Selasa, 22 November 2011

Tahukah Anda? Apel Memperkuat Jantung Anda

Apel Memperkuat Jantung Anda Buah yang bentuknya cantik dan sexy ini mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh terutama jantung. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan makan apel dengan kulit akan memberi dampak jantung lebih sehat dan kuat!

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyehatkan jantung. Misalnya, olahraga teratur, tidak merokok dan makanan berlemak. Namun, sebuah penelitian menemukan dengan makan sebutir apel bersama kulitnya jantung akan menjadi lebih sehat.

Catherine Bondonno, mahasiswa doktoral farmakologi di University of Westren Australia, melakukan penelitian terhadap produksi nitric oxide (NO) dan fungsi edothelial yang memepengaruhi kesehatan jantung.

'Endotheliun merupakan lapisan sel tunggal yang melapisi pembuluh darah dan memproduksi nitric oxide', demikian jelas Bondonno. Flavonoids secara kolektif dikenal sebagai vitamin P dan cirtrin, konsentrasi yang ada pada kulit apel. Lapisan ini yang memberi cita rasa berbeda pada buah-buahan.

'Nitric oxide memberi signal ke sekeliling otot untuk relaks, yang membuat pembuluh darah menjadi lebih lancar mengalirkan darah,' demikian tuturnya.

Penelitian ini melibatkan sekelompok relawan sehat. Mereka diberikan satu buah apel tanpa kulit, kemudian sebuah apel dengan kulit dan sebaliknya. Kemudian diamati pemberian apel untuk sarapan dan makan siang untuk mengukur variasi kandungan flavonoid di dalam aliran darah.

Hasilnya menunjukkan apel yang kaya flavonoid berkaitan dengan produksi nitric oxide dan fungsi edothelial yaitu faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung. Karena itu sangat dianjurkan untuk makan apel bersama kulitnya secara teratur. Agar jantung menjadi lebih sehat dan kuat.


Sumber : Detikfood.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!