Kamis, 10 November 2011

7 Hal Memalukan yang Timbul Ketika Hamil

Gejala yang umum dialami oleh ibu hamil biasanya mual muntah atau dikenal dengan morning sickness. Tapi ada gejala lain yang terjadi pada ibu hamil dan kadang bisa memalukan.

Kehamilan tidak hanya sekedar mengidam makanan aneh atau bertambahnya berat badan, karena ada hal-hal yang tidak diduga tapi dialami oleh ibu hamil. Sebagian besar kondisi ini terjadi akibat pergolakan dari hormon estrogen dan juga progesteron.

Berikut ini beberapa gejala yang dialami oleh ibu hamil dan kadang bisa memalukan, seperti dikutip dari Buzzle yaitu :

1. Sulit Mengontrol Gas yang Berlebih
Hormon progesteron melemaskan otot-otot pencernaan yang berfungsi mengontrol pergerakan gas dalam tubuh. Ditambah dengan adanya pembengkakan di rahim maka akan menempatkan tekanan pada usus yang membuat ibu hamil sulit mengontrol kelebihan gas di dalam perut.

2. Mendadak jadi Memiliki Jerawat
Aktivitas hormon yang meningkat atau terlalu aktif membuat seseorang lebih mudah berjerawat, terutama pada perempuan yang memang diketahui memiliki kulit berminyak.

3. Mendengkur
Tingkat estrogen yang tinggi menyebabkan membran selaput lendir membengkak yang membuat hidung jadi tersumbat. Kondisi ini memicu ibu hamil untuk tidur mendengkur, meski mungkin sebelum hamil ia tidak mengalami hal tersebut. Untuk itu hindari posisi tidur terlentang tapi lebih baik miring dengan letak kepala ditinggikan.

4. Menjadi Sering Buang Air Kecil
Rahim yang membesar akan membuat organ-organ lain memiliki ruang lebih kecil, sehingga kandung kemih menjadi tertekan dan tidak bisa mengontrol penyimpanan urine. Kondisi ini memicu orang untuk lebih sering buang air kecil dan kadang tidak bisa menahannya, sehingga batuk atau bersin kadang bisa membuatnya jadi mengompol.

5. Menjadi Mudah Lupa
Perubahan hormon berpengaruh pada otak terutama kemampuannya untuk berkonsentrasi sehingga mudah lupa, tapi biasanya akan kembali normal setelah melahirkan. Untuk itu tak ada salahnya jika mencatat semua hal-hal penting yang perlu diingat.

6. Sembelit atau Konstipasi
Perubahan hormon prosteron membuat otot pencernaan melemas dan memperlambat motilitas makanan di perut. Rahim yang terus melebar akan memberikan banyak tekanan pada rektum (dubur) dan organ pencernaan lain sehingga sistem pencernaan tidak berfungsi optimal. Efek sampingnya adalah mengalami sembelit.

7. Perubahan Suasana Hati
Ibu hamil bisa mengalami kemarahan yang intens atau menjadi cengeng untuk hal-hal yang sepele atau terkadang tanpa alasan yang jelas, sehingga bisa membuat pasangan menjadi bingung. Kondisi ini akibat adanya perubahan drastis dari hormon di tubuh.

Sumber : Detikhealth.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!