Jumat, 04 November 2011

Kenali Kandungan Garam Tersembunyi Makanan Ini

Mengkonsumsi garam memang haruslah diatur karena hal ini juga mampu berdampak pada kesehatan jantung kita. Namun, bagaimana cara untuk mengetahui bahwa kita harus membatasi jumlah asupan garam yang masuk kedalam tubuh kita. Karena penggunaan garam tidak hanya terdapat pada makanan yang mengandung rasa asin, karena makanan lain juga menmgandung kandungan garam. 

Yang harus diwaspadai dari garam sebenarnya bukan rasa asinnya, tapi kandungan sodium atau natrium. Garam dalam pengertian yang kita kenal sehari-hari terdiri dari sodium 40 persen dan sisanya ion klorida. Supaya tubuh selalu sehat, konsumsi sodium dibatasi 2300 mg atau sekitar 6 gram garam (satu sendok teh).

Menurut Fendy Susanto dari Nutrifood Research Center, sodium atau natrium ini bukan cuma terdapat pada garam tapi juga makanan-makanan olahan lain, termasuk juga saus sambal dan kecap.

Berikut adalah jumlah natrium yang terdapat dalam makanan sehari-hari :

- Sebungkus keripik kentang 270 mg
- Kentang goreng ukuran besar 350 mg
- Seporsi mi ayam 558 mg
- Satu potong sosis 750 mg
- Dada ayam goreng tepung 1080 mg
- Seporsi mi bakso 1518 mg
- Mi instan antara 1100 mg – 2400 mg
- Beef burger 551 mg
- sepotong ikan asin 757 mg
- seporsi sop buntut 979 mg
- 1 sdm saus tomat 167 mg
- sepotong ampela goreng 490 mg
- sepotong donat 269 mg
- 1 sdm saus sambal 255 mg
- 1 sdm kecap manis 698 mg
- 1 sdm kecap asin 914 mg

Untuk melindungi kita dari risiko hipertensi, perbanyak konsumsi sayur dan buah karena kaya akan kalium dan potasium yang bisa menurunkan tekanan darah.

“Biasakan juga untuk membaca label makanan. Saat ini sudah terdapat produk makanan yang rendah natrium atau tanpa tambahan garam (unslated),” kata Fendy.

Makanan yang tergolong rendah natrium memiliki kandungan sodium kurang dari 140 mg. Sementara itu jika dalam kemasan tertulis very low sodium, biasanya kandungan garamnya kurang dari 35 mg. Makanan yang less sodium mengandung sodium 25 persen lebih sedikit daripada produk reguler dan makanan yang bebas garam (salt free) masih mengandung sodium kurang dari 5 mg.
Sumber : Kompas.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!