Jumat, 23 September 2011

Tips Mudah Agar Berat Badan Turun Maksimal Saat Tidur

Tidur memang diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi jika seseorang melakukan hal-hal berikut ini, maka ia bisa memaksimalkan manfaat tidur dalam menurunkan berat badan.

Memiliki berat badan berlebih memang bisa membuat orang tidak percaya diri dan menjadi risiko penyakit tertentu. Karenanya beberapa orang kadang menghabiskan banyak uang agar bisa menurunkan berat badannya, padahal ada cara yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar maksimal menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Livestrong yaitu:


1. Menghindari Makan Secara Emosional
Malam hari adalah saat yang sulit bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, karena kegiatan sudah berakhir dan mudah mengalami kebosanan. Tapi sebaiknya jangan melampiaskan rasa bosan atau stres makan makanan untuk mendapatkan kenikmatan atau kenyamanan.

Andrea Wenger-Hess, seorang ahli gizi dari University of Maryland Medical Center menuturkan bahwa makan secara emosional adalah faktor utama naiknya berat badan. Untuk mengatasinya beralihlah ke kegiatan lain seperti membaca buku atau berendam di air hangat untuk hilangkan stres.

2. Konsumsi Makan Rendah Kalori

Meskipun harus berhati-hati, tapi bukan berarti tidak boleh makan sama sekali sebelum tidur. Pilihlah makanan sehat yang rendah kalori untuk menjaga proses metabolisme dan menghindari terbangun di tengah malam akibat lapar.

Para ahli merekomendasikan kombinasi protein dan karbohidrat kompleks seperti semangkuk sereal gandum dengan susu rendah lemak atau buah-buahan dengan keju. Serta hindari makanan berat atau sangat berbumbu karena membuat orang sulit tidur.

3. Melakukan Peregangan
Melakukan peregangan sebelum tidur seperti melakukan beberapa gerakan dasar yoga bisa membuat otot menjadi rileks dan membantu tubuh mendapatkan waktu tidur sesuai kebutuhan.

4. Mengurangi Cahaya
Lingkungan tidur yang gelap atau tidak terang adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga keseimbangan hormon di dalam tubuh terjaga dan membantu menurunkan berat badan. Untuk itu gunakan lampu dengan watt rendah dan menghindari paparan cahaya dari luar.


Sumber : Detikhealth.com





0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!