Kamis, 10 November 2011

Kenapa Campak Bisa Menular Dengan Cepat?

Campak mungkin diketahui sebagai salah satu penyakit virus yang paling menular di dunia dan bisa menyebar dengan begitu cepat. Kenapa bisa begitu?

Peneliti dari Mayo Clinic menuturkan virus dari penyakit campak ini ada dalam trakea inang (orang yang terkena campak) dan memprovokasi orang ini untuk batuk sehingga virus tersebut bisa ada di udara dan menginfeksi orang lain.

Hasil studi yang dipublikasikan secara online pada 2 November dalam jurnal Nature ini memberikan pengetahun pada peneliti mengapa beberapa virus pernapasan bisa menyebar lebih cepat dan mudah dari virus lainnya.

Peneliti menemukan virus campak menggunakan protein atau disebut dengan nectin-4 yang ada dalam diri penderita untuk menginfeksi dan ia akan pergi ke lokasi yang strategis yaitu tenggorokan.

Meskipun sudah ada vaksin untuk campak, tapi vaksin ini menyerang lebih dari 10 juta anak setiap tahunnya di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun ini penyebaran virus meningkat akibat menurunnya orang-orang yang divaksinasi.

"Virus campak telah mengembangkan strategi yang kejam. Pertama-tama ia akan membajak sel-sel kekebalan patroli paru-paru untuk masuk lalu jalan ke dalam sel kekebalan lainnya di tubuh," ujar peneliti utama dari Mayo Clinic, Roberto Cattaneo, PhD, seperti dikutip dari ScienceDaily.

Sel-sel kekebalan yang sudah terinfeksi ini akan mengirimkan secara khusus ke sel-sel yang mengekspresikan protein nctin-4 sebagai reseptor baru. Hebatnya sel-sel ini terletak di trakea sehingga memudahkan penularan melalui udara. Kondisi ini yang menyebabkan campak menjadi salah satu penyakit virus yang bisa menyebar dengan cepat dan paling menular.

Hal lain yang ditemukan dalam studi ini adalah nectin-4 diketahui menjadi biomarker (penanda biologis) untuk beberapa jensi kanker seperti ovarium, payudara dan paru-paru.


Sumber : Detikhealth.com



0 Komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!