Rabu, 09 November 2011

Tahukah Anda? Sering Minum Antibiotik Bisa Bikin Anda Gemuk


img
Penggunaan antibiotik sering dilakukan untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri. Namun bila digunakan secara berlebihan alias overdosis, antibiotik tak hanya bisa menyebabkan bakteri kebal (resisten) tetapi juga membuat orang menjadi gemuk.

Penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan dari New York University Medical Center Langone menemukan bahwa terlalu sering menggunakan antibiotik dapat memberikan kontribusi pada krisis obesitas.

Terlalu sering menggunakan antibiotik tak hanya berefek pada kekebalan bakteri, namun juga dapat merusak keseimbangan bakteri baik dalam usus secara permanen. Akibatnya, sistem metabolisme tubuh pun akan terganggu dan risiko kegemukan semakin besar.

"Ini dapat mengganggu tingkat hormon yang dapat membuat tubuh merasa lebih lapar. Studi pada tikus yang diberi antiobik bertambah berat badan lebih banyak daripada yang tidak diberi antibiotik," jelas Dr Martin Blaser, dari New York University Medical Center Langone, seperti dilansir Dailymail.

Dr Blaser percaya bahwa hasil studi ini juga berlaku pada manusia, terutama dalam kaitannya dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri lambung Helicobacter pylori lambung, yang terkait dengan ulcer atau tukak lambung.

"Meskipun sebagian besar infeksi ini tidak berbahaya, dokter secara rutin mengobati pasien dengan antibiotik yang dapat mengubah cara kerja perut," lanjut Dr Blaser.

Kebanyakan temuan terbaru bertentangan dengan keyakinan lama yang menyebutkan bahwa antibiotik tidak memiliki efek medis jangka panjang.

"Antibiotik ajaib. Obat ini telah mengubah kesehatan dan obat-obatan selama 70 tahun terakhir. Tapi ketika dokter meresepkan antibiotik, itu berdasarkan pada keyakinan bahwa tidak ada efek jangka panjang. Kami telah melihat bukti yang menunjukkan bahwa antibiotik secara permanen dapat mengubah bakteri menguntungkan dalam tubuh kita," jelas Dr Blaser.
Sumber : Detikhealth.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!