Senin, 21 November 2011

Sebutir Apel Bisa Kurangi Resiko Stroke

Sebutir Apel Bisa Kurangi Resiko Stroke
Apel Vs Stroke


Pepatah kuno 'an apple a day keeps the doctor away' sudah sangat dikenal orang. Khasiat apel kini justru terbukti lebih dahsyat. Riset terakhir membuktikan dengan makan sebutir apel sehari resiko terkena serangan stroke makin kecil.

Sebuah riset terbaru dipublikasikan di Stroke: Journal of the American Heart Association menyebutkan bahwa resiko serangan stroke berkurang hingga 9% tiap kali orang makan 25 gram apel setiap hari. Termasuk juga buah dengan daging buah berwarna putih yaitu pir.


Jika memakan 1 butir apel atau pir (ukuran sedang seberat 100-125 gram) maka resiko terkena stroke bisa berkurang 36%-45%. Hal ini disebabkan oleh buah berdaging buah putih ini memiliki kandungan quercetin yang tinggi.

Quercetin mampu meredam peradangan pada tubuh dan penting untuk menangkal stroke karena peradangan berkaitan dengan pengerasan pembuluh darah arteri yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Dalam studi peneliti melacak konsumsi sayuran dan buah-buahan pada 20.069 orang dewasa (rata-rat berusia 40 tahun) selama 10 tahun. Tiap orang dalam riset ini tidak terkena penyakit jantung pada periode awal penelitian.

Mereka diminta mengisi kuestioner mengenai jenis buah-buahan dan sayuran yang dimakan, termasuk sayuran hijau, aneka jenis jeruk, sayuran berwarna merah dan ungu dan putih (55%nya adalah apel dan pir kecuali kentang karena kentang termasuk sumber karbohidrat).

Setelah 10 tahun, 233 orang terkena stroke. Peneliti tidak menemukan korelasi warna hijau, oranye, kuning, merah atau ungu yang menjadi pemicu stroke. Namun, mereka menemukan indikasi bahwa mereka yang makan buah berdaging buah putih memiliki resiko 52% lebih kecil terkena stroke dibandingkan dengan yang tidak makan buah tersebut.

Buah yang berdaging buah putih termasuk pisang, ketimun, kembang kol dan chicory. Riset terdahulu yang dipublikasikan jurnal Neurology memberikan informasi lain. Bukan hanya buah ini saja tetapi minyak olive juga menunjukkan kemampuan menurunkan resiko stroke.

Review 15 studi yang dipublikasikan majalah Stroke memperlihatkan bahwa makan 3 porsi ikan dalam seminggu juga bisa menurunkan resiko stroke hingga 6%. Jadi, tak ada salahnya mulai mencoba makan sebutir apel setiap hari.



Sumber : Detikhealth.com



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Semoga dapat memberi wawasan yang lebih bermanfaat!