Senin, 21 November 2011

Apel Tersangka Penyebab Gigi Berlubang

Apel Menyebabkan Gigi Berlubang?
Apel Tersangka Penyebab Gigi Berlubang

Apel sejak dulu dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan manfaat. Rasanya manis segar sedikit asam. Jika dikunyah secara lambat dan pelan buah yang seksi bentuknya ini bisa membawa akibat kurang baik untuk gigi.

Siapa yang tak ingin memiliki gigi sehat dan kuat? Gigi yang sehat dan kuat memang menjadi salah satu bagian penting dari penampilan. Gosok gigi teratur merupakan salah satu cara memelihara gigi. Namun cermat memilih makanan juga penting untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Orang mengira mengganti camilan permen dengan makan buah bisa membuat gigi tetap sehat. Namun, sebuat riset dari King’s College London Dental Institute menyatakan bahwa tidak semua buah baik buat kesehatan gigi. Seperti apel, kandungan gula alami pada apel bisa memicu kadar asam yang berbahaya buat gigi.

Selain apel ada sejumlah makanan lain yang bikin memicu kerusakan pada gigi.

1. Apel
Buah apel dengan rasa manis yang berlebih bisa memicu kadar asam pada mulut yang merusak gigi. Hindari makan apel dengan lambat, karena saat proses pengunyahan yang lama bisa memicu kadar asam pada mulut semakin banyak dan bias membuat gigi berlubang. Sebaliknya, jika makan apel dengan cepat, kandungan kalsium apel bisa membantu menetralkan asam, dan bisa menguatkan jaringan tulang termasuk gigi.

2. Minuman yang Merusak Gigi
Anggur, beer, dan jus buah memberikan risiko kerusakan gigi empat kali lebih tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Meski demikian, jus buah masih merupakan minuman tersehat. Jadi, anda bisa menggunakan sedotan dan memilih jus buah segar tanpa gula tambahan.

3. Sereal Batangan
Kenapa sereal batangan masuk ke dalam black list para dokter gigi? Ternyata dalam sereal yang berbentuk batangan memiliki kandungan gula dalam jumlah banyak yang bisa bikin gigi cepat berlubang.

4. Menyikat Gigi Setelah Makan
Langsung menyikat gigi setelah makan bisa memicu kerusakan gigi. Sebab, saat makan, kadar asam pada mulut bisa membuat email gigi menjadi sangat rentan dan rapuh. Cobalah untuk menyikat gigi 30 menit setelah makan.

5. Permen Karet
Menurut Dr. Junket dari Universitas Boston, beberapa permen karet bebas gula, terutama yang memiliki rasa buah, mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Asam ini akan memengaruhi enamel gigi, dan memicu kerusakan. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan atau ngemil, mengurangi 40 % resiko kerusakan gigi. Permen karet sangat efektif jika dikunyah selama 20 menit setelah makan, ketika asam di mulut sangat aktif.


Sumber : Detikfood.com


0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!