Selasa, 09 Agustus 2011

Cara Terbaik Memelihara Pendengaran

GANGGUAN pendengaran memang disebabkan banyak faktor, tak hanya karena pertambahan usia. Tapi juga bisa dialami mereka yang bekerja atau beraktivitas di lingkungan dimana terdapat suara keras setiap harinya. 

Terlebih di era saat bluetooth dan iPod merajalela, gangguan pendengaran akan lebih mudah diderita mereka yang lebih muda. Menurut sebuah studi dalam Journal of American Medical Association, 1 dari 5 remaja menderita gangguan pendengaran akibat penggunaan MP3. Berikut adalah cara untuk mengecilkan volume di lingkungan Anda sebelum terlambat, seperti dikutip dari Shine.com 

1. Beri Perlindungan Dari Dalam 
Di dalam telinga kita, terletak ribuan sel mirip rambut yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik sehingga otak dapat menafsirkan apa yang kita dengar. Tapi suara yang sangat keras bisa menghasilkan radikal bebas yang merusak sel-sel-kadang-kadang secara permanen. Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa suplemen yang disebut N-acetylcysteine mampu bekerja jauh lebih baik daripada penyumbat telinga dalam meminimalkan kerusakan akibat suara senapan pada kalangan Marinir AS. Dosis harian 167 miligram magnesium juga efektif melindungi, menurut sebuah studi oleh militer Israel. Ini bisa jadi karena magnesium membantu meningkatkan aliran darah. Adapun aliran darah yang buruk memberi tekanan pada sel-sel telinga bagian dalam. 

2. Rehat Sejenak 
Setelah bekerja seharian di lingkungan bising, carilah suasana hening atau pergi ke suatu tempat yang tenang selama beberapa menit setiap beberapa jam. Istirahat dari suara bising bisa mencegah peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

3. Pilih Earphone yang Teepat 
Earphone yang bagus akan memblokir suara bising di luar dan memberikan frekuensi suara dalam proporsi tepat. 

4. Bawa Penyumbat Telinga 
Ketika mengalami kebisingan, seperti paparan suara hair dryer selama 90 menit atau lebih, sumbat telinga dengan alat yang banyak tersedia di pasaran. Meski terlihat sedikit norak, fungsinya akan sangat besar dalam mencegar Anda mengalami gangguan pendengaran.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!