Jumat, 19 Agustus 2011

Kapan Waktunya Payudara Wanita Terlihat Paling Sempurna?

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang sangat dijaga oleh kaum perempuan dan paling sering dikagumi oleh laki-laki. Tapi sebenarnya kapan perempuan memiliki payudara paling indah? Perkembangan payudara wanita terjadi dalam beberapa tahap sepanjang hidupnya. Diawali pada masa sebelum kelahiran, saat pubertas dan setelah mengalami puber. Perubahan juga kerap terjadi selama menstruasi dan ketika menopause.

Selama berada di dalam rahim, payudara sudah mulai terbentuk dengan adanya penebalan di daerah dada (mammary ridge) atau garis susu. Pada saat bayi perempuan lahir maka puting dan sistem awal saluran susu sudah terbentuk.

Payudara ini akan terus berkembang hingga akhirnya terdiri dari 15-24 lobus atau subdivisi kecil dari jaringan payudara. Kelenjar payudara ini dipengaruhi oleh hormon yang diaktifkan saat pubertas. Perubahan ini akan terus terjadi hingga terbentuk payudara yang padat berisi, seperti dikutip dari medicalcenter.osu.edu.

Payudara yang padat berisi ini menandakan kematangan dan menambah kepercayaan diri seorang perempuan. Kondisi ini terjadi pada usia sekitar awal 20-an tahun. Payudara pada rentang usia tersebut diketahui sebagai bentuk payudara perempuan yang paling indah.

Untuk mendapatkan bentuk payudara yang padat berisi harus melalui beberapa tahap pertumbuhan payudara. Pola pertumbuhan ini dibagi menjadi lima tahap perkembangan payudara yaitu:

1. Tahap 1 (Di Bawah Usia 10 Tahun)
Dalam jangka waktu ini perkembangan payudara belum terlihat dan aerola hanya terlihat seperti daerah kecoklatan.

2. Tahap 2
Pada tahap ini kuncup payudara (payudara dan puting) sudah mulai mengangkat atau berkembang, daerah aerola sudah semakin luas dan saluran-saluran di dalam payudara sudah mulai tumbuh.

3. Tahap 3
Pada tahap ini kuncup atau tunas payudara mulai memperbesar. Kemungkinan ada beberapa rasa sakit atau ketidaknyamanan pada tahap perkembangan ini.

4. Tahap 4

Pada tahap ini perkembangan payudara sudah berbentuk seperti gundukan dan secara bertahap semakin membesar, dan ada tanda garis-garis merah muda yang muncul di payudara. Pada kondisi ini seseorang harus mulai memperhatikan ukuran bra yang tepat untuk mendukung perkembangannya.

5. Tahap 5 (Usia 20-an Tahun)

Tahap ini merupakan yang terakhir hingga akhirnya payudara matang dan menjadi penuh serta bulat. Pada tahap ini seorang perempuan bisa mengetahui ukuran bra yang tepat untuk payudaranya dan akan berusaha mempertahankannya.

Meski begitu bentuk dan ukuran payudara ini bisa mengalami perubahan seperti mengecil atau membesar, seperti saat berat badan naik payudara akan membesar, berat badan turun payudara bisa ikut menyusut, proses kehamilan dan menyusui akan membuat payudara membesar dan sebelum masa menstruasi akibat adanya peningkatan hormon estrogen.



1 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!