Senin, 19 September 2011

Acanthosis Nigricans (Lipatan Kulit Gelap dan Tebal Seperti Beludru)


img
1. Definisi
Acanthosis nigricans adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi gelap, tebal, dan seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti ketiak, selangkangan, dan leher. Tidak ada perawatan khusus untuk acanthosis nigricans. Sehingga dapat menyebabkan seseorang dengan kondisi ini sangat mengkhawatirkan penampilan kulit mereka. Adapun beberapa pilihan perawatan yang tersedia hanya untuk membantu meringankan daerah kulit yang terkena.

Acanthosis nigricans dapat menghilang secara perlahan-lahan, seiring dengan dilakukannya perawatan pada beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebabnya, seperti obesitas atau diabetes.

2. Penyebab
Kelebihan berat badan atau memiliki tingkat insulin yang tinggi dalam darah, seperti pada diabetes tipe 2, dapat menyebabkan acanthosis nigricans. Jika tingkat insulin pasien terlalu tinggi, maka insulin yang berlebihan dapat merangsang aktivitas sel-sel pada kulit. Sehingga akhirnya menyebabkan perubahan pada kulit. Dalam beberapa kasus, acanthosis nigricans juga dapat diturunkan.

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan acanthosis nigricans, seperti hormon pertumbuhan, pil KB, dan niacin dalam dosis tinggi. Selain obat-obatan, masalah hormon lain seperti gangguan endokrin atau tumor juga dapat menyebakan acanthosis nigricans. Pada beberapa kasus yang jarang, jenis kanker tertentu dapat menyebabkan acanthosis nigricans.

3. Manifestasi Klinis
Satu-satunya tanda acanthosis nigricans adalah perubahan kulit yang signifikan. Seperti disebutkan sebelumnya, kulit seseorang mungkin terlihat lebih gelap, lebih tebal, dan menyerupai beludru pada daerah kulit tubuh dengan lipatan. Meskipun dalam beberapa kasus kondisi ini dapat mempengaruhi bibir, telapak tangan, atau telapak kaki, namun daerah yang paling sering terkena adalah leher, pangkal paha, dan ketiak.

Perubahan pada kulit biasanya muncul perlahan-lahan, kadang-kadang selama beberapa bulan atau tahun. Selain itu, dalam beberapa kasus yang jarang, dapat terjadi rasa gatal di daerah yang terkena.

4. Pengobatan
Seperti disebutkan sebelumnya, mengobati kondisi yang menyebabkannya biasanya juga dapat menghilangkan acanthosis nigricans. Selain itu, pada kasus pasien dengan kelebihan berat badan, perubahan dalam diet dapat membantu menurunkan berat badan. Sehingga setelah berat badan turun, acanthosis nigricans juga dapat menghilang secara perlahan-lahan.

Pasien mungkin akan diresepkan krim atau lotion untuk membantu meringankan daerah yang terkena. Beberapa obat yang dapat meringankan acanthosis nigricans, antara lain:

1. Obat per oral (melalui mulut), seperti isotretinoin
2. Lotion yang mengandung vitamin A, seperti tretinoin
3. Suplemen minyak ikan

Pengobatan yang ditujukan untuk mengurangi ketebalan daerah kulit yang terkena acanthosis nigricans, pasien dapat menjalani terapi laser atau dermabrasi.


Sumber : Epharmapedia


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!