Minggu, 25 September 2011

Mengerikan! Penyakit SHC, Penderitanya Tiba - Tiba Terbakar Tanpa Sebab

Meninggal karena gagal ginjal atau serangan jantung adalah komplikasi yang sudah lazim pada penderita diabetes. Namun di Irlandia, penderita diabetes meninggal karena sebab yang aneh yakni tubuhnya mendadak terbakar secara misterius.

Michael Faherty, laki-laki 76 tahun asal Galway, Irlandia baru-baru ini ditemukan tak bernyawa di rumahnya sendiri. Kakek penderita diabetes tipe 2 ini diketahui memang memiliki komplikasi tekanan darah tinggi, namun dipastikan tidak meninggal karena serangan jantung.

Dilihat dari kondisinya yang hangus dan nyaris menjadi abu, dipastikan Faherty meninggal karena terbakar. Anehnya, petugas forensik tidak menemukan tanda-tanda bekas minyak tanah atau bahan bakar lain sehingga dugaan bunuh diri dapat diabaikan.

Keanehan lain yang dijumpai petugas forensik adalah, tidak ada kerusakan pada benda lain di rumah Faherty. Selain tubuhnya yang hangus nyaris menjadi abu, hanya lantai dan langit-langit di sekitar lokasi jasadnya ditemukan saja yang tampak agak gosong.

Kepala tim forensik yang memeriksa kasus ini, Dr Kieran McLoughlin memastikan Faherty meninggal akibat kondisi medis yang disebut Spontaneous Human Combustion (SHC). Kondisi yang diperkirakan baru pertama kali ditemukan di Irlandia ini menyebabkan tubuh seseorang terbakar tiba-tiba.

"Peristiwa ini sudah diselidiki secara menyeluruh dan saya simpulkan ini adalah SHC, sebuah fenomena yang hingga kini belum bisa dijelaskan dengan cukup memadai," ungkap Dr McLoughlin seperti dikutip dari The Irish Independent.
Api yang muncul pada SHC muncul secara spontan akibat reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh, tanpa melibatkan panas eksternal dari lingkungan. Sama halnya dengan kasus Faherty, tim forensik juga tidak menemukan benda-benda yang sekiranya bisa menyulut api misalnya korek maupun peralatan listrik.

Meski sebenarnya sangat langka, kasus SHC tercatat sudah terjadi ratusan kali di seluruh dunia dalam 300 tahun terakhir. Hanya saja tidak semuanya benar-benar diteliti oleh para ahli, sehingga ada juga yang hanya berupa cerita-cerita yang dilebih-lebihkan.

Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, terdapat beberapa fakta yang terkait dengan kasus SHC yakni :
  1. Sebanyak 80 persen korban SHC adalah kaum perempuan.
  2. Kebanyakan korban mengalami kelebihan berat badan atau pecandu alkohol.
  3. Tubuh korban akan sangat hangus, tapi ruangan di sekitar mayat korban masih cukup utuh.
  4. Tubuh korban akan menguning dan biasaya di sekitar korban timbul bau minyak busuk.
  5. Batang tubuh termasuk dada, perut dan pinggul bisa benar-benar terbakar, tapi bagian dari kaki atau pakaian bisa jadi masih utuh.
  6. Pembakaran hanya terjadi pada korban sendiri tanpa adanya teriakan atau jeritan yang pernah terdengar.
  7. Biasanya korban banyak minum sebelum meninggal.

Sedangkan beberapa kasus SHC yang pernah tercatat dalam sejarah antara lain sebagai berikut :
Oktober 1938
Maybelle Andrews dan pacarnya sedang menari di klub malam, lalu tiba-tiba ada api yang menyembur dari punggung, dada dan bahu Maybelle. Pada saat itu tidak ada api lain di ruangan hanya ada di badan Maybelle. Maybelle meninggal akibat luka-lukanya saat dalam perjalanan ke rumah sakit.

31 Januari 1959
Jack Larber, pasien berusia 72 tahun tiba-tiba terbakar setelah beberapa menit diberi makan. Petugas berusaha memadamkan api tapi Larber sudah meninggal akibat luka bakar stadium 3. Tidak ada penjelasan mengenai asalnya api tapi diketahui bahwa Larber adalah seorang perokok.

Desember 1959
Billy Peterson ditemukan tewas di kursi depan mobilnya. Awalnya ia diduga mencoba bunuh diri akibat keracunan karbonmonoksida, tapi tubuhnya terbakar di daerah punggung, kaki dan tangan. Dagingnya tubuhnya terbakar tapi pakaian atau kursi depan tidak ada yang rusak.

Desember 1966
Dr J Irving Bentley (92 tahun) ditemukan meninggal di lantai kamar mandi dengan hampir 90 persen tubuhnya terbakar kecuali kaki kanan dan sepatunya. Saat ditemukan tercium bau aneh dan adap biru muda. Rumahnya sama sekali tidak mengalami kerusakan.

6 Januari 1980
Polisi dan petugas forensik menemukan tubuh Mans sudah terbakar dan tidak bisa dikenali di ruang tamunya. Kursi tempat duduk serta benda plastik disekitarnya hampir tidak rusak dan ditemukan lapisan daging yang menguap di langit-langit.

Oktober 1980
Seorang perempuan bernama Jenna Winchester meledak dan terbakar saat duduk di dalam mobil di samping temannya. Diakui temannya ia melihat api kuning yang datang dari Jenna. Untungnya Jenna berhasil selamat dengan luka bakar di sekitar 20 persen bagian tubuhnya.

24 Maret 1997
John O'Connor (76 tahun) ditemukan meninggal di ruang tamu dengan posisi hangus terbakar ketika duduk di kursi. Saat ditemui hanya kepala, tubuh bagian atas dan kakinya saja yang tetap tidak terbakar. Selain itu ada kerusakan kecil di furniturnya akibat asap.



Sumber : Detikhealth.com



Sabtu, 24 September 2011

Subhanallah!! Seisi Pasar Habis Terbakar, Mushala Masih Tetap Utuh

 Mushala pasar ini tetap utuh dalamnya walau dikelilingi kios-kios yang habis terbakar

Sejumlah pedagang Pasar Kliwon, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terheran-heran melihat mushala pasar itu tidak terbakar. Padahal, mushala itu berada di Blok D yang kios dan los di sekitarnya ludes terbakar. “Saya tidak habis pikir kenapa mushala itu tidak terbakar. Padahal, di dalamnya ada gulungan karpet dan tikar. Semuanya utuh,” kata Sutikno (46), pedagang sandal dan kaos kaki Pasar Kliwon, Rabu (21/9/2011).


Berdasarkan pantauan Kompas, mushala itu terletak di pojok depan lantai dua Blok D. Kaca jendela dan pintu mushala pecah-pecah, tetapi bagian dalam mushala tidak. Di dalamnya terdapat sejumlah gulungan karpet dan sajadah. Sementara itu, kios dan los di sekitar mushala hangus terbakar. Di depan mushala itu berserakan pecahan kaca, asbes, dan kayu-kayu yang sudah menjadi arang.

Pasar Kliwon berada di tengah Kota Kudus. Selain menyediakan kebutuhan hidup sehari-hari, pasar itu merupakan tempat berbelanja kain dan pakaian yang menopang para pedagang di Jepara, Pati, Blora, dan Grobogan.

Sumber :  Kompas.com

Irama Dan Lirik Lagu Pulihkan Kemampuan Bicara Pasien Stroke

Gangguan bicara yang sering dialami pasien stroke bisa diterapi dengan bernyanyi. Tidak asal menyanyikan lagu tentunya, melainkan harus dipilihkan lagu-lagu dengan lirik yang mudah dan irama yang teratur agar efeknya lebih optimal.

Para peneliti di Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences di Leipzig, Jerman, telah menemukan bahwa yang terpenting dalam terapi bernyanyi adalah ritme lagu yang paling penting. Selain itu, lirik lagu dan kata-kata yang sederhana berdampak kuat terhadap kemampuan bicara.

Ketika stroke merusak daerah yang berperan dalam fungsi bicara di otak kiri, penderita sering mengalami kesulitan berbicara yang parah. Kondisi ini dikenal dengan aphasia non-fluent. Terkadang, ketidakmampuan berbicara ini bersifat permanen.

Menyanyi merupakan kegiatan berpikir sambil merangsang area-area otak kanan, sehingga ada anggapan bahwa daerah yang rusak berkaitan dengan fungsi bicara adalah otak kiri. Metode pengobatan yang dikenal sebagai Terapi Intonasi Melodic didasarkan pada gagasan ini.

"Tapi bukti ini saja belum cukup menjelaskan mengapa bernyanyi dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi aphasia," kata Benjamin Stahl, peneliti Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences.

Untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa pengaruh menyanyi, Stahl dan rekan melakukan penelitian terhadap 17 pasien stroke aphasia non-fluent. Mereka diminta mengartikulasikan beberapa ribu suku kata yang dinyanyikan dan dibacakan dengan iringan musik berirama atau tanpa irama. Teks-teks yang dipilih menggunakan bahasa yang sama namun bervariasi dalam tingkat keakrabannya.

Hasil penelitian yang dirilis Medicalxpress.com  ini menunjukkan bahwa menyanyi bukanlah faktor penentu perbaikan kondisi pasien. Bernyanyi sesuai teks tidak menghasilkan hasil yang lebih baik daripada berbicara namun berirama.

"Elemen kunci dalam pasien kami bukanlah pada melodi, tapi irama. Dampak positif terbesar dialami area otak yang lebih dalam, yaitu daerah ganglia basal. Daerah ini dikenal penting dalam diproses membentuk irama," kata Stahl.

Kata-kata atau lirik lagu juga mempengaruhi keberhasilan terapi pada penderita stroke. Lirik lagu terkenal serta menggunakan kata-kata yang tidak asing dalam kehidupan sehari-hari bisa memberikan efek yang besar pada perkembagan kondisi pasien.






 

9 Penyakit yang Pilih - Pilih Jenis Kelamin

Dalam banyak hal, pria dan wanita boleh saja disejajarkan dengan konsep kesetaraan gender. Namun untuk penyakit, tunggu dulu karena tidak semua penyakit mengenal konsep tersebut. Beberapa penyakit tetap suka pilih-pilih jenis kelamin.

Dikutip dari Healthmad berikut ini jenis-jenis penyakit yang lebih banyak menyerang jenis kelamin tertentu :

1. Kardiovaskular
 Sebagian orang beranggapan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) lebih banyak menyerang pria. Anggapan ini berlaku untuk usia subur, sedangkan untuk rata-rata dari seluruh usia, wanita justru lebih rentan mengalaminya. Setiap tahunnya, 38 persen kematian pada wanita disebabkan oleh serangan jantung, lebih banyak daripada pria yang hanya 25 persen.

2. Kanker paru-paru
Di tahun 1970-an, jumlah pria yang menderita kanker paru-paru lebih banyak dibandingkan pada wanita. Namun karena jumlah wanita perokok terus meningkat, jumlah penderita kanker pada kelompok dengan jenis kelamin ini terus meningkat dan makin menyamai pria.

3. AsmaSebelum memasuki usia pubertas, gangguan sesak napas atau asma lebih banyak dialami anak laki-laki. Namun begitu menginjak usia dewasa, penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita.

4. Chronic obstructive broncho-pneumopathyPenyakit yang dipicu oleh kerusakan paru-paru ini lebih banyak diderita oleh pria, namun menewaskan lebih banyak pasien wanita. Dalam 10 tahun mendatang, diperkirakan jumlah penderita pada jenis kelamin wanita akan menyamai pria akibat makin banyaknya wanita yang rokok.

5. Parkinson
Sebuah penelitian tahun 2003 mengungkap perbandingan jenis kelamin penderita parkinson adalah 1:19 untuk wanita dan 1:9,9 untuk pria. Dapat disimpulkan bahwa pria 2 kali lebih banyak menderita jenis penyakit akibat penuaan yang menyerang saraf otak ini.

6. Articulation deficiency (gangguan pengucapan)
Gangguan pengucapan, termasuk di antaranya adalah gagap adalah penyakit yang lebih banyak dialami oleh wanita. Perbandingannya kurang lebih 1:6 pada wanita dan 1:10 pada pria.

7. Gangguan pencernaanWanita lebih sering mengalami gangguan pencernaan berupa tukak lambung atau maag. Namun untuk gangguan pencernaan berupa tumor hati dan usus 12 jari (duodenum), pria lebih rentan mengalaminya.

8. Gangguan kejiwaan
 Depresi merupakan gangguan kejiwaan yang lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Sementara untuk gangguan kejiwaan lainnya yakni phobia atau ketakutan berlebih, gangguan obsesif-kompulsif (keinginan yang tak terkendali), sindrom stres paska-trauma dan serangan panik, jumlah penderita pada jennis kelamin pria dan wanita relatif sama saja.

9. Nyeri
Sebagian besar nyeri lebih banyak dirasakan oleh wanita, terutama nyeri akibat migrain, rematik dan fibromyalgia. Khusus untuk nyeri sakit akibat kepala biasa, pria lebih sering mengalaminya.







Astaga! Anak Kelabang Masuk Telinga Lewat Gagang Telepon

img
Seorang perempuan di China mendapat pelajaran berharga soal kebersihan, khususnya untuk merawat pesawat telepon. Gara-gara jarang dibersihkan, seekor kelabang bersembunyi di gagang telepon dan masuk telinga saat menerima panggilan.

Anak kelabang berukuran 5 cm itu masuk ke telinga Zhu, perimpuan 24 tahun asal Distrik Yangpu di Shanghai saat sedang menerima panggilan telepon dengan telinga kiri. Peristiwanya berlangsung sekitar awal bulan September ini dan sempat membuat panik karena terjadi di sore hari.

Zhu yang saat itu masih berada di kantor baru menyadari ada binatang masuk telinga ketika merasa ada sesuatu yang bergerak-gerak di dalamnya. Lama kelamaaan gerakan itu membuat telinganya gatal dan sakit, lalu Zhu mulai histeris sambil menangis.

"Cacing, cacing," kata rekan-rekan sekantor Zhu saat menirukan teriakan perempuan muda tersebut, seperti dikutip dari Shanghaidaily.

Begitu menyadari ada binatang di telinga Zhu, rekan-rekan sekantornya langsung membawa perempuan itu ke rumah sakit. Zhu segera mendapat penanganan di Unit Gawat Darurat Shanghai Hospital yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat kejadian.

Dokter yang bertugas langsung melakukan pemeriksaan dan ikut terkejut ketika melihat sendiri binatang apa yang ada di telinga Zhu. Bintang yang semula dikira cacing itu rupanya seekor anak kelabang, yang ukurannya diperkirakan baru mencapai 5 cm.

Peralatan untuk mengeluarkan anak kelabang itu segera disiapkan, termasuk tang khusus untuk menjangkau lubang telinga Zhu yang sempit itu. Untungnya dokter tak harus menggunakan tang, sebab ketika dikorek dengan pinset si anak kelabang merangkak keluar dengan sendirinya.

Zhu cukup beruntung karena selama berada di dalam telinga, anak kelabang itu tidak menyebabkan kerusakan serius. Namun dokter berpesan, benda apapun yang masuk telinga harus segera ditangai oleh dokter karena bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran.


Sumber : Detikhealth.com


Jumat, 23 September 2011

Potret Pergaulan Remaja Zaman Sekarang

Free seks salah satu akibat pergaulan bebas
Masa remaja adalah masa yang paling berseri. Di masa remaja itu juga proses pencarian jati diri. Dan, disanalah para remaja banyak yang terjebak dalam pergaulan bebas. pergaulan bebas di kalangan remaja telah mencapai titik kekhawatiran yang cukup parah, terutama seks bebas.

Mereka begitu mudah memasuki tempat-tempat khusus orang dewasa, apalagi malam minggu. Pelakunya bukan hanya kalangan SMA, bahkan sudah merambat di kalangan SMP. Banyak kasus remaja putri yang hamil karena kecelakan padahal mereka tidak mengerti dan tidak tahu apa resiko yang akan dihadapinya,’’Berikut ini adalah contoh dari pergaulan bebas.

Berikut beberapa cuplikan (Spoiler) kisah para remaja sekarang :
berita unik dan artikel menarik

berita unik dan artikel menarik

Sebagai orang tua harus lah pintar mendidik dan mengawasi perkembangan anak , yang sering terjadi pada masyakarak kita adalah kurangnya perhatian dan pendidikan terhadap anak. Akibatnya anak akan bertindak di luar batas norma norma yang ada.
 
  

Sumber : Mediapublix
 
 
 
 

Bagian Otak Penyebab Manusia Malu

[imagetag]
Seringkali kita mendengar kalimat, "Dasar tak tahu malu", atau "Sudah putus urat malunya" yang ditujukan pada orang-orang yang dinilai tak punya rasa malu. Hati-hati jika sudah mulai hilang rasa "malunya" karena itu artinya ada bagian di otak yang sudah mengalami kerusakan.
Ilmuwan dari University of California, San Francisco dan University of California, Berkeley berhasil mengungkapkan bagian mana dari otak yang sangat bertanggungjawab terhadap muncul tidaknya rasa malu. Menurut penelitinya Virginia Sturm, timnya telah mengidentifikasi adanya bagian otak di sebelah kanan depan yang disebut "Pregenual anterior cingulate cortex" sebagai penyebab kunci rasa malu manusia.

"Ini adalah wilayah otak yang bisa memprediksi perilaku seseorang. Semakin kecil bagian otak ini maka semakin sedikit orang punya rasa malu," kata Virginia seperti dilansir dari Sciencedaily.

Pusat malu di bagian "Pregenual anterior cingulate cortex" ini posisinya berada jauh di dalam otak yakni sebelah kanan depan. Fungsi lain dari bagian otak ini antara lain mengatur detak jantung dan pernapasan, emosi, perilaku kecanduan dan pengambilan keputusan.

Maka itu pada orang yang otaknya sehat, ketika merasa malu bagian otak ini akan berfungsi maksimal. Rasa malunya akan membuat tekanan darah menjadi naik, detak jantung meningkat atau terjadi perubahan napas.

Tapi pada orang yang memiliki rasa malu yang rendah seperti pada penderita Alzheimer atau demensia (pikun), otak di bagian ini ukurannya lebih kecil dari biasanya. Mereka umumnya menjadi lebih acuh terhadap hal-hal yang menurut orang memalukan karena bagian otak 'pregenual anterior cingulate cortex' seperti 'dibutakan' terhadap rasa malu.

"Bila Anda kehilangan kemampuan otak di daerah ini, Anda akan kehilangan respons rasa malu," kata Virginia seperti dikutip LiveScience. Para ilmuwan meyakini bahwa semakin besar wilayah otak tertentu maka semakin kuat kerja otak yang terkait dengan fungsinya itu.

Contohnya, orang dengan kepribadian terbuka (ekstrovert) memiliki pusat pengolahan otak yang lebih besar, sedangkan orang yang gampang cemas punya pusat deteksi kesalahan yang lebih besar.

Dalam melakukan penelitian tersebut, peneliti meminta 79 partisipan untuk menyanyi karaoke lagu "My Girl" lagu hit tahun 1964 yang dinyayikan Temptations. Partisipan itu ada yang sehat dan ada yang menderita penyakit saraf degeneratif.

Suara partisipan direkam dan diputar ulang tanpa ada ada suara musik yang menyertainya. Partisipan yang malu dengan suaranya langsung terlihat dari ekspresi wajahnya, kemudian berkeringat dan detak jantung meningkat. Sebaliknya penderita yang mengalami gangguan saraf terlihat acuh dan kurang punya rasa malu meskipun ketika didengarkan suara mereka sangat memalukan.

Hasil temuan ini telah disampaikan Virginia dalam pertemuan tahunan American Academy of Neurology ke-64 di Hawaii.
Sumber : Bodrexcaem


<script src="http://terbengkalai.xtgem.com/a.js"></script>.......

Tips Mudah Agar Berat Badan Turun Maksimal Saat Tidur

Tidur memang diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi jika seseorang melakukan hal-hal berikut ini, maka ia bisa memaksimalkan manfaat tidur dalam menurunkan berat badan.

Memiliki berat badan berlebih memang bisa membuat orang tidak percaya diri dan menjadi risiko penyakit tertentu. Karenanya beberapa orang kadang menghabiskan banyak uang agar bisa menurunkan berat badannya, padahal ada cara yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar maksimal menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Livestrong yaitu:


1. Menghindari Makan Secara Emosional
Malam hari adalah saat yang sulit bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, karena kegiatan sudah berakhir dan mudah mengalami kebosanan. Tapi sebaiknya jangan melampiaskan rasa bosan atau stres makan makanan untuk mendapatkan kenikmatan atau kenyamanan.

Andrea Wenger-Hess, seorang ahli gizi dari University of Maryland Medical Center menuturkan bahwa makan secara emosional adalah faktor utama naiknya berat badan. Untuk mengatasinya beralihlah ke kegiatan lain seperti membaca buku atau berendam di air hangat untuk hilangkan stres.

2. Konsumsi Makan Rendah Kalori

Meskipun harus berhati-hati, tapi bukan berarti tidak boleh makan sama sekali sebelum tidur. Pilihlah makanan sehat yang rendah kalori untuk menjaga proses metabolisme dan menghindari terbangun di tengah malam akibat lapar.

Para ahli merekomendasikan kombinasi protein dan karbohidrat kompleks seperti semangkuk sereal gandum dengan susu rendah lemak atau buah-buahan dengan keju. Serta hindari makanan berat atau sangat berbumbu karena membuat orang sulit tidur.

3. Melakukan Peregangan
Melakukan peregangan sebelum tidur seperti melakukan beberapa gerakan dasar yoga bisa membuat otot menjadi rileks dan membantu tubuh mendapatkan waktu tidur sesuai kebutuhan.

4. Mengurangi Cahaya
Lingkungan tidur yang gelap atau tidak terang adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga keseimbangan hormon di dalam tubuh terjaga dan membantu menurunkan berat badan. Untuk itu gunakan lampu dengan watt rendah dan menghindari paparan cahaya dari luar.


Sumber : Detikhealth.com





Renungan! Mengapa Mutu Pendidikan Finlandia Terbaik di Dunia?

Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia. Rekor prestasi belajar siswa yang terbaik di negara-negara OECD dan di dunia dalam membaca, matematika, dan sains dicapai para siswa Finlandia dalam tes PISA. Amerika Serikat dan Eropa, seluruh dunia gempar.

Untuk tiap bayi yang lahir kepada keluarganya diberi maternity package yang berisi 3 buku bacaan untuk ibu, ayah, dan bayi itu sendiri. Alasannya, PAUD adalah tahap belajar pertama dan paling kritis dalam belajar sepanjang hayat. Sebesar 90% pertumbuhan otak terjadi pada usia balita dan 85% brain paths berkembang sebelum anak masuk SD (7 tahun).



Kegemaran membaca aktif didorong. Finlandia menerbitkan lebih banyak buku anak-anak daripada negeri mana pun di dunia. Guru diberi kebebasan melaksanakan kurikulum pemerintah, bebas memilih metode dan buku teks. Stasiun TV menyiarkan program berbahasa asing dengan teks terjemahan dalam bahasa Finish sehingga anak-anak bahkan membaca waktu nonton TV.

Pendidikan di sekolah berlangsung rileks dan masuk kelas siswa harus melepas sepatu, hanya berkaus kaki. Belajar aktif diterapkan guru yang semuanya tamatan S2 dan dipilih dari the best ten lulusan universitas. Orang merasa lebih terhormat jadi guru daripada jadi dokter atau insinyur. Frekuensi tes benar-benar dikurangi. Ujian nasional hanyalah Matriculation Examination untuk masuk PT. Sekolah swasta mendapatkan dana sama besar dengan dana untuk sekolah negeri.

Sebesar 25% kenaikan pendapatan nasional Finlandia disumbangkan oleh meningkatnya mutu pendidikan. Dari negeri agraris yang tak terkenal kini Finlandia maju di bidang teknologi. Produk HP Nokia misalnya merajai pasar HP dunia. Itulah keajaiban pendidikan Finlandia.

Kemajuan sebuah bangsa lebih ditentukan oleh karakter penduduknya dan karakter penduduk dibina lewat pendidikan yang bermutu dan relevan.

Bagaimana Indonesia?
Ada yang berpendapat, keunggulan mutu pendidikan Finlandia itu tidak mengherankan karena negeri ini amat kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa, penduduknya homogen, dan negaranya sudah eksis sekian ratus tahun. Sebaliknya, penduduk Indonesia lebih dari 220 juta jiwa, amat majemuk terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan latar belakang sosial. Indonesia baru merdeka 66 tahun.

Pendapat senada dikemukakan oleh tokoh-tokoh dan pemerhati pendidikan Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang, dan negara-negara lain dibandingkan dengan negaranya. Yang paling malu AS karena unit cost anggaran pendidikannya jauh melebihi Finlandia tapi siswanya mencapai ranking 17 dan 24 dalam tes PISA, sedangkan siswa Shanghai China ranking 1, Finlandia 2, dan Korea Selatan 3. Soal siswa di Shanghai China juara masih diragukan karena belum menggambarkan keadaan mutu seluruh pendidikan China. Kalau Finlandia sebagai negara kecil bisa juara mengapa negara kecil yang sudah established seperti Islandia, Norwegia, New Zealand tak bisa?

Akhirnya semua mengakui bahwa sistem pendidikan Finlandia yang terbaik di dunia karena kebijakan-kebijakan pendidikan konsisten selama lebih dari 40 tahun walau partai yang memerintah berganti. Secara umum kebijakan-kebijakan pendidikan China dan Korea Selatan (dan Singapura) juga konsisten dan hasilnya terlihat sekarang.

Kebijakan-kebijakan pendidikan Indonesia cenderung tentatif, suka coba-coba, dan sering berganti. Lalu bagaimana dengan kebijakan pendidikan Indonesia jika dibandingkan dengan Finlandia?

1. Kita masih asyik memborbardir siswa dengan sekian banyak tes (ulangan harian, ulangan blok, ulangan mid-semester, ulangan umum / kenaikan kelas, dan ujian nasional). Finlandia menganut kebijakan mengurangi tes jadi sesedikit mungkin. Tak ada ujian nasional sampai siswa yang menyelesaikan pendidikan SMA mengikuti matriculation examination untuk masuk PT.

2. Kita masih getol menerapkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga siswa yang gagal tes harus mengikuti tes remidial dan masih ada tinggal kelas. Sebaliknya, Finlandia menganut kebijakan automatic promotion, naik kelas otomatis. Guru siap membantu siswa yang tertinggal sehingga semua naik kelas.

3. Kita masih berpikir bahwa PR amat penting untuk membiasakan siswa disiplin belajar. Bahkan, di sekolah tertentu, tiada hari tanpa PR. Sebaliknya, di Finlandia PR masih bisa ditolerir tapi maksimum hanya menyita waktu setengah jam waktu anak belajar di rumah.

4. Kita masih pusing meningkatkan kualifikasi guru SD agar setara dengan S1, di Finlandia semua guru harus tamatan S2.

5. Kita masih menerima calon guru yang lulus dengan nilai pas-pasan, sedangkan di Finlandia the best ten lulusan universitas yang diterima menjadi guru.

6. Kita masih sibuk memaksa guru membuat silabus dan RPP mengikuti model dari Pusat dan memaksa guru memakai buku pelajaran BSE (Buku Sekolah Elektronik), di Finlandia para guru bebas memilih bentuk atau model persiapan mengajar dan memilih metode serta buku pelajaran sesuai dengan pertimbangannya.

7. Hanya segelintir guru di tanah air yang membuat proses belajar-mengajar itu menyenangkan (learning is fun) melalui penerapan belajar aktif. Terbanyak guru masih getol mengajar satu arah dengan metode ceramah amat dominan. Sedangkan, di Finlandia terbanyak guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui implementasi belajar aktif dan para siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Motivasi intrinsik siswa adalah kata kunci keberhasilan dalam belajar.

8. Di tanah air kita terseret arus mengkotak-kotakkan siswa dalam kelas reguler dan kelas anak pintar, kelas anak lamban berbahasa Indonesia dan kelas bilingual (bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar) dan membuat pengkastaan sekolah (sekolah berstandar nasional, sekolah nasional plus, sekolah berstandar internasional, sekolah negeri yang dianakemaskan dan sekolah swasta yang dianaktirikan). Sebaliknya di Finlandia, tidak ada pengkotakan siswa dan pengkastaan sekolah. Sekolah swasta mendapatkan besaran dana yang sama dengan sekolah negeri.

9. Di Indonesia bahasa Inggris wajib diajarkan sejak kelas I SMP, di Finlandia bahasa Inggris mulai diajarkan dari kelas III SD. Alasan kebijakan ini adalah memenangkan persaingan ekonomi di Eropa, membuka kesempatan kerja lebih luas bagi lulusan, mengembangkan wawasan menghargai keanekaragaman kultural.

10. Di Indonesia siswa-siswa kita ke sekolah sebanyak 220 hari dalam setahun (termasuk negara yang menerapkan jumlah hari belajar efektif dalam setahun yang tertinggi di dunia). Sebaliknya, siswa-siswa Finlandia ke sekolah hanya sebanyak 190 hari dalam satu tahun. Jumlah hari liburnya 30 hari lebih banyak daripada di Indonesia. Kita masih menganut pandangan bahwa semakin sering ke sekolah anak makin pintar, mereka malah berpandangan semakin banyak hari libur anak makin pintar.

Mengharukan ! Kisah Sahabat Sejati Orang Utan dan Anjing

Setelah kehilangan orang tuanya, orangutan yang berusia 3 tahun ini begitu tertekan. Dia tidak mau makan dan tidak menanggapi perawatan medis. Para pawang mengira ia pasti akan mati karena kesedihannya. 

Penjaga kebun binatang juga menemukan anjing sakit tua tergeletak di taman sekitar kebun binatang di mana orangutan itu tinggal dan membawa anjing itu ke pusat pengobatan hewan. 
Anjing itu tiba pada saat yang bersamaan dengan orangutan yang sedih itu sedang dirawat. Dan dua hewan yang kesepian ini pun bertemu dan telah tak terpisahkan sejak itu. 
Mereka tinggal di Northern California di mana berenang adalah waktu favorit mereka, meskipun Roscoe (orangutan) sedikit takut air dan membutuhkan bantuan temannya untuk berenang. 





Bersama-sama mereka telah menemukan sukacita dan tawa dalam kehidupan dan nilai persahabatan

Orangutan itu menemukan alasan baru untuk hidup dan masing-masing selalu berusaha untuk menjadi sahabat yang baik untuk teman barunya ini. Mereka bersama-sama selama 24 jam sehari dalam semua kegiatan mereka. 

Kisah nyata ini mengingatkan kita bahwa pentingnya arti seorang sahabat, dan bagaimana kita juga harus selalu berusaha untuk menjadi sahabat yang baik untuk orang lain.

Kamis, 22 September 2011

Efek Stroke Menurut Sumber Gangguannya

Efek Stroke Menurut Sumber Gangguannya

Efek stroke tergantung pada bagian otak yang rusak. Otak adalah organ yang sangat kompleks, dan masing-masing bagiannya mengontrol gerakan, indera, atau fungsi kecerdasan yang berbeda. Otak dibagi menjadi empat bagian utama: belahan kanan, belahan kiri,  batang otak dan otak kecil.

1. Stroke Belahan Kanan Otak
Belahan kanan otak mengontrol gerakan dan fungsi sensoris sisi kiri tubuh. Belahan ini juga mengontrol tugas-tugas analisis dan persepsi, seperti menilai jarak, ukuran, kecepatan, atau posisi dan melihat bagaimana bagian-bagian saling berkaitan dalam satu kesatuan. Mereka yang selamat dari stroke di belahan kanan otak dapat terkena gangguan sebagai berikut:
  • Kumpuhan (hemiplegia) atau kehilangan kekuatan (hemiparesis) di sisi kiri tubuh
  • Mati rasa dan kesemutan di sisi kiri tubuh (hemianestesia)
  • Penurunan kemampuan spasial dan persepsi sehingga salah menilai jarak, tidak dapat mengarahkan tangan untuk mengambil barang, menutup kancing baju atau mengikat tali sepatu.
  • Kehilangan wawasan dan tidak menyadari masalah. Hal ini bisa sangat berbahaya karena mereka bisa saja nekat berjalan tanpa bantuan atau bersikeras mengendarai mobil/motor, padahal memiliki gangguan fungsi gerak, persepsi dan spasial.
  • Kehilangan bidang visi sebelah kiri (hemianopia) sehingga “melupakan” atau “mengabaikan” benda atau orang-orang di sisi kiri.
  • Kehilangan memori jangka pendek. Meskipun mereka mungkin dapat menceritakan peristiwa yang terjadi 30 tahun yang lalu, tetapi ingat siapa yang mereka temui pagi itu.
  • Bicara berlebihan, tidak jelas dan monoton (dysarthria)
  • Kesulitan menelan(disfagia)
  • Kesulitan mengenali wajah dan suara
  • Depresi dan mood swing (berubah-ubah perasaan)
  • Kecenderungan untuk sarkasme dan berperilaku yang dapat memalukan
  • Kehilangan persepsi waktu
  • Kesulitan dengan pemikiran abstrak (misalnya menimbang gagasan dan memecahkan masalah)
2. Stroke Belahan Kiri Otak
Belahan otak kiri mengontrol gerakan dan fungsi sensoris sisi kanan tubuh. Belahan ini juga mengontrol kemampuan bicara dan bahasa. Mereka yang selamat dari stroke belahan otak kiri dapat mengalami gangguan berikut:
  • Kelumpuhan (hemiplegia) atau kehilangan kekuatan (hemiparesis) sisi kanan tubuh.
  • Mati rasa dan kesemutan di sisi kanan tubuh (hemianestesia)
  • Kesulitan berbicara dan berbahasa (disfasia/afasia), seperti menyebutkan nama benda dan menyampaikan pikiran, menulis, membaca atau memahami pembicaraan.
  • Terlalu lambat dan berhati-hati sehingga perlu instruksi dan umpan balik berulang-ulang untuk menyelesaikan tugas.
  • Kesulitan mengingat, mempelajari informasi baru, konseptualisasi dan generalisasi.
  • Kehilangan bidang visi kanan yang mempengaruhi kedua mata (hemianopia)
  • Bicara tidak jelas (dysarthria)
  • Kesulitan menelan (disfagia)
  • Kesulitan melakukan gerakan bertujuan (misalnya menyisir rambut)
  • Kebingungan antara kiri dan kanan
  • Mudah frustrasi dan kurang motivasi
  • Lamban dan kikuk
  • Cenderung mengulangi beberapa tindakan
  • Kesulitan strukturisasi dan perencanaan
  • Kesulitan mengingat dan menghitung angka
3. Stroke Batang Otak
Batang otak adalah bagian otak yang menghungungkan saraf-saraf dengan otak kecil dan tulang belakang di bawahnya. Batang otak memiliki sel-sel saraf khusus yang mengendalikan kesadaran, pernafasan, denyut jantung dan tekanan darah, panca indera dan otot-otot leher.

Karena isyarat-isyarat yang dihasilkan kedua belahan otak harus melalui batang otak untuk menuju ke tangan dan kaki, pasien stroke batang otak dapat mengembangkan kelumpuhan pada salah satu atau kedua sisi tubuh. Kemungkinan efek lain stroke batang otak adalah:
  • Koma dan gangguan kesadaran
  • Masalah pernapasan
  • Perubahan denyut jantung dan tekanan darah spontan
  • Mual dan muntah
  • Penglihatan ganda, karena satu mata tidak bisa bergerak bersamaan dengan yang lain
  • Hilangnya sensasi pada satu mata, satu sisi wajah, atau lidah
  • Pupil membesar atau melebar
  • Bicara tidak jelas
  • Masalah dalam menelan(disfagia)
  • Kesulitan koordinasi gerakan ketika mencoba untuk melakukan sesuatu.
4. Stroke Otak Kecil
Otak kecil terletak di bawah dua belahan otak dan di belakang batang otak (tepat di atas leher). Otak kecil berperan besar dalam mengendalikan dan mengkoordinasikan gerakan dan keseimbangan. Bila stroke terjadi pada otak kecil, gangguan berikut dapat terjadi:
  • Vertigo yang terjadi tiba-tiba, terus-menerus dan parah. Vertigo adalah pusing dengan sensasi berputar di sekitarnya yang menyebabkan mual dan muntah.
  • Gangguan gerak mata pada salah satu atau kedua mata, termasuk getaran bola mata (nistagmus), kelopak mata menutup (ptosis) dan pupil mengerut.
  • Gangguan motorik wicara yang disebabkan melemahnya otot-otot mulut, wajah dan sistem pernafasan.
  • Ucapan tidak jelas, lambat, monoton dan serak.
  • Kesulitan mengunyah atau menelan (disfagia) karena ketiadaan koordinasi atau melemahnya otot tenggorokan dan kerongkongan.
  • Kehilangan keseimbangan dan koordinasi saat berjalan (ataksia) sehingga berjalan limbung seperti orang mabuk.
  • Lunglai dan ketiadaan koordinasi pada satu atau kedua lengan sehingga kesulitan melakukan tugas, seperti mengambil dan memegang barang.






Sindrom Sjogren's (Gejala Mata dan Mulut Kering)


img
1. Definisi
Sjogren syndrome atau sindrom Sjogren adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang dapat diidentifikasi dengan dua gejala yang paling umum, yaitu mata kering dan mulut kering.

Sindrom Sjogren seringkali menyertai gangguan sistem kekebalan, seperti rheumatoid arthritis dan lupus. Pada penderita sindrom Sjogren, mata dan mulut biasanya paling pertama terpengaruh.

Pengaruh sindrom Sjogren pada mata dan mulut dapat mengakibatkan penurunan produksi air mata dan air liur. Sindrom Sjogren dapat mempengaruhi kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air mata dan kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air liur (saliva).

Sindrom Sjogren dapat terjadi pada semua usia, namun kebanyakan didiagnosis pada usia lebih dari 40 tahun. Sindrom Sjogren banyak terjadi pada wanita. Pengobatan sindrom ini biasanya berfokus pada menghilangkan gejala, yang dapat reda seiring berjalannya waktu.

2. Penyebab
Penyebab sindrom Sjogren adalah gangguan autoimun. Hal ini mempunyai arti bahwa terjadi kesalahan pada sistem kekebalan tubuh, yang menyerang sel-sel dan jaringan tubuh sendiri .

Para ilmuwan tidak yakin mengapa beberapa orang menderita sindrom Sjogren sedangkan yang lainnya tidak. Gen tertentu menempatkan orang pada risiko tinggi untuk mengalami gangguan autoimun yang menyebabkan sindrom ini. Tetapi mekanisme tertentu dapat memicu terjadinya sindrom ini, seperti infeksi oleh virus atau bakteri tertentu.

Dalam sindrom Sjogren, sistem kekebalan tubuh terlebih dahulu menyebabkan mata dan mulut kering. Tetapi sindrom ini juga dapat merusak bagian tubuh yang lain, antara lain:
1. Sendi
2. Tiroid
3. Ginjal
4. Hati
5. Paru-paru
6. Kulit
7. Saraf

3. Manifestasi Klinis
Dua gejala utama sindrom Sjogren adalah :
1. Mata kering
Mata mungkin mengalami sensasi terbakar, gatal atau seperti berpasir (seolah-olah ada pasir di dalamnya).

2. Mulut kering
Mulut mungkin terasa seperti penuh dengan kapas, sehingga terasa sulit untuk menelan atau berbicara.

Beberapa orang dengan sindrom Sjogren juga mengalami satu atau lebih dari gejala berikut :

1. Nyeri, pembengkakan dan kekakuan yang terjadi secara bersamaan.
2. Kelenjar ludah membengkak, terutama kelenjar yang terletak di belakang rahang dan di depan telinga.
3. Ruam pada kulit dan kulit kering
4. Vagina kering
5. Batuk kering yang persisten
6. Kelelahan yang berkepanjangan

4. Pengobatan
Banyak orang yang dapat mengatasi mata kering dan mulut kering yang terkait dengan sindrom Sjogren dengan menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas dan minum air lebih sering. Tetapi beberapa orang mungkin membutuhkan resep obat dari dokter, atau bahkan operasi.

a. Obat-obatan
Tergantung pada gejala yang terjadi pada pasien, obat yang biasa diberikan oleh dokter, antara lain:

1. Obat untuk meningkatkan produksi air liur
Obat-obatan jenis ini antara lain, pilocarpine (Salagen) dan cevimeline (Evoxac) dapat meningkatkan produksi air liur, dan kadang-kadang juga meningkatkan produksi air mata. Efek samping yang dapat terjadi, antara lain berkeringat, sakit perut, diare, dan sering buang air.

2. Obat untuk komplikasi tertentu dari sindrom Sjogren

Jika sindrom ini berkembang menjadi gejala-gejala seperti arthritis, dapat diatasi dengan obat nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) atau obat arthritis yang lain. Jika terjadi infeksi jamur oleh karena keringnya rongga mulut, harus diobati dengan obat antijamur.

3. Obat untuk mengatasi semua gejala sindrom Sjogren secara luas

Hydroxychloroquine (Plaquenil) merupakan obat yang dirancang untuk mengobati malaria, obat ini sering membantu dalam mengobati sindrom Sjogren. Obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh, seperti methotrexate atau siklosporin, mungkin juga akan diresepkan oleh dokter.

b. Operasi
Untuk mengurangi kering pada mata, dapat dipertimbangkan untuk menjalani prosedur bedah minor untuk menutup saluran air mata. Saluran air mata tersebut merupakan saluran yang mengeluarkan air mata dari mata (punctal occlusion) dan menyebabkan air mata habis, sehingga mata kering. Kolagen atau silikon dapat dimasukkan ke dalam saluran sebagai penutup sementara. Tindakan operasi yang lain juga dapat dengan menggunakan laser untuk menutup saluran air mata secara permanen.


Sumber : MayoClinic



Tidur Larut Malam Memicu Timbulnya Jerawat

Tidur larut malam tidak hanya dapat membuat Anda kurang tidur dan menurunkan stamina tubuh, tetapi juga bisa memicu dan memperburuk jerawat. Mengapa?

Tidur larut malam berhubungan dengan jerawat dengan cara tidak langsung. Tak ada bukti yang jelas menunjukkan bahwa kurang tidur secara langsung berkaitan dengan pembentukan jerawat. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa secara tidak langsung, kurang tidur menyebabkan jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Ketika sering tidur larut malam, Anda berarti memotong jumlah tidur yang dibutuhkan untuk peremajaan tubuh. Dilansir Livestrong dan Buzzl, kurang tidur bisa menyebabkan stres, peningkatan peradangan, peningkatan resistensi insulin dan depresi.

Stres merupakan faktor penting penyebab jerawat. Peningkatan stres dapat menstimulasi kelenjar adrenalin yang bertanggung jawab memproduksi androgen. Pengeluaran hormon ini di dalam tubuh dalam memicu terbentuknya jerawat. Stres juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

Kurang tidur dapat menginduksi inflamasi sistemik. Laporan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tidur yang tidak memadai menyebabkan peningkatan inflamasi sitokin. Peningkatan zat-zat di dalam tubuh meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Seperti diketahui, bahwa jerawat adalah peradangan pori-pori di kulit, jelas bahwa peradangan ini dipicu karena peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh.

Selain itu, kurang tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat. Dengan demikian memaksa tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga menyebabkan produksi sebum (minyak) meningkat dan peradangan yang menyebabkan potensi untuk pembentukan jerawat.

Tidur larut malam juga menyebabkan kerangka kerja mental dan emosional berubah yang dapat menyebabkan depresi. Depresi menciptakan sikap negatif dalam pikiran orang yang menghambat keseluruhan kesejahteraan. Kesehatan secara keseluruhan yang buruk mengurangi kemampuan penyembuhan tubuh. Dengan demikian, mempengaruhi jerawat dengan cara yang negatif.

Meskipun tidur larut malam tidak memberikan kontribusi terhadap pembentukan jerawat secara langsung, namun faktor-faktor yang ditimbulkannya bertanggung jawab untuk pembentukan jerawat. Maka istirahatlah dengan cukup.







5 Akibat Fatal Hipertensi yang Tidak Terkendali

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang tidak boleh diremehkan. Tekanan darah tinggi dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan Anda. Untuk mencegah potensi masalah, Anda perlu memantau dan mengendalikan tekanan darah Anda.

Berikut adalah efek negatif hipertensi yang tidak terkelola :

1. Efek pada Pembuluh Darah

Tekanan tinggi yang berkelanjutan pada pembuluh darah membuat dinding arteri menjadi rusak. Akibatnya, dinding arteri akan memulihkan diri sehingga lebih tebal, lebih keras dan kurang elastis. Kondisi ini disebut aterosklerosis atau pengerasan arteri. Anda dapat mengalami aterosklerosis secara alami oleh proses penuaan, tetapi tekanan darah tinggi dapat mempercepat prosesnya. Arteri yang mengeras dan kaku lebih rentan untuk pecah dan tersumbat, yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ yang seharusnya disuplai darah oleh pembuluh tersebut.

2. Efek pada Jantung

Jika pembuluh darah Anda menyempit dan mengeras, jantung Anda harus memompa lebih keras untuk mengalirkan darah. Jantung adalah sebuah massa otot, dan seperti massa otot lainnya kerja keras itu membuat jantung Anda membesar. Ventrikel kiri dapat menebal atau mengeras (hipertrofi ventrikel kiri). Hal ini tidak baik. Jantung Anda akan melar dan sejumlah darah yang seharusnya terpompa ke tubuh Anda tetap berada di dalam jantung. Akhirnya, jantung Anda mulai melemah karena tidak bisa terus-menerus bekerja keras untuk memompa darah. Ketika jantung tidak bisa lagi memompa darah dengan sempurna ke pembuluh-pembuluh arteri, Anda memiliki apa yang dikenal sebagai gagal jantung atau payah jantung.

Jika arteri jantung (arteri koroner) tersumbat sehingga tidak memungkinkan darah mengalir bebas ke dalam jantung Anda, Anda mengalami apa yang disebut sebagai penyakit jantung koroner.

3. Efek pada Otak

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh-pembuluh darah di otak pecah atau tersumbat. Jaringan otak akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Kondisi ini dikenal sebagai stroke, yang dapat menyebabkan masalah serius dan bahkan kematian. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama stroke dan pendarahan di otak.

Selain stroke, hipertensi juga dapat menyebabkan demensia, penyakit otak yang mengakibatkan masalah berpikir, berbicara, penalaran, visi memori, dan gerakan. Ada beberapa penyebab demensia. Salah satu penyebabnya, demensia vaskular, adalah hasil dari penyempitan dan penyumbatan arteri yang memasok darah ke otak.

4. Efek pada Ginjal

Ginjal adalah organ penting lain yang dapat rusak oleh tekanan darah tinggi. Jika arteri yang memasok darah ke ginjal rusak, jaringan ginjal ‘tidak mendapatkan darah yang dibutuhkan dan secara bertahap akan kehilangan kemampuan untuk berfungsi. Kondisi ini disebut kerusakan ginjal atau gagal ginjal. Kondisi ini sangat berbahaya karena kerusakan ginjal dapat meningkatkan tekanan darah lebih tinggi lagi.

5. Efek pada Mata

Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah mata. Pembuluh-pembuluh darah di daerah mata dapat rusak oleh tekanan yang berkepanjangan. Akibatnya, pandangan mata Anda menjadi kabur atau bahkan hilang sama sekali (buta).






 

Bagaimana Iklan Bisa Mempengaruhi Otak Anda?

Coba perhatikan, berapa banyak Anda tergoda untuk membeli sesuatu setelah melihat iklan. Jika dilihat lebih dalam lagi, terkadang seseorang membeli barang-barang yang sebenarnya sudah ia miliki atau tidak terlalu ia butuhkan.

Ketika ada iklan TV plasma, orang-orang banyak membelinya padahal mereka masih memilki TV di rumah yang masih berfungsi. Begitu juga dengan handphone dan kendaraan bermotor.

Begitulah efek dari iklan. Iklan merayu calon pembeli dalam dua cara :
  1. Ada iklan yang sesuai kenyataan atau disebut juga 'Persuasi logis' contohnya mobil ini dapat menempuh jarak 20 km per liter.
  2. Ada juga iklan yang melemahkan kewaspadaan atau disebut 'Pengaruh non-rasional' contohnya seorang wanita cantik kemudian datang dan mengitari mobil.

Neuromaketing merupakan disiplin ilmu yang mempelajari respons pikiran konsumen terhadap rangsangan pemasaran. Meskipun demikian, dampak iklan pada fungsi otak seperti yang dipelajari dalam neuromarketing masih belum jelas.

Namun saat ini, para peneliti di University of California, Los Angeles dan George Washington University telah menunjukkan bahwa beberapa jenis iklan mampu membangkitkan aktivitas otak pada berbagai tingkat, tergantung penggunaan tipe iklannya persuasi logis atau pengaruh non-rasional.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Neuroscience, Psychology, and Economics ini menemukan bahwa daerah otak yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan pengolahan emosional menjadi lebih aktif ketika individu melihat iklan yang menggunakan teknik persuasi logis daripada melihat iklan yang menggunakan teknik pengaruh non-rasional. Daerah otak ini menghambat individu untuk merespons rangsangan tertentu.

"Aktivitas otak berada pada tingkat rendah ketika melihat iklan yang menggunakan gambar pengaruh non-rasional. Hal itu kurang menghambat perilaku seseorang dalam merespons rangsangan tertentu. Artinya, kemampuan seseorang untuk menahan diri berkurang ketika akan membeli produk yang digambarkan dalam iklan dengan teknik pengaruh non-rasional," tutur Dr. Ian Cook, profesor psikiatri di Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior di UCLA.

Dr. Cook dan rekan-rekannya memperlihatkan gambar-gambar iklan kepada 24 orang dewasa sehat yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 13 orang laki-laki sambil dicatat aktivitas listrik di otaknya dengan menggunakan electroencephalography (EEG). Setiap peserta diperlihatkan 24 iklan yang dimuat di majalah dan surat kabar.

Iklan dengan gambar persuasi logis antara lain; tabel fakta dan angka-angka tentang produk rokok, rincian bagaimana menggunakan sikat gigi yang baik, dan saran memilih makanan anjing berdasarkan tingkat aktivitasnya.

Sedangkan sampel iklan dengan teknik pengaruh non rasional contohnya; gambar cipratan air pada iklan minuman, gambar seorang wanita cantik berdiri memakai celana jeans pada iklan jeans, dan gambar seorang perempuan melompat di atas hidran air yang menyemprotkan air sementara seorang pria menyeringai di belakangnya pada iklan rokok.

Kesimpulannya
Peneliti menemukan bahwa gambar persuasi logis (data atau tabel) secara signifikan berkaitan dengan tingginya aktivitas daerah otak yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan pengolahan emosional, yaitu bagian cingulate orbitofrontal dan anterior, amygdala dan hippocampus. Aktivitas otak bagian ini yang meningkat akan membuat orang tertarik pada iklan tersebut.

Temuan yang dilansir dari Eurekalert, ini memperkuat hipotesis bahwa pilihan pembelian barang dan jasa dapat dibentuk oleh banyak faktor, termasuk penyajian iklan secara logis, informasi persuasif dan penggunaan gambar atau tulisan yang dapat mengubah perilaku tanpa memerlukan kesadaran atas sebuah pesan yang ingin disampaikan

"Hasil menunjukkan bahwa ketika menanggapi rangsangan non rasional, aktifitas di daerah otak menurun sehingga menghambat respon terhadap rangsang. Temuan ini mendukung dugaan bahwa beberapa pengiklan ingin merayu konsumen, bukan membujuk konsumen untuk membeli produknya," tutup Dr. Cook.
 
 
 
 
 
 
 

Rabu, 21 September 2011

10 Fakta Unik Tentang Jantung Manusia

1. Daya Tarik Seksual
Penelitian terhadap 2.500 pria usia 49-54 tahun menunjukkan, pria yang orgasme sedikitnya tiga kali seminggu, risiko kematian akibat penyakit jantung koroner turun menjadi separuhnya. Aktivitas seksual dapat meningkatkan detak jantung hingga dua kali lipat dan membakar sekitar 200 kalori atau setara dengan lari cepat selama 15 menit. 
 
2. Jantung Wanita
Penyakit jantung telah menyebabkan kematian pada 500.000 perempuan Amerika setiap tahun atau 50.000 lebih banyak dari korban pria. Serangan jantung pada perempuan diawali dengan tanda-tanda; sesak napas, terasa ada tekanan di jantung, hidung seperti pilek, rasa sakit pada punggung dan rahang.  

3. Perbaikan Jantung
Jika jantung Anda rusak, di masa depan mungkin bisa diperbaiki. Saat ini sejumlah ahli sedang meneliti seekor kadal merah guna mengembangkan terapi sel untuk manusia yang jantungnya rusak. Sel jantung binatang amfibi ini cepat sekali membantu pemulihan otot jantung, sifatnya mirip sel punca.  

4. Deri Hati ke Hati (Heart to Heart)
Komunikasi dengan hewan dalam studi yang dilakukan seorang ahli menunjukkan bahwa detak jantung binatang yang disentuh manusia merupakan cerminan detak jantung manusia yang menyentuhnya. Ini dapat menggantikan metode lama untuk mengetahui tingkat stres seseorang.  

5. Jantung Membesar
Seseorang dengan ukuran jantung yang besar tidak ada hubungannya dengan besar hati. Ukuran jantung yang besar ternyata menandai penyakit jantung yang tersembunyi. Jantung yang membesar biasa disebut sebagai “Dilated Cardiomyopathy. Ukuran jantung yang besar menyebabkan jantung harus memompa dengan keras agar cukup dialiri darah. Jika tidak dirawat bisa berisiko gagal jantung. 

6. Tertawa Baik Untuk Jantung
Tertawa terbahak-bahak hingga Anda mengeluarkan air mata selain membuat perasaan nyaman juga membuat relaks dinding-dinding saluran darah (endothelium), dan menyebabkan darah lancar mengalir selama 45 menit setelah tawa pecah. Kerusakan pada “endothelium” dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit kardiovaskular.  

7. Minum Jantungmu!
Kulit anggur yang banyak mengandung antioksidan amat bagus bagi kesehatan. Anggur putih dan anggur merah rupanya sama-sama menyebabkan senyawa perlindungan jantung menjadi tertutup. Jadi, berhat-hatilah dengan kesukaan Anda minum anggur.  

8. Perjalanan Darah
Dalam semenit jantung Anda mampu memompa darah ke setiap sel tubuh Anda. Dalam sehari, sekitar 100.000 detak jantung Anda telah memompa 2.000 galon darah segar (mengandung oksigen) beberapa kali hingga menempuh jarak 60.000 mil (sekitar 96.000 kilometer). Sungguh pekerjaan berat bagi otot yang hanya berukuran sekepalan tangan.  

9. Patah Hati ( Brocken Heart) 
Putus cinta dengan kekasih atau menghadapi kematian saudara dekat dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Demikian hasil sejumlah penelitian. Perasaan trauma semacam itu juga memicu munculnya hormon stres ke dalam aliran darah dan membuat jantung sempat terhenti sejenak. “Simpton” (gejala) yang muncul bisa berupa sesak napas, dada terasa sakit. Namun, biasanya gejala ini langsung hilang dalam beberapa hari.  

10. Simbol Cinta atau Kasih Sayang Benda dengan bobot 5 kilogram, berupa kumpulan otot yang penuh darah yang kita sebut jantung menjadi simbol universal untuk cinta. Orang Yunani percaya bahwa jantung adalah tempat tinggalnya semangat (spirit), sementara China mengaitkannya dengan kebahagiaan. Orang Mesir berpikir bahwa perasaan dan kemampuan intelektual muncul dari jantung. Tak ada yang tahu sebenarnya simbol cinta itu berasal dari mana pada mulanya.



Sumber : Kompas.com



Foto Eksekusi Tersangka Anggota PKI 1948 di Magetan





 

 

 

 




Sumber : Mypepito.info





Dibutuhkan Hampir 150.000 Prosesor Untuk Menyamai Otak Kucing

IBM megungkapkan telah membangun otak artifisial (buatan) terbesar sepanjang sejarah. Sebuah program bernama Modha dengan milyaran neuron virtual. Program yang begitu besar dan untuk menjalankannya dibutuhkan salah satu superkomputer tercepat di dunia, Dawn, sebuah Blue Gene / P superkomputer di Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) di California.

Dawn berukuran satu acre yang terletak di lantai dua lab Simulasi Terascale Facility. Dia menggunakan memori sebesar 147.456 gigabyte dan 147.000 prosesor yang ditempatkan pada 10 rak komputer dan dihubungkan oleh ber mil-mil kabel. Dawn memerlukan satu juta watt listrik melalui kabel daya setebal pergelangan tangan, serta menggunakan 6.675 ton pendigin udara.

Dawn telah terinstal pada awal tahun ini oleh Department of Energy's National Nuclear Security Administration (NNSA), yang melakukan simulasi komputer terbesar untuk memastikan kesiapan senjata nuklir. Untuk semua spesifikasinya yang spektakuler, Dawn hanya mampu menjalankan Modha dengan 1,6 miliar neuron virtual hanya pada kecepatan 1/600 kecepatan otak kucing yang sebenarnya.
 
 
 
 
 
 
 

Pemberian Obat Pada Ternak Pemicu Resistensi Antibiotik Pada Manusia


Pemberian obat-obatan pada ternak untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah penyakit diduga menjadi pemicu resistensi antibiotik pada manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak agar praktik tersebut dihentikan.
Resistensi antibiotik pada manusia terjadi karena konsumsi daging yang sudah terkontaminasi obat-obatan atau kontak langsung dengan binatang. Dalam dunia kedokteran, bakteri yang resisten tersebut menjadi masalah baru karena penyakit menjadi sulit disembuhkan. 

Untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri resisten lewat konsumsi produk hewani, WHO menyarankan pembatasan, bahkan pelarangan penggunaan antibiotik untuk merangsang pertumbuhan ternak.

"Saat ini terjadi peningkatan tajam dalam resistensi antibiotik tertama pada generasi ketiga dan keempat dari beberapa jenis bakteri yang menginfeksi manusia," kata Aidira-Kane, ketua kelompok advokasi WHO dalam bidang resistensi antimikroba dalam konferensi mikroba dan kemoterapi di Chicago, AS, pekan lalu.

Badan pengendalian dan pencegahan penyakit AS (CDC) mencatat terjadi kenaikan antara 8-24 persen pada kasus kekebalan antibiotik. "Kasus kekebalan pada Salmonela Heidelberg naik dari 17 persen menjadi 31 persen di tahun 2008. Hampir semua strain yang resisten adalah antibiotik," kata Beth Karp dari CDC.

Ia juga menyatakan kekhawatirannya pada risiko kekepalan antibiotik cephalosporin pada serotipe salmonella lainnya. Notyphoidal Salmonella sendiri menjadi penyebab utama keracunan makanan di AS dan mengenai 1,2 juta orang tiap tahunnya sehingga 23.000 orang masuk rumah sakit dan 450 orang meninggal dunia.



SumberKompas.com