Jumat, 19 Agustus 2011

3 Penyakit yang Timbul Setelah Lebaran

1. Penyakit Kronis yang Kambuh
Makanan manis, bersantan dan lemak merupakan musuh bagi banyak orang yang menderita penyakit kronis, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, diabetes, asam urat bahkan sampai serangan jantung dan stroke.

2. Penyakit arena Kelelahan dan Kecapekan

Kegiatan mudik dan lebaran biasanya akan membuat orang kurang tidur dan kelelahan. Akibatnya, bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka penyakit-penyakit seperti ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas), batuk, pilek dan radang tenggorokan.

3. Penyakit karena Kurangnya Kebersihan Makanan

Pada suasana lebaran, biasanya sampah makanan dan lalat ada dimana-mana, bila kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar maka akan sangat mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Berikut beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit pasca lebaran:

1. Istirahat yang Cukup
Setelah mudik dan berkumpul dengan keluarga, biasanya banyak orang yang mengalami kurang tidur. Hal ini bisa menurunkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya mudah terserang berbagai penyakit.

2. Tetap Perhatikan Kebersihan Makanan
Bagi orang yang menderita penyakit kronis, harus tetap patuh mengonsumsi obat dan mengontrol pola makan.

3. Hindari Makanan yang Mengandung Kolesterol dan Lemak Tinggi
Seperti jeroan, sea food, daging-dagingan dan kue-kue manis. Tetap konsumsi buah dan sayur untuk membantu menyerap dan mengimbangi kolesterol. Selain itu, juga untuk melancarkan sistem pencernaan.






0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!