Sabtu, 04 Juni 2011

Waktu Terbaik Untuk Hamil Setelah Operasi Cesar

Ini pertanyaan yang sering muncul dari ibu-ibi yang menjalani persalinan sebelumnya dengan Operasi Cesar. Secara umum, jarak yang aman untuk hamil lagi adalah 18 s/d 23 bulan, yang merupakan juga jarak yang sama pada persalinan normal.

Sebab kenapa jarak aman untuk hamil 18 s/d 23 bulan (waktu yang lama bagi sebagian ibu-ibu)setelah dioperasi sectio cesar :

1. Tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan akibat proses pembedahan dan mengembalikan kondisi tubuh seperti sebelum hamil. 
2. Dari penelitian didapatkan jika ibu hamil lagi dalam waktu kurang dari 6 bulan maka memiliki risiko tinggi untuk terjadinya robekan rahim (ruptura uteri) , persalinan kurang bulan (prematur) atau berat badan bayi yang kurang saat lahir (BBLR). 
3. Dari segi psikologis ibu juga membutuhkan waktu untuk memnyesuaikan hidup barunya sebagai seorang ibu dan juga berikutnya lebih siap untuk di buat dan dilahirkan.



Tapi bagaimana kalau seandainya terjadi kehamilan juga  sebelum waktu terbaiknya,misalnya akibat gagal KB ? 
Ups, jangan panik dulu.Sebetulnya tidak apa-apa. Batasan minimal 18 bulan hanya merupakan patokan saja untuk mengurangi risiko komplikasi akibat kehamilannya. Karena banyak juga wanita yang cepat/segera hamil lagi tteapi mereka baik-baik saja. 

Sumber : Drdidispog.com



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!