:

    - Pada Ibu
    1. Jangka pendek menyebabkan sindrom HELLP (adanya hemolisis, peningkatan enzim hepar, disfungsi hepar), edema pulmonium dan eklampsia.
    2. Jangka panjang menyebabkan penyakit kardiovaskular, gagal ginjal kronik dan Dibetes Mellitus tipe 2.

    - Pada Bayi
    1. Cerebral palsy
    2. Dibetes Mellitus tipe 2
    3. Penyakit kardiovaskular
    4. Obesitas
    5. PCO (Polycistic Ovarium)
    6. Teratozoospermia (bentuk sperma tidak normal)

    Selain faktor imunologi, kehamilan preeklampsia juga disebabkan karena faktor genetik (keturunan) dan pendarahan, sehingga besar kemungkinan kondisi ini menurun di dalam keluarga.

    Tapi untuk mencegahnya, ada beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan sebelum dan saat kehamilan, yaitu mengoptimalkan status nutrisi, antara lain:
    1. Multivitamin dan mineral, protein dan karbohidrat bervariasi
    2. Atasi infeksi seperti sakit gigi, infeksi saluran kemih dan keputihan.
    3. Upayakan berat badan ideal
    4. Olahraga teratur


    Sumber : Detikhealth.com




    Puasa Secara Teratur Sangat Baik Untuk Kesehatan Jantung


    Selama ini puasa dikaitkan dengan ritual agama tertentu atau sedang melakukan diet. Kini bukti baru menunjukkan puasa secara teratur juga baik untuk kesehatan jantung.

    Peneliti jantung dari Intermountain Medical Center Heart Institute melaporkan bahwa puasa tidak hanya menurunkan risiko seseorang dari penyakit arteri koroner dan diabetes, tapi juga menghasilkan perubahan yang signifikan pada kadar kolesterol.

    Selama ini penyakit diabetes dan memiliki kolesterol tinggi dikenal sebagai salah satu faktor risiko dari penyakit jantung koroner. Saat ini penyakit jantung koroner masih menjadi penyebab utama kematian.

    Dalam studi terbaru yang dilaporkan pada seminar ilmiah American College of Cardiology di New Orleans menemukan bahwa puasa teratur juga mengurangi faktor risiko lain untuk jantung seperti kadar trigliserida, berat badan dan kadar gula darah.

    "Penemuan baru ini menunjukkan bahwa studi yang ada sebelumnya bukanlah suatu peristiwa yang kebetulan," ujar Dr Benjamin D Horne, PhD, MPH, direktur kardiovaskular dan epidemiologi genetik di Intermountain Medical Center Heart Institute, seperti dikutip dari ScienceDaily, Jumat (20/5/2011).

    Dr Horne menuturkan studi baru ini mencatat reaksi dalam mekanisme biologis tubuh selama puasa. Puasa menyebabkan tubuh kelaparan dan stres, sebagai respons maka tubuh akan melepaskan lebih banyak kolesterol yang memungkinkannya menggunakan lemak sebagai sumber bahan bakar dan bukan glukosa.

    "Kondisi ini akan mengurangi jumlah sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini penting karena sel-sel lemak yang lebih sedikit di dalam tubuh, akan memperkecil kemungkinan mengalami resistensi insulin atau diabetes," ujar Dr Horne.

    Selain itu puasa juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta membuat hormon pertumbuhan manusia (human growth hormone/HGH) yang bekerja melindungi otot dan keseimbangan metabolik merespons lebih cepat yang dapat meningkatkan jumlahnya.

    Jika seseorang memiliki risiko kecil terkena diabetes dan memiliki kolesterol baik yang lebih banyak, maka kondisi ini akan mengurangi faktor risiko dari penyakit jantung koroner. Berdasarkan hasil studi ini Dr Horne percaya suatu saat ini puasa bisa diresepkan sebagai pengobatan untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung koroner.



    Sumber : Detikhealth.com




    Menyilangkan Tangan Efektif Atasi Nyeri


    img
    Jika Anda mengalami cedera pada tangan, cobalah untuk menyilangkan di depan tubuh (seperti membentuk huruf X). Berdasarkan penelitian cara ini ampuh untuk mengurangi rasa sakit karena cedera.

    Penelitian yang dilakukan tim dari University College London (UCL) menyarankan bahwa menyilangkan tangan dapat mengurangi rasa nyeri akibat cedera.

    Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Pain juga menunjukkan bahwa menyilangkan tangan dapat membuat otak menjadi bingung dengan rasa sakit yang terjadi, sehingga akhirnya dapat membantu mengurangi rasa sakit.

    Menurut peneliti hal ini terjadi karena meletakkan tangan pada sisi tubuh yang 'salah' dapat mengganggu persepsi sensorik.

    "Dalam kehidupan sehari-hari Anda kebanyakan menggunakan tangan kiri untuk menyentuh hal-hal di sisi kiri dunia dan tangan kanan untuk sisi kanan," jelas Dr Giandomenico Iannetti, dari departemen fisiologi, farmakologi dan ilmu saraf UCL, yang memimpin penelitian, seperti dilansir BBCNews.

    Ini berarti, lanjut Dr Iannetti, area otak yang berisi peta tubuh kanan dan peta ruang eksternal kanan biasanya diaktifkan bersama-sama, sehingga sangat efektif untuk pengolahan stimuli sensorik.

    "Ketika Anda menyilangkan lengan, peta ini tidak akan diaktifkan bersama-sama lagi, sehingga proses stimuli sensorik otak menjadi kurang efektif, termasuk rasa sakit yang menjadi lemah," ujar Dr Iannetti.

    Menurut Dr Iannetti penemuan ini berpotensi menyebabkan cara-cara baru untuk mengobati rasa sakit, yaitu dengan mengekploitasi kebingungan otak.

    "Saat kita terluka, kita tidak hanya mengusap tangan agar terasa lebih baik, tetapi juga dengan menyilangkannya," jelas Dr Iannetti.

    Tim Dr Iannetti bersama peneliti Australia, kini menguji teori tersebut pada pasien yang memiliki kondisi sakit kronis.

    Juru bicara Pain Relief Foundation mengatakan banyak penelitian untuk menghilangkan rasa sakit kronis sedang dilakukan, antara dengan cara membingungkan otak dan mengganggu pesan rasa sakit.



    Sumber : Detikhealth.com



    Patah Tulang, Tak Perlu Disambung!

    Memakai jasa pengobatan pijat urut atau bengkel tulang tradisional kerap menjadi pilihan sebagian masyarakat untuk memperbaiki kasus patah tulang (fraktur) atau penyambungan tulang.  Namun dari kaca mata medis, amankah menggunakan jasa pengobatan tradisional ini untuk memperbaiki  tulang? Menurut keterangan ahli tulang dari Halimun Medical Centre, Dr. H Briliantono M Soenarwo SpOT, FICS, MD, PhD, MBA, memilih metode tradisional seperti bengkel tulang secara medis sebenarnya masih terbilang aman, selama kasus yang ditangani masih bersifat ringan atasu sederhana.

    "Tergantung dari seberapa parah cedera tulang tersebut. Ini juga berhubungan pula dengan tingkat risikonya. Jika masih terbilang ringan, tentunya tindakan dan penanganannya juga ringan dan tidak terlalu berisiko.  Tetapi jika kasusnya sudah berat, mereka biasanya akan merekomendasikan pasien untuk dibawa ke rumah sakit," ungkap Dr Briliantono.


    Ia menambahkan, prinsip dan tujuan pengobatan patah tulang tulang sebenarnya sederhana yakni untuk menempatkan ujung-ujung dari patah tulang supaya satu sama lain saling berdekatan dan menjaga agar mereka tetap menempel sebagaimana mestinya.


    "Kehadiran tempau urut atau bengkel tulang tradisional yang memiliki izin justru sebenarnya sangat membantu. Mereka juga perlu terus dibina dengan cara kegiatan pelatihan mengenai kesehatan tulang" ungkapnya.


    Briliantono menjelaskan pula bahwa tulang sebenarnya tidak perlu disambung dengan metode tertentu.  "Kalau patah, tulang tidak perlu disambung karena akan menyambung dengan sendirinya," imbuhnya.


    Namun begitu, lanjutnya, penyembuhan akan sangat  tergantung pada faktor usia. Proses penyembuhan memerlukan waktu minimal 4 minggu, tetapi pada usia lanjut biasanya memerlukan waktu yang lebih lama.Setelah sembuh, tulang pun biasanya kuat dan kembali berfungsi. 


    "Semakin tua, semakin lama sembuhnya karena dipengaruhi oleh kemampuan
    remodeling tulang atau penyerapan dan pembentukan kembali sel-sel tulang baru," tandasnya.



    Sumber : Kompas.com



    Ragam Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

     بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

    Daun Sirih (Piper betle L atau Chavica Aurculata Miq) 

    Daun sirih sangat populer di masyarakat kita. Kerap kali, tumbuhan merambat ini dijumpai di halaman rumah. Sirih (Piper betle L atau Chavica aurculata Miq) memang mudah ditanam. Cukup dengan menggunakan stek dan diberi cukup air, tanaman ini bisa tumbuh baik di tempat panas maupun di tempat yang terlindung.

    Ada beberapa jenis sirih yang dikenal di masyarakat. Misalnya, sirih jawa (daun lebih lembut, kurang tajam, hijau rumput), sirih belanda (daun besar, hijau tuam rasa dan bau tajam dan pedas), sirih cengkeh (kecil, daun kuning, rasa seperti cengkeh), sirih kuning, dan sirih hitam.

    Sirih sangat kaya dengan kandungan zat berkhasiat. Di antaranya, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati.

    Efek zat aktif yang dikandung seluruh bagian tanaman sirih adalah merangsang syaraf pusat, merangsang daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, merangsang kejang, meredakan sifat mendengkur. Daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi prematur, mematikan jamur Candida albicans, anti kejang, analgesik, anestetik, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak, mengurangi sekresi cairan pada liang vagina, penekan kekebalan tubuh, pelindung hati, dan antidiare.

    Tanaman sirih juga diketahui bisa mengatasi batuk, bronchitis, menghilangkan bau badan, mengobati luka bakar, mimisan, bisul, mata gatal dan merah, koreng dan gatal-gatal, menghentikan pendarahan gusi, sariawan, menghilangkan bau mulut, jerawat, keputihan, dan mengurangi produksi air susu ibu yang berlebihan.

    Untuk obat batuk, sebanyak 15 lembar daun sirih direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 3/4-nya, minum dengan madu. Obat bronchitis, sebanyak tujuh lembar daun sirih dan gula batu satu potong direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, minum sehari 3 X 1/3 gelas. Menghilangkan bau badan, lima lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, minum siang hari.

    Obat luka bakar, daun segar diperas airnya, ditambah sedikit madu, bubuhkan di tempat yang luka bakar. Mimisan, daun agak muda satu lembar dilumatkan, digulung untuk menyumbat hidung berdarah. Bisul, daun sirih secukupnya dicuci bersih, digiling menjadi halus, dioleskan pada bisul dan sekelilingnya, dibalut. Sehari diganti dua kali.

    Mengatasi mata gatal dan merah, lima sampai enam lembar daun direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata dengan memakai gelas cuci mata. Sehari tiga kali sampai sembuh.

    Untuk koreng dan gatal-gatal, sebanyak 20 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci. Menghentikan pendarahan gusi, daun empat lembar direbus dengan dua gelas air, dipakai untuk kumur. Obat sariawan, daun sirih segar sebanyak satu sampai dua lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang.

    Untuk menghilangkan bau mulut, sebanyak dua sampai empat lembar daun diremas, lalu diseduh, dipakai untuk kumur. Obat jerawat, tujuh sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan dua sampai tiga kali.

    Obat keputihan, sebanyak 10 lembar daun direbus dengan 2,5 liter air, hangat-hangat dipakai untuk mencuci liang kemaluan. Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan, beberapa lembar daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.  



    Posted by Qadar in rizki8473.multiply.com

    Khasiat Tersembunyi Dibalik Ceker Ayam



    ORANG Indonesia boleh dibilang kenyang makan ceker ayam atau kaki ayam. Bayangkan, sejak bayi boleh mencicipi nasi tim, kaki ayam sudah jadi hidangan favorit sehari-hari. Setelah bayi belajar jalan, makin rajin orangtua kita memasok kaki ayam pada sajian nasi timnya. Konon, kaki bayi bisa bertambah kuat kalau sering diberi kaki ayam.

    Sebagian pakar sering protes dengan pendapat ini. Alasannya, bagian ayam yang bergizi tentulah dagingnya. Sementara kaki ayam, jelas-jelas tanpa daging. Kalaupun ada bagian kulitnya yang agak tebal, pasti tidak ikut dimakan oleh si bayi

    Menanggapi pendapat mereka, para orangtua tidak serta-merta mundur. Kaki ayam tetap saja diikutsertakan dalam membuat nasi tim bagi bayi-bayi mereka.

    ”Ya sudahlah kalau tidak ada gizinya. Paling tidak kita bisa memanfaatkan rasa gurihnya. Toh dulu-dulu juga kita bisa sehat begini, kan antara lain karena kaki ayam,” kata seorang ibu yang jelas-jelas emoh meninggalkan kebiasaan yang sudah turun-temurun itu.

    Kaki ayam memang berasa gurih, hingga orang dewasa pun banyak yang hobi makan kaki ayam. Entah kaki ayam yang dimasak ala dimsum atau kaki ayam yang dijadikan keripik bergengsi yang harganya luar biasa melambung.

    Lantas, betulkah kaki ayam sama sekali tidak bermanfaat? Atau betulkah kaki ayam bisa menguatkan kaki dan otot bayi hingga lebih cepat berdiri kokoh lalu berjalan? Mari kita lihat apa saja yang terkandung dalam kaki ayam itu.

    Di dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang, dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Kalau terkena panas, kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem.

    Nah, susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino, yakni komponen dasar protein. Di dalam asam amino itu antara lain terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinin-glisin.

    Kaki ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. Dengan begitu, memang masuk akal juga kalau para orangtua tetap bertahan untuk menyuguhkan kaki ayam bagi anak-anak mereka. Sebab, jenis asam amino prolin dan hidroksiprolin serta zat kapur jelas-jelas dibutuhkan dalam pertumbuhan anak.

    Betul memang kaki ayam tidak berdaging, tapi seperti diuraikan di atas, saat terkena panas, kolagen yang terkandung di dalam kaki ayam akan segera mengalir dan bergabung dengan nasi tim. Nah, kolagen inilah yang kita manfaatkan, bukan dagingnya.

    Memang untuk mendapatkan gizi yang cukup, anak tidak hanya perlu mendapat kaki ayam, tapi juga tentu dagingnya. Meski begitu, kebiasaan memberi anak makan kaki ayam tetap tak perlu ditinggalkan.

    Fungsi kolagen bukan cuma untuk pertumbuhan anak. Orang yang menderita rematik pun amat dianjurkan sering-sering makan kaki ayam. Kenapa begitu? Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik.

    Ceritanya, di dalam tubuh kita terdapat dua macam antigen, yakni antigen asing dan antigen diri. Setiap antigen bisa bersifat antigenik dan imunogenik. Antigen yang antigenik dapat berikatan dengan antibodi, meski tidak bisa merangsang tubuh membentuk antibodi terhadap antigen.

    Sementara antigen yang imunogenik juga berikatan dengan antibodi spesifik, tapi bisa pula menghasilkan antibodi spesifik terhadap antigen. Nah, antibodi terhadap antigen inilah yang perlu dirangsang bagi penderita rematik.

    Tentu hubungan sang antigen tadi dengan penyakit rematik punya uraian ilmiah yang panjang sekali, yang agak sulit kita pahami sebagai orang awam. Yang jelas, makan kaki ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.

    Betapapun hebatnya peran si kaki ayam, tentu kalau cuma ditim atau direbus belaka, Anda enggan menyantapnya bukan? Apalagi kalau dihidangkan setiap hari. Begitu juga dengan nasi tim si kecil. Jangan coba-coba cuma menghadirkan nasi tim dengan kaki ayam yang itu-itu saja dari hari ke hari. Bisa-bisa si kecil kelak tidak doyan makanan lain atau malah tidak mau makan.

    Nasi tim tentu bisa kita buat bervariasi dengan menambahkan bahan lain secara berganti-ganti. Kaki ayam untuk pengobatan ini pun bisa kita olah jadi hidangan lezat yang variatif. Yang jelas, olahlah kaki ayam dengan cara direbus atau ditim, bukan digoreng.

    Kaki ayam yang digoreng sudah rusak struktur protein kolagennya akibat suhu yang tinggi. Perebusan dan pengetiman tidak boleh lebih dari 100 derajat Celsius agar tak merusak protein si kaki ayam. Meski hanya boleh direbus dan ditim,sebetulnya kaki ayam bisa dibuat menjadi berbagai jenis hidangan.    








    Manusia Dengan Jantung Portable Pertama di Dunia


    Charles Okeke, pria 43 tahun asal Phoenix Arizona, Amerika Serikat, tak pernah menyangka akan menjadi orang pertama yang bergelar "manusia berjantung artifisial".

    Gelar yang sudah disandangnya dua tahun belakangan itu, ia dapatkan setelah tubuhnya menolak keberadaan jantung yang ditransplantasikan kepadanya, sejak berusia 30 tahun. Sejak itulah, hidup Okeke Inilah Manusia Dengan Jantung Buatan Portable Pertama di Duniabergantung kepada mesin seberat 181 kg.

    Selama sekitar dua tahun, ia harus hidup di Rumah Sakit Mayo Clinic Phoenix, karena harus selalu berada dekat dengan mesin seukuran mesin cuci, yang berperan menyuplai darah ke seluruh tubuh.

    Untungnya, perusahaan perangkat kesehatan SynCardia berhasil membuat jantung artifisial terkecil di dunia, sebutannya Total Artificial Heart. Lembaga pemerintah bidang makanan dan obat-obatan baru saja menyetujui penggunaan alat ini, dan Okeke menjadi orang pertama yang menggunakan peranti portable, bisa dibawa kemana-mana, seberat sekitar 6 kg itu.

    Ukuran jantung buatan ini bisa jauh lebih kecil ketimbang perangkat sebelumnya, karena sensor-sensor yang digunakannya juga mengecil.

    “Sensor-sensor yang dulu besarnya seukuran kaleng sup, sekarang besarnya hanya seperempatnya. Ini memungkinkan kita untuk mengurangi ukuran seluruh konsol,” kata Steven Langford dari SynCardia.

    Jantung artifisial portable itu dijual SynCardia seharga US$125.000 dengan biaya perawatan US$18.000 per tahun. Ditenagai oleh sebuah baterai, dan dilengkapi empat katup, alat ini menggantikan peran ventrikel-ventrikel jantung untuk memompa darah ke berbagai organ lain seperti hati, atau ginjal.

    Berkat total artificial heart, Okeke kini bisa meninggalkan rumah sakit dan pulang ke rumah yang telah ia tinggalkan selama dua tahun. Ia bisa beraktivitas lebih leluasa, karena jantung buatannya kini bisa ia tenteng ke mana-mana di dalam tas punggungnya.

    “Kini saya adalah manusia yang bahagia, sebagaimana Anda lihat saat ini. Saya bisa tidur di tempat tidur saya sendiri setelah dua tahun tidur di rumah sakit,” .” kata Okeke.

    Okeke memang masih harus berlatih keras untuk menjaga kebugaran tubuhnya, sementara masih menunggu jantung dari donor, untuk ditransplantasikan kembali ke dalam tubuhnya. Tapi, selama ia belum menemukan jantung yang tepat, dokter memperbolehkannya untuk menggunakan jantung buatan portabel ini, hingga waktu yang tidak terbatas.



    Sumber : www.suaramedia.com



    Manusia Pertama yang Sakit Jantung

    Seorang putri dari Mesir yang hidup sekitar 3.500 tahun lalu diperkirakan menjadi orang pertama yang diketahui menderita sakit jantung. Para dokter yakin jika putri itu hidup di zaman modern ini ia pasti mendapat tindakan operasi pintas jantung (heart bypass).
     
    Dalam pemindaian terhadap mumi sang putri diketahui adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju bagian jantung, otak, perut dan kakinya. Para ilmuwan yang menyebutkan kasus ini menunjukkan penyakit jantung sudah ada sebelum gaya hidup modern.

    Ilmuwan jantung dari Amerika bekerja sama dengan tim dari Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir, menganalisa 52 mumi, termasuk mumi sang putri. Para mumi itu dipindai (scan) seluruh tubuh di National Museum of Antiguities, Kairo. Hasilnya ditemukan pengerasan arteri pada separuh mumi yang discan.

    Putri Ahmose-Meryet-Amon, mumi yang sakit jantung tersebut, berasal dari keluarga Mesir yang tersohor. Ia hidup dalam kemewahan sekitar tahun 1580 SM dan mati di usia 40 tahun. Dr.Gregory Thomas dari Universitas California mengatakan, pada masa Putri Ahmose hidup belum ada gas atau listrik, sehingga diasumsikan ia memiliki gaya hidup aktif.

    “Pola makan mereka juga lebih sehat dari manusia modern. Di masa itu mereka makan lebih banyak buah dan sayuran serta ikan banyak ditemukan di sungai Nil. Selain itu pertanian diolah secara organik dan belum ada minyak trans fat dan rokok,” katanya. Akan tetapi, kata Thomas, tetap saja terjadi penyumbatan pembuluh darah. “Ini membuktikan ada link yang hilang pada faktor risiko penyakit jantung, sesuatu yang belum terungkap,” katanya.

    Ia menambahkan, mumi Mesir itu menunjukkan bahwa penyakit jantung bisa menjadi bagian dari hidup manusia. “Meski kita sudah melakukan segala hal untuk mencegah sakit jantung, tapi pada satu titik kita tidak perlu menyalahkan diri sendiri jika ternyata kita tetap butuh operasi jantung,” katanya.





     

    Air Urine Sebagai Anti Kanker Alami


    Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai terapi urine. Tetapi, jika diminta untuk minum urine (air seni) sendiri, mungkin Anda akan berpikir dua kali terlebih dahulu. Terapi urine ini bukanlah hal yang baru. Terapi ini sudah dilakukan selama ribuan tahun.

    Di india, terapi urine ini telah digunakan sejak lima ribu tahun lalu. Mantan Perdana Menteri India Morarji Desai bahkan membeberkan kalau minum urine merupakan rahasia sehat dan umur panjangnya.

    Zat-zat kimia dan nutrisi yang terkandung dalam air seni akan bertindak sebagai vaksin, antibakteri, antivirus, dan antikanker alami. Selain itu, juga berfungsi sebagai penyeimbang hormon dan penyembuh alergi.

    Mungkin Anda juga ragu, bagaimana mungkin substansi sisa dari tubuh yang mungkin saja beracun bisa menjadi obat. Faktanya, penelitian telah menemukan kalau urine bukanlah produk sisa yang beracun. Sebanyak 95% kandungan urine adalah air, 2,5% terdiri dari urea dan 2,5% sisanya merupakan campuran dari mineral, garam, hormon, dan enzim-enzim.

    Zat-zat beracun dari dalam tubuh telah dikeluarkan melalui hati dan usus halus, serta melalui kulit. Fungsi utama ginjal adalah menjaga agar komposisi darah tetap seimbang. Saat terlalu banyak air, ginjal akan membuangnya. Tetapi, tidak berarti air tersebut merupakan produk sisa yang beracun.

    Urine merupakan hasil dari filtrasi darah dan bukannya filtrasi sampah. Secara medis, urine dinyatakan sebagai plasma ultrafilter. Urine berasal dari pemurnian darah itu sendiri, yang dilakukan oleh ginjal. Ginjal tidak berfungsi untuk mengekskresi, tetapi meregulasi semua elemen dan konsentrasinya dalam darah.

    Nutrisi-nutrisi yang terdapat di dalam darah bergerak melalui hati. Di sini, racun-racun akan diekskresikan dalam bentuk sampah padat. Selanjutnya, darah yang telah bersih dimurnikan kembali melalui proses penyaringan di ginjal. Di sini, semua kelebihan air, garam, vitamin-vitamin, mineral, enzim-enzim, antibodi, usea, uric acid, serta elemen-elemen lainnya yang tidak digunakan tubuh pada saat itu akan dikumpulkan dalam bentuk cairan yang telah dimurnikan dan disterilkan.

    Cairan ini adalah urine. Elemen-elemen ini tidak disaring karena beracun, tetapi karena tubuh belum memerlukannya pada saat itu. Urine merupakan sumber nutrisi yang bisa menyembuhkan. Urine Anda, merupakan sumber makanan yang mengandung elemen-elemen yang khusus untuk tubuh Anda sendiri. Tubuh, secara konstan akan memproduksi berbagai jenis antibodi, hormon, enzim-enzim, serta zat kimia alami lainnya untuk meregulasi dan mengontrol fungsi tubuh dan mengatur ketidakseimbangan yang mungkin saja tidak Anda sadari.

    Studi-studi klinis telah membuktian bahwa ribuan zat kimia dan nutrisi tubuh yang terdapat di dalam urine mencerminkan fungsi tubuh setiap orang.

    Saat digunakan kembali, zat-zat kimia dan nutrisi ini akan bertindak sebagai vaksin, antibakteri, antivirus, dan antikanker alami. Selain itu juga berfungsi sebagai penyeimbang hormon dan penyembuh alergi.

    Kandungan yang terdapat di dalam urine tidak bisa digandakan serta tidak bisa diperoleh dari sumber lain. Seperti dua orang yang secara alami tidak pernah diciptakan sama persis, tidak ada dua sampel urine yang mengandung komponen yang benar-benar sama.

    Hanya urea yang bisa menjadi racun jika jumlahnya terlalu banyak di darah. Tetapi, hal ini tidak akan terjadi hanya karena Anda minum urine. Urine yang Anda minum, tidak akan langsung kembali ke aliran darah di dalam tubuh. Dalam jumlah kecil, urine akan kembali ke dalam tubuh. Urine ini akan memurnikan, membersihkan kelebihan mucus, serta mempunyai fungsi spesifik bermanfaat lainnya.

    Selain itu, urine juga mempunyai efek menyembuhkan dan menguatkan jika dioleskan ke kulit. Mungkin Anda sudah sering membaca urea sebagai salah satu kandungan di label produk perawatan kulit yang Anda gunakan.

    Dr. Evagelos Danopouolos dari Yunani melaporkan bahwa urea yang terkandung di dalam urine mengandung properti antikanker. Urea bisa merusak kemampuan sel-sel kanker untuk berkumpul bersama dan juga bisa membunuh sel-sel kanker dengan cara merusak beberapa aktivitas metabolisme sel kanker. Karena itu, terapi urine telah digunakan untuk mengatasi kanker kulit, serviks, paru-paru, mata, payudara, dan kanker hati.

    Selain itu, terapi urine ini juga dipercaya bisa menyembuhkan multiple sclerosis, colitis, lupus, rematik arthritis, hepatitis, gangguan pankreas, psoriasis, eczema, diabetes, herpes, mononucleosis, adrenal failure, alergi serta berbagai penyakit lain. Mengingat begitu banyaknya manfaat urine bagi kesehatan, ada baiknya mulai menghilangkan rasa jijik atau rasa tidak nyaman Anda untuk minum air seni. Telah banyak studi yang menunjukkan bukti-bukti bahwa urine baik bagi kesehatan. 



    Kamis, 19 Mei 2011

    Hati- Hati, Bahaya Makan Dengan Sumpit Bambu!

    Sumpit yang kita kenal biasanya terbuat dari bambu di katakan bahaya, Kenapa yah????
    Yuk kita intip sedikit proses produksinya

    1. Dipotong dari pohon bambu


    2. Diproduksi oleh industri rumah tangga (contoh gambar dari vietnam tengah)


    3. Di "Putihkan" dengan menggunakan sulfur dan hidrogen peroxida (tanpa disinfektan)


    4. Proses pengeringan seadanya



    5. Di kemas seadanya juga untuk di export ke luar negeri


    6. Pengiriman ke luar negeri menggunakan kapal laut (terlalu mahal jika menggunakan pesawat)
    Dibutuhkan waktu yang cukup lama, contohnya 1 bulan dari vietnam ke taiwan . Sementara itu, sumpit yang dikemas dengan seadanya akan sangat besar sekali kemungkinan untuk terkontaminasi oleh kotoran/sarang tikus dan kecoa.


    7. Proses pengemasan (tanpa disinfektan)

    Contoh kasus, untuk setiap penerimaan kargo sumpit di taiwan , akan langsung di distribusikan ke industri rumahan yang akan mengerjakan pengemasannya, dan tanpa proses disinfektan (sterilisasi) akan langsung dikirim ke restoran-restoran sebagai titik akhir distribusi


    8. Dan langsung masuk ke mulut Anda



    9. Tahukah Anda, bahwa ada ribuan bahkan jutaan monyet yang menetap di dalam sumpit?



    10. Sudah kelihatan belum monyet-monyet tersebut?


    11. Inilah wajah monyet-monyet tersebut.

    Semua sisa cairan (pemutih, sulfur, hidrogen peroxida, kotoran tikus, kotoran kecoa, telor kecoa, telor ulat dsb) akan terus menetap di lubang-lubang kecil tersebut sampai anda menggunakannya.

    Pernahkan anda mendengar kasus keluarnya ulat dari sumpit saat digunakan di mangkok kuah yang panas ?





    Sumber :
    http://wisbenbae.blogspot.com